Cara Membersihkan dan Merawat Lantai Marmer Yang Kusam

Cara membersihkan dan merawat lantai marmer yang kusam - Hallo dulur... Mendekati bulan suci Ramadhan ini tak sedikit yang berlomba-lomba mempercantik hunianya  baik sekedar pengecatan ulang atau melakukan perbaikian di beberapa ruangan. Kondisi rumah yang selalu bersih tentu menumbulkan rasa nyaman dan lebih percaya diri saat lebaran nanti.

Selain pengecatan dinding, membersihkan lantai yang kotor terkena noda juga tak kalah penting ya sob.. Proses pembersihanya pun tiak boleh dilakukan secara asal terutama jika lantai kamu dari marmer, salah sedikit saja justru merusak permukaanya.

Marmer merupakan salah satu matrial bangunan yang saat ini sangat diminati sebagai dekorasi rumah yang diaplikasikan pada lantai atau objek lainya. Pasalnya matrial yang satu ini bisa mengubah penampilan ruangan yang sederhana bisa terlihat mewah nan berkelas.

 Agar tetap mengkilap lantai marmer perlu dirawat. Cara membersihkan marmer sendiri bebeda dengan keramik biasa lo, sebab matrial ini gampang rusak oleh produk-produk pembersih biasa.

Lantas bagaimana cara membersihkan dan merawat lantai marmer yang tetap ? Nah dibawah ini penjelasanya.

Cara membersihkan dan merawat lantai marmer yang kusam

1. Menggunakan sabun cuci piring

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan lantai marmer yang kusam adalah menggunakan sabun cuci piring.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Mengapa harus sabun cuci piring ? Ya.. Dibandingkan dengan sabun detergen atau pembersih lantai lainya, sabun cuci piring lebih lembut dan sangat kuat dipakai buat menghilangkan noda yang terlalu lama menempel. Sehingga lantai kamu kembali kinclong.

Caranya pun tidak begitu sulit, kamu perlu menuangkan sabun cuci piring seperlunya pada kain microfiber halus atau spons, kemudian basahi dengan sedikit air dingin dan usapkan secara lembut pada permukaan marmer yang kusam dengan gerakan searah mengikuti serat marmer hingga bersih.

Perhatikan cara mengusapnya, jangan sampai kamu mengusaapnya denga gerakan melingkar, hal ini justru merusak permukaan lantai marmer.

2. Menggunakan cairan pemutih pakaian

Cairan pemutih pakian juga bisa kamu pakai buat menghilangkan noda yang mongering dipermukaan marmer dengan cepat, caranya dengan menuangkan beberapa tetes cairan pemutih ke permukaan marmer yang terkena noda kemudian tutup dengan tisu yang juga sudah diberi cairan pemutih.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Kemudian rekatkan dengan lakban dan tunggu hingga noda pindah ke tusi dan bersihkan kembali dengan sabun cuci piring untuk menghilangkan sisa pemutih.

3. Menggunakan pembersih lantai yang lembut

Marmer merupakan batuan yang berbeda dari jenis batu lainya, sehingga lebih gampang rusak bila membersihkanya menggunakan produk pembersih biasa.

Baca juga 10 Jenis-jenis Kit Untuk Mengkilapkan Mobil dan Kegunaanya

Oleh sebab itu, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakan cairan pembersih. Sebaiknya bersihkan noda pada lantai marmer dengan cairan pembersih khusus agar permukaan marmer tidak rusak. 

Sebelum kamu gunakan, sebaiknya cobalah pada bagian marmer yang kecil untuk melihat bagaiman reaksi cairan pembersih yang akan kamu pakai. Jika tidak bereaksi apapun bisa mau pakai buat membersihkan marmer yang kusam.

Dengan menggunakan pembersih yang lembut tentu dapat membersihkan marmer dengan baik serta membuatnya lebih awet dan tidak merusak permukaanya.

4. Menghindari pembersih ubin keramik

Untuk membersihkan sekaligus merawat lantai marmer kamu, sebaiknya pilihlah pembersih yang sudah kamu sebutkan diatas atau menggunakan cairan khusus pembersih marmer.

Salain itu, hindari pemakian pembersih ubin keramk untuk membersihkan marmer kamu karena bisa permukaan marmer cepat kusam.

5. Hindari menggunakan alat-alat kebersihan tertentu

Saat membersihkan lantai marmer disarankan menggunakan lap microfiber, serat microfiber yang halus tidak merusak permukaan lantai.

Sebaiknya menghindari pengguaan beberapa pembersih dan alat untuk membersihkan mamper seperti bahan-bahan yang mengandung atau bersifat asam seperti cuka.

Selain itu, hindari penggunaan lap yang seratnya kasar seperti spons pencuci piring berbahan kawat haalus untuk membersihkan noda di permukaan marmer.

6. Membersi alas untuk benda di atas lantai

Tips terakhir merawat lantai marmer agar tetap awet adalah menghindari menempatkan benda berat dipermukaan lantai tanpa memberinya alas.

Pastikan kamu memberi alas seperti kardus atau sterofoom dibawah benda-benda keras yang diletakan diatas lantai seperti fas bunga, sehingga tidak terjadi kontak langsung antara mermer dengan benda tersebut.

Nah, itulah tadi sejumlah cara membersihkan dan merawat lantai marmer yang kusam kembali mengkilap. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas