Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Pertamax Turbo Untuk Mobil dan Motor

Hallo dulur… Motor merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak dipakai buat aktifitas sehari-hari. Jika dibandingkana mobil motor lebih diunggulkan karena mampu masuk ke gang-gang sempit dan bisa diandalkan saat jalan macet. Agar lebih awet perawatan juga penting dilakukan baik pada komponen mesin seperti oli yang selalu dijaga ketersedian beserta park pendukungnya.

Agar dapat berjalan semua mobil atau motor tentu memerlukan bahan bakar mesin untuk proses pembakaran baik mesin diesel maupun bensin. DI Indonesia sendiri banyak pilihan BBM yang bisa kamu gunakan, beberapa diantaranya adalah premium (sudah dihapuskan), pertalite, pertamax, pertamax turbo, dexlite, pertamina dex dan solar buat mesin diesel. 

Dari beberapa bahan bakar bensin yang kami sebutkan tadi, jenis pertamax turbo merupakan pilihan terbaik buat bahan bakar kendaraan kamu dengan beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan pertamax atau pertalite yang harganya jauh lebih murah. 

Ya.. Salah satu kelebihan menggunakan bahan bakar pertamax turbo adalah mampu membuat performa mesin power full, tak heran jika banyak digunakan buat kebutuhan arena balap.  Jika dibandingan jenis lainya pertamax turbo memang punya nilai oktan yang sangat tinggi sehingga saat digunakan akan mendatangkan manfaat baik pada mesin. Lantas apa sajakah kelebihan lainya, berikut penjelasanya.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan pertamax turbo untuk mesin mobil dan motor

Harga pertamax turbo

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Sebelum membahas beberapa kelebihan menggunakan bahan bakar pertamax turbo mari kita membahas harganya perliter yang ada di selurh SPBU tanah air. Sebelumnya harga pertamax turbo masih di angkka 13.500 perliternya namun saat ini naik menjadi 14.500 perliter, hampir dua kali lipat dari harga pertalite.

Pertamax turbo memang jenis bahan bakar yang Non Subsidi sehingga harga jualnya menyesuaikan harga minyak Dunia, tak heran jika harganya sering berubah-ubah. Jadi jangan heran kalua lebih mahal dari jenis lainya.

Baca juga 

Kelebihan menggunakan pertamax turbo

Jenis bahan bakar pertamax turbo pertamaa kali diperkenalkan pertamina pada Agustus 2016 silam. BBM tersebut langsung diburu pecinta otomotif yang mencari jenis bensin yang terbaik buat mesinya. Namun penggunaan pertamax turbo lebih dikhususkan pada kendaraan yang sudah berteknolgi injeksi. Alhasil jika dipakai buat mesin yang masih karburator manfaat yang didapat kurang begitu maksimal.

Dibalik itu, ternyata menggunakan bahan bakar pertamax turbo menyimpan beberapa kelebihan yang masbro perlu ketahui, berikut penjelasanya.

1. Pertamax turbo merupakan penyempurnahan dari pertamax plus, jenis BBM tersebut sudah dilengkapi IBF Ignition Boost Formula, dimana berguna meningkatkan driveability kendaraan atau kelincahan kendataan dalam bermanufer, menjadikanya lebih enteng.

2. Keunggulan lain yang dimiliki pertamax lainya mampu meningkatkan performa mesin, sehingga torsi dan tenaga yang dihasilkanpun bisa lebih maksimal.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

3. Dengan kadar oktan yang tinggi menjadikan pertamax turbo mampu menyempurnakan system pembakaran bahan bakar yang menjadikanya lebih efisian penggunaan bahan bakar sehingga mobil dan motor kamu lebih irit, tarikan lebih enteng sehingga mendatangkan rasa nyamaan tersediri saat dikendarai dengan performa yang gass pooll.

4. Mengingat tenaga dan torsi yang dikeluarkan semakin besar, maka kendaraan yang memakai pertamax turbo akan mendapatkan kecepatan terbaik bila dibandingkan jenis bahan bakar lain.

5. Kelebihan lainya adalah pertamax turbo memiliki kasar sulfur yang lebih rendah serta telah memenuhi standar Euro 4, sehingga lebih ramah lingkungan sehingga emisi gas buang lebih rendah.

Kekurangan menggunakan pertamax turbo buat mobil dan motor

Peratamx turbo merupakan jenis bahan bakar yang dikembangkan pertamina sehingga dapat dipakai buat mobil berteknologi tinggi sekelas Lamborghini.  Artinya kualitas pertamax turbo tak kalah dengan Shell V-Power atau jenis bahan bakar kelas premium lainya yang harnya lebih mahal. 

Lantas dibalik kelebihanya, apakah pertamax turbo masih ada kekuranganya ? Beikut ulasanya.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

1. Kekurngan pertamax turbo yang pertamaa adalah harga jualnya yang cukup mahal, sehingga sulit dijangkau ekonomi menengah kebawah yang notabenya memiliki kendaraan ber CC kecil.

2. Tak semua jenis kendaraan motor dianjurkan menggunakan pertamax turbo. Bahan bakar ini lebih cocok buat kendaraan yang memiliki kompresi mesin 11-13:1 serta mobil yang telah dilengkapi Turbocharger dan Supercharged.

Jadi jika spesifikasi aatau kompresi mesinya dibawah itu, akan lebih baik menggunakaan bahan bakar lainya yang harganya lebih murah.

3. Ketersedian Pertamax Turo masih belum merata, sehingga masih banyak SPBU yang belum menyediakanya.

Performa atau kompresi mesin memang sangat berpengaruh dengan bahan bakar yang kita gunakan. Apabila memakai Pertamax Turbo pada moor dengan komporesi mesin 10:1 maka akan ada energy yang tidak terbakar dengan sempurna. Alhasil pemakaian bahan bakar justru lebih boros.

Selain itu resiko menggunakan Pertamax Turbo pada kendaraan dengan kompresi 10:1 adalah bisa menimbulkan ngelitik yang disebabkan mesim mengalami pembakaran yang lebih dibutuhkan dari kebutun mesin.

Nah, demikianlah sekilas penjelasan dari kelebihan dan kekurangan menggunakan pertamax turbo untuk mesin mobil dan motor. Penggunaan bahan bakar dengan nilai oktan yang sangat tinggi sehingga proses pembakaran lebih sempurna yang membuat mesin selalu bersih dan selalu dalam performanya. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas