Cara AJAIB Membersihkan Knalpot Motor Bagian Dalam

Cara membersihkan knalpot motor bagian dalam - Hallo dulur... Knalpot merupakan salah satu komponen dimana berfungsi sebagai saluran pembuangan gas hasil pembakaran di dalam mesin. Bagi sebagian baiker mungkin menganggap knalpot bukan termasuk komponen yang memerlukan perawatan ekstra, karena jarang sekali mengalami kerusakan, paling-paling kropos dibeberapa titik dalam waktu yang cukup lama.

Namun tahukah kamu, jika komponen knalpot ini rusak maka dapat mengganggu kinerja mesin motor itu sendiri. Mulai dari performanya yang menurun dan suara mesin yang keluar dari knalpot terdengar lebih bising dan cempreng, Tentu ini menggangu kenyamanan dalam berkendara dan orang lain yang mendengarnya.

Rusaknya kenalpot motor bisanya diakibatkan usia kendaraan yang sudah terlalu lama. Atau kotoran sisapembakaran yang lama kelamaan akan menumpuk, menempel sehingga menjadi kerak didalamnya. Jika knalpot sesekali tidak dibersihkan maka akan kehilangan fungsi utamanya sehingga kenyamana  dalam berkendara akan terganggu.

Membersihkan jeroan knalpot memang sedikit rumit, karena lubang pada knalpot diameternya sangatlah kecil membuat tangan atau alat lainya sulit untuk menjangkau bagian dalamnya. Proses pembersihan knalpot motor 2 tak juga berbeda dengan knalpot pada mesin 4 tak.

Cara membersihkan knalpot bagian dalam pada motor 2 tak


Bisa dikatakan proses pembersihan knalpot pada mesin 2 tak cenderung lebih gampang, kamu perlu melepas knalpot terlebih dahulu dalam posisi dingin. Kemudian masukkan solar ke dalam perut knalpot dari salah satu lubang, kemudian tutup keduanya hingga rapat dengan plastik yang diikat kencang agar solar tidak kembali tumpah keluar. 


Kemudian kocok dan goyang-goyangkan beberapa kali agar solar merata mengenai seluruh bagian dalam knalpot. Untuk hasil maksimal, sebaiknya diamkan solar di dalam knalpot hingga beberapa jam agar kerak yang menempel didalam dinding rontok dan luntur. Untuk bersih maksimal kamu perlu melakukanya 2 sampai 3 kali hingga benar-benar bersih.


Cara membersihkan knalpot motor 4 tak


Untuk mesin 4 tak sedikit lebih gampang karena kita tidak perlu melepas knalpot. Kamu cukup memasukan oli baru melalui moncong knalpot, untuk takaranya bisa 3 sampai 4 tutup kemasan oli. Jangan luma untuk menutup lubang pembuangan agar oli tidak keluar.


Jika sudah nyalakan mesin. Hal ini bertujuan agar oli yang berada di dalam silencer menjadi panas sehingga kerak yang menempel pada dinding knalpot bisa terurai. Jangan herann jika knalpot mengeluarkan asap hitam, ini menandakan oli ikut terbakar bersama kerak.

Cara lainya yaitu dengan mengorek mengoreknya obeng atau benda yang berukuran kecil dan panjang, hanya saja cara ini tidak mampu membersihkan secara menyeluruh mengingat bentuk knalpot yang melengkung. Jadi hanya mampu membersihkan bagian header atau mulut knalpot.

Apabila semua kerak dan kotoran lainya sudah tidak lagi menempel, maka saat berkendara tarikan akan terasa lebih enteng dan performa mesin bisa meningkat.

Nah itulah beberapa cara ampuh membersihkan knalpot motor bagian dalam semoga dengan adanya ulasan kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dan terimakasih banyak kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas