Cara Mengkilapkan dan Menghilangkan Noda Kuning di Mobil Warna Putih

Cara mengkilapkan dan menghilangkan noda kuning di mobil warna putih - Hallo dulur... Belakangan ini body mobil warna putih tengah menjadi tren dan mendominasi pasar otomotif. Namun seiring berjalanya waktu jika jarang dirawat justru akan menguning, tentu ini mengurangi nilai estetika kendaraan kamu dimana akan kehilangan rasa percaya diri saat mengendarainya.

Cat mobil warna putih emmang bisa dikatakan menjadi warna paling favorit saat ini dibandingkan dengan siver atau hitam metalik. Selain terlihat lebih elegan dan berkelas warna putih memancarkan aura yang bersih dan lebih fresh dalam segala kondisi.

Penyebab cat mobil warna putih cepat menguning

Ya, jika dibandingkan dengan warna lainya, cat putih bisa dikatakan untuk perawatan harus selalu ekstra terutama saat musim hujan seperti sekarang. Banyak faktor yang menyebabkan mobil putih berubah menguning, penyebab utamanya adalah kurangnya menjaga kebersihan.

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil 

Jika dibiarkan selalu kotor akan menjadi penyebab timbulnya jamur yang semakin menumpuk dan menutupi permukaan cat. Cat yang menguning juga disebabkan seringnya terpapar panas matahari, dimana cat ori mobil warna putih solid ini tidak dilapisi clear coat sehingga cat rentan sekali rusak. 

Agar tidak cepat menguning kamu perlu menjaga kebersihan mobil dengan cara mencucinya saat kotor atau setelah kehujanan, serta mencari tempat parkir yang teduh. Tidak kami sarankan untuk membungkus mobil dengan cover ya masbro, jika hanya sebentar sih tidak masalah ya. Namun jika terlalu lama dibungkus justru meninggalkan noda akan sulit dihilangkan.

Cara mengkilapkan dan menghilangakan noda kuning di mobil warna putih

Baca juga Cara Singkat Menghilangkan Bekas Lem Fox Pada Body Mobil

Kamu tidak perlu khawatir karena noda kuning ini sangat mudah dihilangkan tanpa perlu ke bengkel atau mengecatnya kembali. Ya, cukup menggunakan kompon putih, obat wax dan cairan coating agar hasil akhir lebih mantap. Nah, berikut adalah turtorialnya :

Pertama, cuci mobil hingga bersih dengan air sabun kemudian keringkan. Jika ada bekas aspal yang menempel hilangkan terlebih dahulu dengan bensin. Kamu cukup menuangkan bensin dipermukaan aspal kemudian gosok dengan lap sampai bersih.

Selanjutnya oleskan kompon putih secara merata pada permukaan cat yang menguning dan lakukan proses mempoles dengan mesin poles khusus. Untuk mesin bisa pakai ukuran 5 inchi dengan menggunakan foam pad untuk sebagai kain polesnya.

Sebetulnya proses poles ini bisa dilakukan secara manual dengan cara mengosoknya berulang dengan tangan. Hanya saja ukuran mobil yang cukup besar tentu hasil yang di dapat tak sebersih dan sebagus dengan bantuan mesin.

Sementara proses pemolesan bisa dilakukan sebanyak dua kali ya mabsro hingga noda kuning benar-benar menghilang. Untuk satu panel, misal pada bagian pintu setidaknya butuh waktu 20 menit waktu pemolesan, mungkin bisa lebih lama jika noda terlalu tebal.

Jika noda kuning sudah hilang dan cat mobil kembali putih bersih, selanjutnya adalah proses wax dimana bertujuan untuk mengangkat dan membersihkan sisa kompon yang terlihat seperti kabut diatas lapisan cat.

Oleskan obat wax seperti kit kuning, turtell wax dan sejenisnya ke permukaan cat kemudian gosok dengan geraskan melingkar hingga cat terlihat lebih mengkilap dan bekas kompon terangkat. 


Proses terkahir adalah mencucinya agar percikan kompon yang menempel ke sela-sela mobil hilang. Pasalnya jika percikan kompon dibairkan terlalu lama menempel dan mengering justru akan sulit dihilangkan. Jadi setelah proses memoles selesai segeralah untuk meencucinya.

Untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih maksimal dan efek kilap bertahan lebih lama, setelah dicuci kamu bisa melapisinya dengan cairan caoting sehingga pelindung cat sehingga hasil polesan tidak cepat menguning.

Perlukah cat putih diamplas sebelum di poles ?

Baca juga Update Biaya Cat Ulang Mobil Full Body Bengkel Auto 2000 VS Biasa

Seperti yang sudah kami jelaskan tadi, cat ori mobil warna putih solid tidak terlapisi pernis atau clear coat, sehingga jika diamplas terlebih dahulu justru bekas amplasan yang terlalu dalam akan sulid hilang meski dikompon berkali-kali. 

Proses pengamplasan bisa dilakukan jika mobil tersebut pernah dicat ulang. Untuk amplasnya sendiri pakai yang halus nomor 2000, kalau bisa sih pakai amplas bekas saja ya masbro, agar tidak terlalu tajam sehingga bekas amplasan mudah hilang saat dipoles.

Cara merawat polesan agar tetap mengkilap dan tahan lama

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Agar mobil warna putih tidak menuning kembali perawatan ringan bisa kita lakukan agar cat tidak kembali menguning. Perawatan bisa dilakukan seperti mencucinya saat kotor atau sehabis kehujanan dan membersihkanya jika banyak partikel debu yang menempel.

Air hujan mengandung zat-zat yang dapat merusak struktur lapisan cat mobil, sehingga setelah kehujanan sebisa mungkin langsung membilasnya dan mengkeringkanya agar noda kuning tidak muncul kembali pada cat mobil kesayanganmu.

Proses wax juga perlu dilakukan setidaknya 2 minggu sekali untuk menjaga efek glossy pada cat serta memberi efek daun talah sehingga saat terkena air hujan akan langsung jatuh kebawah tanpa meninggalkan bekas yang menjadi penyebab timbulnya partikel jamur.

Cara mengkilapkan dan menghilangkan noda kuning di mobil juga bisa diapliksikan pada cat body motor yang kusam. Namun karena dek motor objeknya terlalu kecil dan banyak lekukan sebaiknya proses poles dilakukan dengan hati-hati terutama saat memakai mesin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas