Perawatan Mobil Setelah Dicat Ulang, Biar Awet Mengkilap

Perawatan mobil setelah dicat ulang agar awet mengkilap – Hallo dulur… Siapa jsaja tentu menginginkan warna cat kendaraanya selalu terlihat kinclong, namun merawat cat mobil bukanlah perkara gampang terutama jika sering dipakai buat perpergian yang rentan sekali terpapar sinar matahari atau mengalami baret.

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil 

Beberapa trentmen untuk menjaga warna cat mobil tetap mengkilap adalah rajin menjaga kebersihanya yakni dengan mencucinya saat kotor, terutama disaat musim hujan seperti ini. Seperti yang kita tahu air hujan mengandung zat asam tinggi dimana jika terlalu lama dibiarkan menempel akan menimbulkan jamur dan noda kuning pada mobil putih.

Seiring berjalanya waktu tentu cat mobil perlu diremajakan terutama yang mengalami insiden kecelakan baik sekedar baret atau penyok parah. Proses pengecatan mobil bisa dilakukan dengan dua metode yakni dengan teknologi cat oven atau biasa. Keduanya memiliki plus minus yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu.

Perawatan body mobil setelah dicat ulang agar awet dan tetap mengkilap

Jika sudah pernah dicat ulang baik dengan oven atau biasa tentu hasil/kualitas yang di dapat tak sebagus dengan cat ori bawaan pabrik yang mampu bertahan 10 tahun lebih. Sehingga cat ulang perlu dirawat agar efek glossy mampu bertahan dalam waktu yang lama.

Memang sih setelah dicat ulang cat masih terlihat mengkilap namun selang beberapa bulan kemudian terlihat kusam. Ini bisa terjadi karena pemakian bahan yang kurang berkualitas, terutama pada clear coatnya, jika pakai yang murahan tentu akan cepat kusam jika dibiarkan tanpa perawatan.

Nah agar cat ulang senantiasa mengkilap proses pemolesan perlu dilakukan secara berkala setidaknya 5 sampai 6 bulan sekali atau setidaknya jika warnanya sudah kusam.

Ada tak perlu khawatir karena proses mempoles ini sebetulnya bisa dilakukan sendiri dirumah, jika sudah masuk ke bengkel tentu biayanya bisa 400 sampai 500 ribu buat jasa poles.

Nah berikut adalah cara mempoles mobil yang sudah pernah dicat ulang agar mengkilap kembali :

Baca juga 10 Jenis-jenis Kit Untuk Mengkilapkan Mobil dan Kegunaanya

Pertama cuci mobil hingga bersih untuk membersihkan butiran debu yang menempel pada permukaan cat, tentu ini bertujuan agar tidak menimbulkan barat saat dikompon nanti.

Selanjutnya kamu bisa mengoleskan kompon secara merata dipermukaan cat kemudian poles selama beberapa menit dengan mesin, hingga cat menjadi mengkilap. Jika belum terbiasa mungkin sedikit kaku saat memegang mesin poles, pasalnya jika tidak hati-hati justru cat malah botak terkikis kain poles.

Untuk mendapat hasil maksimal proses poles ini perlu dilakukan dua kali, pada polesan terakhir sebagai finishing untuk menghasilkan polesan yang matang.

Nah jika proses poles selesai, segera bersihkan terutama pada sela-sala dimana percikan sisi kompon banyak yang menempel, gunakan sikat untuk memudahkan pekerjaan. Jika dibiarkan bekas kompon akan mengeras dan sulit dihilangkan.

Baca juga Perbedaan Kompon Putih dan Kompon Merah Yang Harus diketahui

Setelah bersih, kamu bisa melakukan tahap wax dimana bertujuan untuk menghilangkan bekas kompon yang terlihat seperti kabut diatas permukaan cat sekaligus mengkilapkanya.

Cara merawat cat mobil agar selalu mengkilap

Setelah proses poles selesai, untuk menjaganya selalu mengkilap perawatan juga perlu dilakukan. Pasalnya jika setelah dipoles dibiarkan begitu saja cat akan cepat kusam dan tidak bertahan lama.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Agar awet mengkilap lakukan perawatan rutin dengan melakukan proses wax setidaknya seminggu sekali atau setelah mobil dicuci. Tentu proses wax pengerjaanya lebih ringan dibandingan proses pengomponan yang butuh waktu berjam-jam lamanya.

Selain mengkilapkan dengan memberi lapisan wax, cat akan mudah dibersihkan saat banyak partikel debu yang menempel serta memberi efek daun talas, dimana saat terkena percikan air hujan akan langsung jatuh kebawah tanpa meninggalkan bekas. Jadi cat mobil kamu akan terhindar dari noda bercak air dan jamur.

Ya, dengan memberi perawatan yang benara tentu cat ulang akan selalu mengkilap. Bahkan jika pengecatanya dilakukan oleh tenaga ahli tentu hasil pengecatanya tak jauh beda dengan cat ori, bahkan akan sulit dibedakan. Jadi jika ingin mengecat mobil sebaiknya pilihlah bengkel yang sudah punya jam terbang tinggi, sehingga hasilnya akan bertahan lama.

Nah, temen-temen diatas merupakan langkah atau perawatan body mobil setelah dicat ulang agar selalu mengkilap. Proses wax ini tentu sangat aman dilakukan berulang ya, karena tidak bersifat abrasif. Sementara proses poles/mengkompon bisa kamulakukan setidaknya empat sampai enam bulan. Sekian dan terimakasih kunjunganya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas