Cara Meracik Clear Semi Doff Untuk Cat Mobil dan Motor

Cara meracik clear semi doff untuk cat mobil dan motor - Hallo dulur... Belakangan ini dunia otomotif tengah berkembang pesat khususnya di negara kita ini Indonesia. Ini bisa dilihat dari antusiasnya masyarakat yang berbondong-bondong ingin menyaksikan Internasional Motor Show yang diselengarakan 11 November 2021 kemarin di Tangerang.

Ya.. Agar mampu bersaing di pasaran para produsen motor memang selalu melakukan inovasi dan pembaharun agar menarik daya beli masyarakat. Tehnologi canggih yang saat ini banyak disematkan pada motor adalah fitur smart key, dimana menyalakan mesin tanpaa perlu kunci kontak dan sudah dilengkapi alarm memmbuat pengendara semakin aman dari curanmor yang saat ini marak terjadi.

Sementara untuk cat tentu masih sama yakni terdapat dua pilihan yakni warna mengkilap glossy atau doff matte. Ya.. Saat ini memang warna doff tengah digemari masyarakat karena lebih elegan dan terkesan mewah yang divariasikan dengan balutan emblem yang terlapis chrome.

Karena sudah trenya tak sedikit yang ingin mengubah cat motornya menjadi warna semi doff agar terlihat lebih segar. Namun tahukah kamu cat atau clear semi doff ini tidak ada dipasaran, jadi untuk mengecatnya ada trik tersendiri yang bisa temen-temen coba praktek sendiri tanpa perlu membawanya ke bengkel cat yang biayanya cukup tinggi.

Cara mengecat dan membuat clear semi doff untuk cat mobil dan motor

Sebetulnya cukup gampang ya masbro untuk mengecat warna semi doff, tidak mengkilap dan tidak ngedoff. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak semua turtorialnya dibawah ini :


Pertama, amplas objek yang akan dicat hingga halus dan partikel jamur hilang, untuk amplas gunakan ukuran 400 kemudian bilas dengan nomor 1500 agar bekas amplasan tidak tembus saat dicat nanti. Jika sudah selesai cuci dengan air sabun agar bekas oli dan minyak yang menempel hilang.

Sementara proses epoxy bisa dilakukan jika objek tersebut kondisi catnya sudah rusak atau bekas pilox. Jika maasih cat ori bawaan pabrik cukup diamplas dan langsung bisa naik ke tahap pengecatan.


Selanjutnya bisa naik ke tahap cat dasar, untuk cat dasar warnanya bisa disamakan atau setidaknya mirip dengan cat akhir/inti. Sementara untuk pemakian tinner bisa pakai tipe HG.

Nah bila cat dasar sudah selesai tentu perlu diamplas hingga permukaanya halus. Bisa pakai ukuran 1500.

Selanjutnya kita bisa meracik clear semi doffnya.

Pertama kita perlu membuat adonan atau mixing cat terlebih dahulu, buat sedikit kental dengan perbandingan 2:1 thinner super:cat dan aduk hingga  keduanya menyatu sempurna.

Kemudian kita bisa mixing clear coat tipe glossy menggunakan thinner PU dengan perbandingan 1:1. Dan yang perlu kami tekankan disini adalah jangan lupa mencampurkan hardener saat mencampur clear Coat, karena bisa menyebabkan pernis lama kering bahkan tidak bisa mengeras meski sudah berminggu-minggu.


Nah jika jika cat dan clear coat sudah tercampur thinner kita tinggal mencampurkan kedua bahan tadi yang sudah mixing. Intinya adalah cat dicampur dengan clear glossy, sementara untuk takaranya cukup dikira-kira ya sob. Jika terlalu banyak pernis cat nanti malah terlihat mengkilap, untuk gambaranya jika catnya setengah gelas aqua maka clear coatnya culup seperempat gelas sudah dicampur thinner.


Jadi semakin banyak pernis yang dicampur ke cat maka hasilnya akan semakin glossy, jadi disini kita pakai filing saja jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Dengan takaran yang tepat maka akan mendapatkan hasil cat semi doff yang memuaskan.


Sementara untuk proses pengecatanya dilakukan secara tipis-tipis terlebih dahulu dan jangan sekali jadi atau langsung tebal. Tehnik yang terkesan tergesa-gesa ini justru membuat cat jadi keriting dan cenderung kuran rata.



Beri jeda disetiap lapisnya sekitar 5 menitan baru bisa menimpanya kembali dan begitu seterusnya hingga cat benar-benar merata dan menutupi seluruh objek. Sementara jika ingin membuat cat merah semi doff anda perlu membuat cat dasar warna outih terlebih dahulu.

Proses pemolesan

Sementara untuk proses pemolesan bisa dilakukan setelah cat kering setidaknya 8 sampai 12 jam atau bisa mendiamkanya selama semalaman. Untuk caranya sih sangatlah mudah ya masbro, cukup mengoleskan kompon putih secara merata diatas permukaan cat kemudian gosok dengan lap microfiber hingga cat lebih halus.

Baca juga 

Jika ingin lebih cepat gunakan mesin poles saat proses pemolesan dengan menggunakan foam pad agar hasil pengecatan lebih halus.

Oke temen-temen demikianlah pembahasan kali ini seputar cara meracik atau membuat clear semi doff untuk  cat mobil dan motor. Untuk hasil yang lebih maksimal sebaiknya gunakan pernis tipe PU dan juga thinnernya agar lebih cepat kering dan mengeras. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas