Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air Banyak Saat Dipanaskan, Apakah Berhabaya ?

Penyebaba knalpot mobil keluar air banyak saat dipanaskan - Hallo dulur... Belakangan ini mobil bekas banyak dicari untuk menunjang mobilitas sehari-hari baik untuk jenis sedan, MPV ataau SUV. Bukanya tanpa alasan mobil seken banyak dipilih karena harganya yang sangat miring dibandingkan dengan yang baru, bahkan untuk 90.an harga jualnya setara dengan motor PCX atau Nmax.

Namun untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas bukan perkara mudah, diperlukan ketelitian dan ada baiknya membawa bengkel atau teman yang paham mesin dan body agar tidak salah pilih. Jika kamu mencari mobil diesel pastikan kondisi mesin tidak ngopos yang ditandai dengan munculnya asap saat tutup oli dibuka dalam kondisi mesin menyala.

Sementara untuk bensin, bagus tidaknya mesin bisa kita lihat dari suara mesin saat menyala, jika terdengan kasar dan terdengar suara aneh sudah dipastikan mesin tersebut tidak besar. Tanda atau ciri lain untuk mengetahui kondisi mesin mobil apakah masih sehat atau tidak juga bisa kita lihat dari knalpot.

Fungsi knalpot pada kendaraan adalah mengeluarkan gas buang hasil proses pembakaran mesin. Namun ada kalanya knalpot mobil ini keluar air saat dipanaskan di pagi hari, apakah ini memberi sinyal terjadi kerusakan pada mesin ?

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Penyebab knalpot mobil keluar air banyak saat dipanaskan

Fungsi knalpot pada kendaraan adalah mengeluarkan gas buang hasil proses pembakaran mesin. Namun ada kalanya knalpot mobil ini keluar air saat dipanaskan di pagi hari, apakah ini memberi sinyal terjadi kerusakan pada mesin ?

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Sebetulnya knalpot mobil mengeluarkan air bukanlah tanda yang membahayakan, keluarnya air juga bukansuatu indikator adanya kerusakan pada mesin mobil dan komponen lainya. Justru malah sebaliknya, knalpot yang mengeluarkan air saat dipanaskan merupakan tanda jika mesin mobil tersebut dalam kondisi sehat. Ini merupakan hal wajar terutama pada kendaraan yang sudah EFI Electronik Fuel Injection.

Lantas apa yang sebenarnya terjadi ?

Jika diibaratkan knalpot bekerja seperti system pernapasan manusia. Saat manusia bernapas pada suhu udara rendah, uap akan muncul dari mulut dan hidung. Ini karena karbondioksida yang dikeluarkan telah terkondensasi menjadi uap air.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Sama halnya dengan knalpot mobil, sistem pembakaran bahan bakar di ruang mesin juga sama seperti sistem pernapasan manusia. Proses pembakaran bahan bakar dan udar tersebut akan menghasilkan karbondioksida dan uap air. Saat udara disekitar mobil cenderung lebih rendah, maka uap air yang keluar dari knalpot jumlahnya pun banyak. Inilah mengapa knalpot bisa keluar air.

Jadi, bisa kita simpulkan teteasan air yang keluar dari lubang knalpot sebenarnya merupakan suatu kondisi yang normal dan akan hilang saat mesin sudah panas.

Dalam satu siklus pembakaran bahan bakar di ruang mesin, ada kurang lebih 18 molekul air yang dibuang leat knalpot. Maka hal wajar jika knalpot mobil akan keluar air saat dipanaskan. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika terjadi kebocoran pada komponen mesin. Keluarnya air dari knalpot juga bukan berarti air radiator bocor dan rembes ke mesin. Jika memang radiator bocor air akan menetes keluar di bagian depan mobil depan mobil dekat radiator.

Perhatikan jumlah air yang keluar

Meski begitu, pemilik kendaraan tetap memperhatikan seberapa banyak air yang leuar dari muffler knalpot. Jika tidak keluar banyak dan hanya beberapa tetes ini merupakan hal wajar, namun jika yang keluar jumlahnya cukup banyak patut kita curigai, bisa jadi ada gangguan tertentu.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Apakah sebelumnya mobil menerjang genangan banjir atau baru saja dicuci ? Bisa jadi itu merupakan penyebab jumlah air yang leuar dari knalpot cukup banyak. Air yang masuk knalpot akan tertampung pada muffler agar tidak masuk keruang mesin. Nah air yang tertampung ke muffler ini akan keluar dengan sendirinya melalui knalpot saat mesin dinyalakan dan akan hilang saat kondisi mesin sudah panas.

Nah temen-temen demikianlah ulasan penyebab knalpot mobil keluar air banyak saat dipanaskan dipagi hari yang tidak perlu kamu khawatirkan. Justru ini memberi sinyal jika mesin tersebut dalam keadaan sehat. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas