Tips Cara Membuat Shockbreaker Mobil Menjadi Lebih Empuk

Cara membuat shockbreaker mobil lebih empuk merupakan salah satu langkah agar rasa nyaman berkendara bisa kita rasakan. Seperti yang kita tahu fungsi shock adalah sebagai peredam getaran saat mobil melewati jalan yang rusak dan berlubang, sehingga jika kondisi suspense normal benturan dari ban tidak begitu terasa dari ruang kabin.

Suspensi atau shockbreaker merupakan salah satu bagian dari komponen mobil yang berfungsi sebagai meredam atau penyerap getaran saat kendaraan berjalan diatasa kontur jalaan yang tidak rata, berlubang dan naik turun. Dengan adanya shock ini, mobil tidak akan bergetar dengan keras saat roda mengalai benturan dengan keras, sehingga berkendaya akan terasa nyaman. 

Cara kerja suspense pada kendaraan roda empat adalah memberi sekat antara body dengan roda. Shockbreaker sendiri terdiri dari beberapa komponen diantaranya tuas as, per, oil dan seal. Agar dapat bekerja dengan normal empat komponen ini harus dalam keadaan baik, jika seal pecah dan oli merembes keluar sudah dipastikan shock akan terasa keras saat mengalami hentakan.

Namun, seiring berjalanya waktu dan lamanya pemakian shockbreaker yang awalnya empuk bisa berubah keras saat mengalami mengalami hentakan dijalan yang berlubang atau kurang rata. Prilaku berkendara yang kurang baik seperti melaju dalam kecepatan tinggi saat jalan rusak juga bisa menyebabkan shock menjadi cepat rusak.

Cara membuat shockbreaker mobil yang keras menjadi lebih empuk

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikanya empuk kembali. Caranya dengan membongkar kaki-kaki monbil kamu yang diawali dengan membuka ban. Namun jika tidak terbiasa memperbaiki mobil sendiri, sebaiknya serahkan pekerjaan ini pada ahlinya agar kerusakan tidak bertambah parah.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Untuk membuat suspense menjadi lebih empuk sebetulnya sangatlah sederhana ya masbro, kamu perlu membongkar shockbreaker untuk dipasang pertambahan, kemudian rakit kembali jika sudah selesai. Agar lebih mudah pada saat pembongkaran, terlebih dahulu suspense perlu diberi oli dan juga ditambah dengan gas nistrogen. Fungsi oli disini untuk meredam peer, sehingga tidak berkarat. Demikian pula gas nitrogen yang diisikan.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Shockbreaker sendiri berfungsi untuk membatasi gerakan pada body mobil, baik gerajab ke atas atau kebawah begitu sebaliknya. Saat Shockbreaker turun maka secara otomatis akan ditahan oleh per asli mobil. Namun, pasa saat bergerak keatas, jika shockbreaker standar terlepas begitu saja. 

Modifikasi double rebound akan memiliki dimensi yang lebih pendek jika dibandingkan standarnya, hal ini juga berlaku pasa suspense belakang. Walaupun memiliki dimensi yang lebih pendek , anda tak perlu khawatir bila mobil menjadi ceper karena terdapat per yang menahanya sehingga dalamanya tidak terlalu tertarik. Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Namun jika proses perbaikan tidak memungkinkan akibat suspesni yang sudah terlalu tua langkah yang paling tepat adalah mengganti shockbreaker dengan yang baru. Jangan khawatir, kalian juga bisa menggunakan merk yang tidak sama dengan suspense bawaan. Namun pastikan terlebih dahulu apakah suspense yang akan kamu pakai cocok atau tidak dengan tipe kendaraanmu, sehingga setelah diganti mobil akan terasa nyaman kembali dan tidak terasa geras saat mengalami benturan.

Nah.. Itulah beberapa informasi tips cara membuat shockbreaker mobil menjadi lebih empuk beserta penyebabnya. Dengan mengetahui beberapa penyebabnya kamu bisa lebih berhati-hati saat berkendara sehingga setelah diperbaiki atau diganti baru tidak cepat rusak. Sekian dan terimakasih kunjunganya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas