Penyebab dan Tanda Bearing Roda Depan Mobil Rusak

Penyebab dan tanda bearing roda depan mobil rusak - Hallo dulur... Ketika muncul suara berisik yang berasal dari bagian kaki-kaki tentu akan mengusik kenyamanan dalam berkendara. Ya... Seiring berjalanya waktu beberapa komponen mobil mulai aus sehingga perlu pergantian agar aman dan nyaman saat digunakan.

Banyak faktor yang jadi penyebab munculnya suara kletek-kletek dari roda depan ini, mulai dari kerusakan pada suspenso shock breaker, bell joint/cv joint aus atau bearing roda mobil bermasalah. Jika dibiarkan kerusakan ini akan semakin parah dan berdampak fatal dimana bisa jebol sehingga laju mobil akan oleng.

kerusakan pada bearing roda ini memang terkadang tidak kita sadari, Maklum saja, indikasiknya sulit dibedakan dengan kerusakan lain seperti suara berisik dari ban, inilah yang membuatnya kerap kali terlupakan.

Bearing roda mobil merupakan bantalan yang menjadi dudukan poros as roda. Keberadaanya berguna untuk mendukung putaran poros roda, jadi kondisinya harus selalu normal agar manuver dan pengendalian kendaraan selalu maksimal.

Jika bearing roda sudah mulai rusak maka akan muncul suara kasar dari kaki-kaki roda. Suara berisik tersebut akan terdengar semakin keras saat melewati jalan yang rusak/tidak rata.  Bahkan suarannya bisa muncul meski hanya berjalan pelan, bayangkan jika kendaraanmu dipacu dalam kecepatan tinggi pasti akan terdengar sangat nyaring.

Suara tersebut bisa muncul karena putaran poros roda yang sudah tidak presisi ditengah lagi, sehingga kondisi tersebut akan berbahaya. Jika kerusakanya parah mobil akan sulit dikendalikan.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Oleh karena itu pengendara harus peka mengetahui ciri-ciri kerusakan bearing roda mobil. Jika tiba-toba munyul suara kletek-kletek dari bagian kaki-kaki ada baiknya untuk langsung melakukan pengecekan.

Penyebab dan tanda bearing roda depan mobil rusak

Cara mengecek

Cobalah untuk mengendarai mobil dijalan yang berbeda. Jika suara berisik terdengar sangat konstan, berarti ada masalah pada bearing roda mobil kamu. Namun jika suara yang muncul terdengar berubah-ubah bisa jadi ball joint dan cv joint yang bermasalah.

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil 

Dengarkan pula suara saat mobil sedang berbelok, jika bearing oda memang rusak maka akan muncuk suara berisik saat setir diputar. Misalnya saat berbelok kanan bakal ada suara menggangu dari roda kiri depan. Itu menandakan baring roda memang rusak. Suara yang muncul merupakan akibat bebab yang ditahan lebih besar saat mobil berbelok ke kanan.

Anda dapat juga menaikan tekanan ban. Jika suaranya berubah, maka bearing roda dalam kondisi baik. Namun jika tetap saja muncul suara, sudah dipastikaan memang bearing roda bermasalah. 

Jika memang bearing roda sudah rusak, sangat disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru. Ini sangat penting sebagai antisipasi, dari pada mobil sulit bermanuver dan sulit dikendalikaan. Tentu ini sangat berbahaya bagi kamu dan pengendara lainyaa.

Antisipasi kerusakan

Sama halnya dengan komponen lain, bearing roda ada masa pakanya. Namun agar lebih awet, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Pertama hindari jalan yang rusak dan berlubang. Jangan lupa memacu mobil dalam kecepatan tinggi saat mobil lewat permukaan jalan yang tidak rata. Jika nekat melewatinya bearing roda akan menerima beban kejut yang lebih tinggi. Bila ini terus terjadi maka kerusakan bisa terjadi lebih cepat dan muncul suaraa berisik dari kaki-kaki.

Hindari pula melewati genangan air yang lebih tinggi, karena bearing roda akan ikut tengelam. Jika ini terjadi maka potensi munculnya karat akan tsangat besar yang bisa merusak bearing roda. Oleh karena itu , jangan biarkan mobil melintas digenangan air yang bisa merendam mobil hingga setinggi poros roda tengah.

Jika terpaksa melintas digenangan air yang cukup dalam maka segeralah untuk mencucinya agar karat tidak muncul.

Pastikan juga membawa beban sesuai kapasitas kendaraan. Jangan sampai melebihi beban karena pada akhirnya akan memicu kerusakan yang lebih cepat pada bearing roda. 

Lakukan semua itu, niscaya bearing roda dan komponen pendukung lainya akan lebih awet dan berkendara pun akan terasa nyaman dan aman.

Nah, demikianlah penjelasan dari penyebab dan tanda bearing roda depan mobil rusak yang bisa kamu deteksi sejak dini untuk menghindari kerusaakan yang lebih parah. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas