Apakah Aki Kering Mobil Bisa Dicas Ulang ? Yuk Simak Penyelasanya

Apakah aki kering mobil bisa dicas - Hallo dulur... Untuk bisa menyalalakan mesin dibutuhkan arus listrik untuk melakukan proses pembakaran. Tentu peran aki disini sangatlah penting dimana berfungsi untuk menyimpan daya listrik dan akan digunakan saat mesin dinyalakan, repot juga kan bila kondisinya soak.

Mungkin ada temen-temen yang beranggapan jika aki kendaraan layaknya battray pada ponsel yang apa bila dayanya habis, maka perlu dicas ulang agar pulih dan bisa digunakan kembali. 

Ukunya aki kendaraan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama (5 tahunan) tanpa perlu disambungkan ke alat charger, karene sebenarnya proses pengisian atau pengecesan aki kendaraan berlangsung dengan sendirinya saat mesin menyala.

Lalu siapa yang menge-cas aki ?

Ini adalah tugas mesin, pada semua mesin kendaraan dilengkapi dengan sistem yang diberi nama sistem pengisian daya aki. Fungsinya adalah untuk mengubah sebagian energi mesin menjadi energi listrik melalui dinamo alternator, yang kemudian energi listrik tersebut digunakan untuk mengecas aki dan menyimpanya secara otomatis.

Sehingga bisa disimpulakan, saat mesin menyala dan berjalan dengan jarak yang cukup jauh pengecasan aki akan akan terjadi secara otomatis dan akan disimpan untuk digunakan kembali saat menyalakan mesin.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Lantas apakah aki kering mobil bisa dicas ulang ?

Jawabanya tentu bisa tapi buat apa ? Karena pengisian aki sudah berlangsung secara otomatis oleh sistem pengisian pada mesin saat menyala. Kecuali Mesin kendaraan mengalami mogok yang mengakibatkan aki tekot karena dipaksa terus untuk distarter tapi mesin tidak mau hidup atau sistem pengisian kendaraan bermasalah.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Contoh, apabila mesin susah hidup secara spontan kita terus menyalakan starter hingga berkali-kali untuk menyalakan mesin. Semakin lama starter dihidupkan, maka daya listrik di dalam aki akan semakin terkuras. Jika mesin belum juga nyala daya listrik yang tersimpan akan terkuras habis, baru itu perlu dilakukan cas ulang dengan alat charge khusus.

Tapi, mengapa aki memiliki masa pakai ? Bukanya aki kalau selalu dicharge harusnya bisa bertahan selamanya ?

Secara logika, jika aki bisa melakukan cas secara otomatis harusnya aki mampu bertahan selamanya. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan, batrai apapun baiak pada ponsel, laptop atau aki kendaraan semua ada masa pakainya. 

Hal ini dikarenakan elektrolit didalam aki itu memiliki batas pakainya, tentu jika sering digunakan masa elektrolit aki tersebut kekuatanya akan semakin lemah. 

Jika elektrolit sudah lemah, maka aki tidak mampu menyimpan listrik lebih banyak. Sehingga daya listrik yang disimpan aki akan cepat habis atau lebih sering disebut aki soak.

Lalu apakah perlu diganti ?

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Secara umum jika elektrolit aki sudah lemah maka aki perlu diganti. Namum semua tergantung jenis akinya, jika aki kering tipe gel maka harus diganti akinya, tapi jika aki basah baik yang jenis bisa atau tipe MF tidak perlu diganti.

Nah, demikianlah penjelasan apakah aki kering mobil bisa dicas ulang untuk bisa digunakan kembali. Namun semua kembali pada hukum alam bahwa semua barang tentu ada masa pakainya. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjungnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas