Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam Dengan Cepat

Setidaknya ada tiga langkah cara menghilangkan baret pada mobil hitam dengan mudah yang bisa anda lakukan sendiri dirumah dengan menggunakan kompon putih dan obat kit. Jika menyerahkanya ke bengkel tentu biaya yang dikeluarkan pun tak sedikit, toh jika baretnya tidak terlalu dalam sampai merusak lapaisan cat masih bisa diatasi dengan memakai turtorial dibawah ini.

Baret atau lecet pada mobil disebabkan oleh beberapa faktor ya masbro, mulai dari cakaran kuku, bentura/tabrakan skala ringan atau ada beberapa oknum yang sengaja mencoret-coretnya dengan baku. Tentu bakas barat ini akan mengurangi nilai estetika sebuah kendaraan dan akan sulit hilang jika hanya menggunakan pasta gigi odol. Jadi kita perlu bahan lain yang memang ampuh tanpa meninggalkan efek samping pada cat.

Periksa jenis goresan dulu

Sebelum anda mencoba untuk menghilangkanya baret tersebut, kita perlu mengetahui tingkat kedalaman goresanya. Jika goresan tersebut terlihat hanya terlihat diatas permukan pernis atau clear coat dan meninggalkan bekas, namun tidak terasa saat diraba tangan maka goresn tersebut termasuk tipe ringan atau tidak dalam. 

Sementara untuk baret dalam bisa dilihat jika diraba tangan sangat terasa dan menembus lapisan clear coat. Baret dalam ini disebabkan goresan paku, ranting pohon atau bersengolan dengan benda keras. Tentu untuk penangananya beda dengan menghilangkan baret ringan atau tidak terlalu dalam.

Walau begitu, anda tak perlu khawatir karena goresan dalam yang belum mencapai cat primer mobil masih bisa diperbaiki tanpa perlu repair ulang. Jadi, masih bisa dihilangkan hanya pakai kompon dan bahan pendukung lainya.

Cara menghilangkan baret pada mobil warna hitam dengan cepat

Baret ringan

Jika hanya baret ringan atau tidak terlalu dalam untuk menghilangkanya cukup simpel ya masbro, kita cukup mengoleskan kompon putih diatas permukaan baret tersebut kemudian gosok  secara berulang dengan memberi sedikit tekanan. Untuk kompon anda bisapakai invory rubbing chompound dan sejenisnya.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Jika bekas lecet sudah hilang, step selanjutnya adalah membersihkan bekas kompon tersebut yang terlihat seperti kabut. Jika hanya dicuci dengan air sabun saja akan sulit hilang meski berulang kali, jadi kita perlu kit atau sejenisnya untuk membersihkan sisa kompon, cukup oleskan secara merata dan gososk kembali hingga bersih dan cat kembali kinclong.

Kompon juga bisa kita gunakan untuk mengangkat bekas cat tembok yang menempel pada lapisan cat mobil dengan cara sama persis seperti diatas tadi.

Baret dalam

Sementara cara menghilangkan baret dalam pada mobil hitam adan semua warna lain sedikit rumit ya masbro, kita perlu meratakanya dengan cara diamplas halus ukuran 2000. 

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Pertama kita perlu membersihkan area bekas baret tersebut, bisa dicuci dengan air sabun agar partikel pasir halus yang nempel terangkat. Jika sudah amplas bekas baret tersebut hingga rata dan menghilang, yang perlu diperhatikan saat mengamplas adalah lakukan secara perlahan jika terlalu dalam justru mengenai lapisan cat dasar, jadi diperlukan perhitungan yang matang.


Cat yang sudah diamplas akan berubah doff dan muncul buih putih saat proses pengamplasan. Ohh iya agar mudah diamplas basahi cat dan amplas yang kita gunakan. 

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Jika sudah kita tinggal mempolesnya, sama seperti tadi yakni pakai kompon putih dan oleskan secara merata dan siap dikompon. Lakukan pemolesan hingga bekas amplas hilang dan cat kembali kinclong, jika baret masih terlihat tidak ada salahnya untuk mengaplasnya kembali hingga lecet benar-benar hilang.


Nah demikian adalah rahasia cara menghilangkan baret pada mobil hitam dan warna lainya dengan menggunakan kompon putih. Jika tidak segera dibersihkan noda lecet tentu menganggu tampilan dan mengurangi nilai estetika sebuah kendaraan. Semoga bermanfaat dan jangan takut mencoba, jika ada kebinggungan tidak ada salahnya bertanya pada owner kami langsung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas