TIPS AMAN Menghilangkan Bekas Cat di Body Motor Tanpa Kerok

Cara menghilangkann bekas cat di body motor - Hallo dulur... Seiring berjalanya waktu dan seringnya pemakian tentu warna pada dek motor akan memudar, bahkan ada beberapa yang rusak akibat terbentur atau terserempet dengan benda keras. Rusaknya cat disebabkan karena paparan panas matahari terlalu lama dan pemakian cairan pengkilap.

Ya, jika salah pengaplikasian penggunaan obat pengkilap yang terlalu sering justru merusak sturtur lapisan cat. Seperti yang kita tahu cat ori pada motor tidak terlapisi clear coat layaknya mobil, jadi akan sangat gampang terkikis jika selalu dipolish. Jadi pemakian cairan pengkilap dilakukan hanya seperlunya saja, atau diaplikasikan saat warna cat sudah kusam agar kembali kinclong.

Pemakian obat pengkilap termasuk silicon dan semir ban juga tidak kami sarankan dipakai untuk mengkilpkan body kulit jeruk, tindakan ini justru merusak warna hitam dari kulit jeruk, sehingga akan pudar. Tentu ini akan membuat tampilan motor matic kamu terlihat kurang menarik.

Jika warna cat sudah rusak mau tidak mau kita perlu melakukan proses repair ulang agar tampilan motor terlihat menarik kembali. Proses pengecatan sendiri terdapat dua metode yakni dengan penggunakan cat pilox atau cat kompresor dengan bantuan spray gun sebagai pelontar catnya.

Dari kedua pilihan tadi banyak baiker yang lebih memilih mengecat body sendiri dengan cat pilox karena lebih murah dengan hasil yang tak kalah dengan cat kompresor. Baca juga Deretan Merk Pilox Yang Bagus Buat Body Motor dan Mobil 

Cara menghilangkan bekas cat yang menempel di body motor

Agar menghasilkan pengecatan yang rapi, proses pengecatan perlu dilakukan dengan hati-hati. Jika ada bagian/bidang yang tidak dicat kita bisa menutupinya dengan isolasi kertas dan koran agar percikan cat tidak mengenai bidang lain. Namun anda tak perlu khawatir karena cipratan bekas cat pilox yang mengering masih bisa kita hilangkan tanpa perlu dikerak, berikut penjelasanya.

Kompon


Kompon merupakan bahan yang dipakai untuk proses poles dimana berfungsi untuk mengkilapkan cat yang kusam kembali kinclong dan untuk menghaluskan body mobil/motor yang baru dicat. Kompon sendiri ada dua warna yakni merah dan putih. Tentu keduanya memiliki fungsi dan tingkat abrasif yang berbeda.


Nah, kompon ini bisa kita pakai untuk menghilangkan atau membersihkan percikan bekas cat pilox yang menempel pada body motor. Kamu cukup mengoleskan kompon putih secara merata diatas noda cat, tunggu beberapa saat agar beraksi dan gosok beberapa kali dengan kain kesat. Jika masih keras/sulit oleskan kembali dan ulangi cara ini beberapa kali.

Ketimbang dengan bensin, kompon ini justru sangat aman kita pakai berulang-ulang tanpa khawatir akan merusak struktur cat dan tidak meninggalkan bekas.

Pasta gigi


Bahan lain yang bisa kita pakai adalah pasta gigi yang berwarna putih. Untuk caranya sama seperti diatas, yakni dengan mengoleskan pasta gigi diatas noda cat kemudian gosok sedikit demi sedikit. Jika noda cat terlalu tebal anda perlu sedikit bersabar dan mengulanginya beberapa kali.


Agar lebih cepat tidak disarankan langsung mengeroknya dengan pisau cuttur ya masbro, tindakan ini bisa berakibat fatal yakni membuat goresan pada cat yang cukup dalam.

Thinner

Thinner merupakan zat cair yang berfungsi sebagai pelarut cat. Jadi thiner ini sangat ampuh untuk mengangkat bekas cat yang sudah mengering. Namun pemakainya perlu diperhatikan, tiner hanya diaplikasikan untuk menghilangkan cat yang menempel pada permukaan kabel, besi atau yang menempel pada ban.

Jika dipakai untuk membersihkan bagian body yang terlapis cat justru tiner akan merusak lapisan cat tersebut.

Paint remover


Untuk kalian yang pengen menghilangkan bekas cat semprot yang sudah lama menempel tan terlalu tebal kamu bisa pakai paint remover yang banyak dijual ditoko cat atau bahan bangunan.


Sementara cara menggunakanya pun tidak terlalu sulit, yakni dengan mengoleskanya pada lapisan cat body motor yang ingin dihilangkan. Dengan sendirinya cat yang mengeras dan tebal akan gampang terkelupas.

Paint remover memang cairan yang berfungsi sebagai perontok cat pada semua permukaan objek yang akan direpair kembali. Dengan mengupas cat lama terlebih dahulu tentu hasil pengecatan nanti akan terlihat tipis.

Nah demikianlah pembahasan bagaimana cara menghilangkan bekas cat di body motor tanpa kerok, semoga ulasan kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dan terimakasih banyak kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas