Ciri ciri dan Penyebab Dinamo Starter Mobil Cepat Rusak

Ciri ciri dan penyebab dinamo starter mobil rusak perlu terdeteksi dengan cepat, karena starter merupakan komponen terpenting pada kendaraan dimana berfungsi untuk mengerakan komponen di dalam mesin sehingga mobil bisa bergerak pada kecepatan tertentu baik saat mundur ataupun maju. Bayangkan jika komponen ini tidak bisa bekerja tentu kita akan kerepotan untuk menyalakan mesin.

Cara kerja starter pada dasarnya menggunakan bantuan aliran arus listrik yang bersumber dari aki mobil. Tentunya kita akan merasa kesulitan bila starter mobil tiba-tiba tidak berfungsi atau mengalami kerusakan.

Berbeda dengan motor yang umunya dilengkapi dengan kick starter, yang dapat digunakan sewaktu-waktu apabila starter mati karena aki soak. Tentu jika yang soak adalah starter mobil anda akan kebingungan untuk menyalakan mesin. 

Sebetulnya masih ada solusi untuk menyalakan mesin mobil manual jika starter mati, yaitu dengan mendorong mobil tersebut.

Tentunya mendorong mobil ini tidak bisa dilakukan sendirian, anda perlu bantuan tenaga beberapa orang untuk mendorong hingga mesin bisa nyala, dan hal ini sangatlah merepotkan.

3 penyebab dimano starter mobil cepat rusak

1. Aki mobil bermasalah


Penyebab pertama yang umum terjadi adalah adanya kerusakan pada komponen aki mobil anda. Seperti yang kita tahu aki merupakan komponen terpenting untuk mernyimpan arus listrik dan menyuplainya kembali untuk mengerakkan komponen mesin saat starter dinyalakan.


Masalah pada aki mobil bisa menyebabkan starter pada dinamo mobil tidak bisa bekerja/berfungsi. Hal ini disebabkan karena lemahnya suplai aliran arus listrik dari aki menuju dinamo starter.

Jika kamu sudah tahu bahwa aki mobil sedangan mengalami masalah namum masih memaksa untuk menyalakan mobil, hal ini justru menjadi pemicu kerusakan pada dinamo starter.

Agar tidak mengalami trobel, lakukan pengecekan aki secara berkala dan pastikan air aki dalam kondisi aman dan segeralah lakukan penggantian jika sudah soak. 

2. Dinamo dipaksa berkerja



Dinamo starter cepat rusak juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan salah satunya akibat terlalu memaksakan kerja dinamo padahal mesin tidak bisa menyala. Jika kerja dinamo terus dipaksakan maka akan membuat dianamo starter cepat jebol.

Ketika mau memaksakan kinerja dinamo, maka akan membuat dinamo menjadi lebih cepat panas dan saat kondisi panas inilah berpotensi membakar berbagai komponen yang ada didalam mesin. Sebaiknya beri jeda hingga beberapa menit dan coba untuk menyalakanya kembali.

3. Carbon bursh di dinamo sterter habis


Kerusakan pada dinamo juga bisa diakibatkan habisnya carbon brush yang ada di bagian dalam dinamo. Ada beberapa tanda yang muncul saat carbon brush mulai habis yakni putaran dinamo yang sering kali melemah dan biasanya terdengar suara aneh saat mobil distarter.

Ketika kamu merasa ada sebuah permasalahan pada dinamo starter, tidak ada salahnya untuk memeriksa kondisi carbon brushnya. Jika komponen tersebut sudah tidak memungkinkan lagi, maka sebaiknya kamu menggantinya dengan yang baru.

Ciri ciri dinamo starter mobil rusak

Jika dinamo starter mengalami kerusakan, tentu akan menghambat mobilitas anda. Jika mobil tidak bisa dinyalakan tentu akan memicu munculnya kerusakan diberbagai komponen mobil lainya. Bahkan dampak buruknya bisa membuat mesin mobil mati mendadak di tengah jalan, jika ini terjadi tentu akan sangat merepotkan kamu.

Sebetulnya kerusakan kerusakan pada dinamo starter sangat mudah untuk didetaksi, karena ada beberapa ciri yang menjadi indikasi yang akurat. Pastikan kamu memperhatikan berbagai ciri kerusakan dinamo starter yang akan kami jelaskan dibawah ini.

1. Munculnya suara mendesing dan gemeretak



Muncunya bunyi yang gemertek biasanya diakibatkan adanya kaitan antara gigi pada pinion dengan gigi yang terdapat pada ring gear mesin. Ketika kamu menemukan 2 gear pada dinamo starter itu rusak atau aus, tentu akan menimbulkan suara yang terdengan gemertak.

Pada saat dinamo starter mobil bunyi tek tek terdengar semakin keras, itu menandakan bahwa kerusakan yang terjadi sudah cukup parah. Faktor lain yang sering terjadi adalah munculnya suara yang terdengar sangat mendesing saat mobil distarter atau mulai dihidupkan. Biasanya bunyi yang mendesing akan terjadi saat bearing one yang ada dibagian pinion gear mengalami kerusakan.

Hal tersebut tentu akan berdampak langsung pada poros armature yang seharusnya memberi sebuah putaran untuk pinion gear dan malahan berputar dengan sendirinya atau sering disebut starter loss. Kondisi inilah yang memicu munculnya suara sangat mendesing, namun tidak ada tanda-tanda mesin akan ikut berputar.

2. Mesin sulit dinyalakan dalam kondisi panas


Ciri lain untuk mengetahui dinamo starter mobil yang rusak yaitu musin menjadi sangat sulit sulit dihidupkan dalam kondisi mobil baru saja dipakai atau masih panas. 


Saat mobil dibiarakan parkir dalam waktu yang cukup lama atau mesin dingin, justru mesin akan mudah dinyalakan dan mesin tidak mengeluarkan gejala apapun. Dengan begitu mobil bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Saat kamu mengalami kesusahan menyalakan mobil saat kodisi mesin masih panas, tentu hak tersebut diakibatkan adanya resistensi kumparan yang jumlahnya semakin besar.

Ketika panas mesin mengenai bagian body solenoid, maka nilai tahanan yang berada di dalam kumparan aakan semakin membesar. Hal ini akan berdampak langsung pada arus listrik yang tertahan dan tidak bisa mengalir dengan sempurna ke bagian kumparan. Pada saat arus listrik tertahan dan tersendat, maka otomatis mesin akan menjadi lebih sulit untuk dihidupkan.

3. Mobil tak beraksi saat distarter


Ketika munculnya reaksi dari sebuah dinamo starter, maka hal tersebut bisa jadi pertanda kalau dinamo starternya sudah tidak berfungsi secara normal atau mengalami kerusakan. Kemungkinan besar penyebab kerusakan tersebut adalah putusnya sekring pada bagian dinamo.

Sekering yang putus biasanya akan menadakan bahwa jalus kelistrikan akan mengalami korsleting atau hangus terbakar. Kondisi tersebut biasanya akan memicu munculnya carbon brush dan gulungan tembaga yang biasanya ikut terbakar.

4. Aki sudah habis atau soak


Ciri dinamo starter mobil rusak juga bisa terlihat dari aki atau baterai yang sudah melemah bahkan aki sudah mulai soak. Ketika aki mulai soak maka akan berdampak langsung dengan sistem starter yang mulai melambat dan tidak memacu suatu sistem perapian.

Kondisi semacam ini sangatlah mudah untuk dikenali lantaran ketika kamu menyalakan mobil akan muncul suara starter yang terdengar tidak normal atau putus-putus. Hal ini menandakan bahwa voltasenya tidak cukup atau bahkaan sangat menurun.

Untuk mengetahuinya silahkan anda mengecek komponen aki mobil, karena bisa saja sambungan kabel penghubung kotor atau kendor. Jika memang aki sudah habis/soak, maka anda perlu mengganti dengan yanag baru.

Dinamo starter merupakan komponen vital pada mobil yang perlu diperhatikan, jika mengalami kerusakan atau tidak dapat berfungsi secara normal tentu kita akan kersulitan untuk menyalakan mesin. Kalau motor sih masih ada alternatif lain yakni dengan memakai kick starter.

Nah, demikianlah ulasan lengkap ciri ciri dan penyebab dinamo starter mobil cepat rusak disini aki memanglah memiliki peran penting untuk menyimpan dan mengalirkan kembali arus listrik untuk menyalakan mesin. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas