6 Cara MUDAH Membersihkan Jamur di jok mobil

Cara membersihkan jok mobil yang berjamur dengan vanish - Hallo dulur... Perbuahan cuaca dari yang panas menjadi hujan seperti sekarang ini tentu bisa menimbulkan udara lembab didalam ruang kabin mobil yang bisa menjadi penyebab munculnya jamur di jok baik yang berbahan kulit sintetis maupun bluduru. Kondisi seperti ini tentu membuat rasa nyaman berkendara akan terganggu. 



Tanpa perlapisi cover kulit, jok yang berbahan kain bawaan pabrik sangatlah rentang terkena noda/kotoran, entah itu tumpahan makan, minuman atau bekas pijakan sepatu anak-anak yang suka berpindah tempat duduk saat perjalanan. 

Ditambah dengan cuaca yang selalu lembab akibat sering hujan plus mobil jarang digunakan, semakin tinggi kesempatan jamur untuk semakin berkembang dan menyebar dan menimbulkan aroma tak sedap di interior mobil kamu. Namun kamu tak perlu khawatir, tumpukan noda jamur dan noda lainya seperti bekas tumpahan air minum bisa dibersihkan sendiri dirumah tanpa perlu kesalon, bahkan dengan bahan yang mudah di dapat.

Cara menghilangkan jamur di jok mobil dengan mudah

Seperti yang kita ketahui tadi cover/kulit jok mobil terbuat dari macam-macam bahan, mulai dari kain bludru yang seperti bulu halus, nilon, tenun atau kulit sintetis yang banyak dijumpai pada mobil saat ini. Nah berikut adalah pembahasanya satu bersatu.

Membersihkan jok mobil berbahan kulit sintetis


Jok mobil berbahan sintetis ini amat umum dijumpai, jenis bahan ini kerap dijumpai yang banyak dipakai pada tipe mobil Toyota tak terkecuai Honda, Suzuki dan lainya. Corak dan warna yang beragam dengan tekstur yang nyaman saat di duduki membuat semua kalangan masyarakat menyukainya.

Jika kendaraan kamu pakai jenis kulit sintetis, anda tak perlu cemas karena jamur dan bekas noda laninya yang mengering akan mudah sekali dihilangkan. Caranya pun terbilang cukup mudah. basahi kain halus dengan air hangat, kemudian bekas jamur yang sulit dihilangkan bisa digosok dengan shampo bayi, jika masih membandel gunakan vanish untuk melunturkanya.

Jok mobil bahan bludru

Cara membersihkan jok mobil yang berjamur bahan bludru adalah dengan menggunakan cairan pembersih yang disemprotkan. Untuk mengangkat jamurnya kamu bisa pakai sikat berbulu halus dan mengosoknya secara searah dan berulang. Jika jamur terlalu parah gunakan sabun vanish untuk menucinya.


Hindari mengosok dengan dua arah karena bisa merusak bahan bludur tersebut. Setelah bersih, kemudian keringkan dengan lap yang kering dan jemur ditempat yang panas. Untuk mempermudah pengerjaan dengan hasil maksimal lepas jok dari mobil.

Jok mobil bahan kulit

Jok berbahan kulit memang membuat kesan interior kamu terlihat lebih mewah dan berkelas. Akan tetapi bahan premium ini membutuhkan perawatan khusus, terlebih bila ditumbuhi jamur. Untuk menghilangkanya kamu butuh cairan khusus yang perlu disesuiakan dengan jenis kulitnya agar mampu mengangkat noda jamur tanpa merusak kulitnya. 

Ada baiknya setelah dibersihkan, kamu bisa memberi lapisan leather coating atau leather protection untuk menghindari jamur tumbuh kembali.

Jok mobil bahan tenun


Jok mobil berbahan tenun memang jarang dipakai pabrikan mobil, pengemudi biasanya menggunakanya sebagai modifikasi agar tampilanya terlihat beda dan lebih keren. Dari kualitas bahan tenun mirip dengan nilon begitupun juga dengan proses pembersihanya. 

Jika jok mobil bahan tenun kamu berjamur, anda bisa menggunakan cairan pembersih yang disemprotkan kepermukaanya. Kemudian gosok secara perlahan dengan sikat bulu halus sembari dibilas tiap menggosoknya. Bila tak kunjunghilang coba gosok menggunakan kain yang direndam air hangat.

Jok mobil bahan nilon

Dengan hargaa yang lumayan terjangkau denga kualitas bagus, namun jok nilon sayangnya memiliki kekurangan yakni gampang kotor. Hal ini disebakan oleh pori-pori atau lubang pada bahan ini terlalu besar sehingga kotoran mudah sekali masuk. Apa lagi tumpahan benda cair kana mudah sekali meresap dibandingkan kulit jok bahan lainya. Alhasil jamur akan mudah tumbuh dan berkembang apabila jok nilon tidak rutin dirawat. lantas bagaimana cara membersihkan jok yang berjamur ini ? Mudah saja yakni dengan menggunakan cairan pembersih khusus yang banyak dijual di online shop.

Jok mobil bahan vinyl

Dibangkan dengan yang lain membersihkan jok mobil bahan vinyl amatlah mudah, anda bisa menggunkan cairan pembersih khusus jamur yang bisa dipakai untuk kendaraan. Alternatif lainya adalah dengan memakai campuran baking soda dan air sebagai pembersihnya. Cukup semprotkan cairan pembersih ke jok yang kotor, kemudian lap dengan kain halus. Jika terlalu tebal noda jamurnya gunakan sikat bulu halus untuk membantu mengangkatnya dan angin-anginkan setelah kering.

Cara membuat cairan pembersih jok mobil

Selain membeli produk komersil buatan pabrik, ternyata cairan pembersih jamur di jok mobil bisa kita buat sendiri dengan bahan yang mudah ditemui disekitar kita.


Ya.. Kamu bisa menggunakan sabun pencuci pakaian seperti vanish dan sabun cuci piring. Kemudian campurkan kedua bahan tersebtu dan beri sedikit air agar mudah tercampur.  Jika sudah kamu bisa menyemprotkanya ke noda yang menempel pada kulit jok dan gosok secara perlahan dengan kain atau sikat yang berbulu halus, kemudian keringkan dengan cara menempatkan mobil dibawah terik matahari dan buka ke empat pintunya.

Agar jamur tidak muncul kembali, jagalah kebersihan jok mobil kamu dan segera bersihkan jika ada noda atau bekas tumpahan makan/minuman, jika dibairkan terlalu lama maka akan mereap dan menimbulkan jamur yang sulit dihilangkan kembali.

Nah temen-temen demikianlah ulasan cara mudah membersihkan dan menghilangkan noda jamur di jok mobil dengan cairan pembersih buatan sendiri. Kondisi interior yang bersih tentu menambah rasa nyaman saat berada diruang kabin. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas