3 Cara Memperbaiki Velg Mobil Yang Tergores

Cara memperbaiki velg mobil yang tergores - Hallo dulur... Ketika mobil kesayangan kamu sering digunakan, maka akan semakin banyak pula perawatan yang mesti dilakukan agar tampilanya senantia kinclong, terutama saat musim hujan ini yang perlu menjaga kebersihanya. Selain menyebabkan jamur dan noda kuning, jika tidak segera dibilas air hujan akan mempercepat proses pengkroposan.

Mobil yang digunakan beraktifitas sehari-hari sangat rentan mengalami goresan baik skala ringan atau dalam/parah. Tidak hanya pada body, velg pun bisa mengalami lecet jika saat berkemudi kurang hati-hati. Banyak hal yang menyebabkan velg jadi lecet, mulai dari percikatan batu kerikil, ranting pohon atau tersenggol trotoal jalan.

Tentu kondisi semacam ini tampilan mobilmu kurang menarik lagi jika. Lalu bagaimana cara menghilangkan baret pada veg mobil ? Simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Cara memperbaiki vleg mobil yang tergores

Setidaknya ada 4 cara yang bisa kamu pakai untuk menghilangkan lecet pada velg mobil. Dengan bahan yang mudah ditemui sehingga bisa anda coba sendiri dirumah. 

1. Gunakan kompon putih

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Kompon memang diciptakan sebagai bahan untuk perawatan kendaraan mobil dan motor. Umunya dipakai untuk proses poles dimana berfungsi mengangkat partikel jamur sehingga cat kembali mengkilap. Selebihnya bisa dipakai buat menghilangkan baret tipis atau mengkilapkan lapisan chrome yang mengkuning.

Selain buat body, ternyata kompon juga bisa kita pakai untuk menghilangkan baret atau bekas cat yang menempel pada velg. Caranya pun tidak begitu sulit, cukup oleskan kompon secara merata pada bekas lecet kemudin gosok beberapa kali hingga bekas baret hilang. Jika masih sulit ulangi beberapa kali agar berhasil.

2. Gunakan autosol atau batu ijo

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Selain dengan kompon, autosol metal polish juga bisa kamu pakai untuk menghilangkan noda baret pada velg. Bahkan penggunaan autosol juga bisa membuat velg mobil kamu kinclong terutama yang berbahan stanlis. 

Selain mengkilapkan ternyata autosol juga bisa kita pakai buat menghilangkan baret pada velg akibat benturan. Bersihkan terlebih dahulu velg yang baret dan keringkan dengan kain katun. Oleskan autosol dengan merata kemudian poles hingga bekas baret hilang dengan lap yang halus.

3. Menggunakan oli

Selain dengan kedua bahan tadi, menghapus noda pada velg juga bisa dengan oli mesin. Karena sifat oli sendiri yang bisa melekat kuat, sehingga bisa mengangkat kotoran dan menghilangkan lecet pada velg. Bagaimana cara menggunakanya ?

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

ukup mudah, tuangkan oli ke dalam wadah kecil yang sudah di siapkan. Kemudian oleskan ke bagian velg yang baret, bisa dengan kuas atau semacamnya. Tunggu 10 sampai 20 menit agar oli bekerja sempurna, setelah itu bersihkan velg dengan lap yang bersih dan kering.

4. Menggunakan amplas

Jika dengan ketiga bahan tadi baret masih susah hilang, berarti noda lecet cukup dalam. Jadi untuk menghilangkan atau menyamarkanya kamu perlu meratakanya dengan cara diamplas dengan ukuran 2000 dengan hati-hati.

Agar tidak terlalu banyak mengkikis cat sebaiknya gunakan amplas bekas yang tidak terlalu tajam. Agar mudah saat diamplas bahsai amplas dan velg, kemdiam aplas hingga bekas baret hilang.

Jika kita bisa mengpolesnya agar kembali mengkilap, oleskan kompon pada permukaaan velg yang telah diamplas kemudian gosok dengan lap yang halus hingga kembali mengkilap, bekas amplasan dan bekas baret hilang.

5. Proses pengecatan

Jika baretnya sangat dalam maka langkah terkahir untuk menghilangkanya adalah mengecat ulang kembali. Dengan proses pendempulan maka vleg yang baret dalam bisa mulus kembali, namun kamu perlu siapkan budget lebih. Pasalnya untuk repair satu velg bisa kena 150rb, agar lebih murah bisa mendempulnya sendiri dan mengecatnya pakai pilox.

Nah, demikianlah bagaimana cara memperbaiki velg mobil yang tergores dengan menggunakan kompon dan autosol. Agar lebih aman, sebaiknya hati-hati saat parkir berdekatan dengan trotoal. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas