Biaya Service Tun Up Mobil Avanza di Bengkel Resmi Auto2000

Biaya service tun up mobil avanza di bengkel resmi auto2000 - Hallo dulur... Untuk menjaga kondisi mobil selalu prima dan menghindari mesin tiba-tiba mogok, perawatan penting dilakukan seperti selalu mengecek kondisi busi, soket-soket pengapian atau menjaga kondisi radiator agar selalu dingin dengan cara mengecek ketersediaan cairan di tangki reservoir.

Tak semua pemilik mobil tahu beda antara service berkala dan tun up yang diberikan padaa kendaraanya. Namun kedua jenis perawatan tersebut penting untuk memastikan mobil kamu dalam kondisi maksimal sehingga saat berpergian jarak yang cukup jauh tidak khawatir akan mogok. 

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Perbedaan tun up dan service berkala  di bengkel resmi auto2000

Meski intinyaa sama yakni mengganti komponen lama yang telah rusak dengan yang baru, ternyata ada sedikit dari bedua jenis perawatan mobil ini anatar tun up dan service biasa.

Service merupakan salah satu perawatan mobil yang bertujuan untuk mengecek semua komponen mobil secara menyeluruh tidak terkecuali sistem pengeremen. Sementara tun up bertujuan untuk mengembaalikan komponen-komponen mobil agar performanya kembali prima seperti baru.

Sevice rutin bisa kamu lalukan setelah jarak tempuh mobil menyentuh angka 50.000-10.000 km saat mesin mengalami masalah., tun up lebih kompleks. Service rutin hanya dilakukan pada komponen tertentu, seperti membersihkan filter udara, mengecek rem, penggantian oli dan beberapa pengecekan komponen lainya.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Sementara pengerjaan tun up lebih kompleks, bahkan mencakup semua komponen kendaraan. Perawatan tun up setidaknya bisa kamu lakukan setelah jarak interval 20.000 hingga 40.000 kilometer, atau setelah satu tahun pertama pemakaian. Karena dalam jangka waktu tersebut, tak jarang ada beberapa komponen yang rusak dan perlu penggantian. Beberapa komponen tersebut diantaranya :

  • Membersihkan filter udara
  • Mengganti filter bahan bakar 
  • Membersihkan throttle body
  • Membersihkan busi
  • Mengganti oli mesin dan oli rem
  • Membersihkan dan menyetel kembali rem
  • Membersihkan filter AC
  • Membersihkan injektor
  • Membersihkan ruang bakar dan
  • Scanning injeksi


Dari berbagai pengerjaan  komponen diatas, teknisi nantinya akan mengecek dan memperhatikan komponen apa saja yang terindikasi rusak sehingga perlu diganti untuk menghindari kerusakan yang lebih lanjut. Sehingga meski masa pakainya sudah 10 tahun lebih performa mobil avanza kamu tidak kalah dengan keluaran terbarunya.

Biaya tun up mobil avanza di bengkel resmi

Baca juga 10 Jenis-jenis Kit Untuk Mengkilapkan Mobil dan Kegunaanya

Tidak hanya di bengkel resmi, tun up juga bisa dilakukan di bengkel non resmi atau biasa yang terpercaya. Pasalnya biaya yang dikeluarkan jelas lebih murah di bengkel umum dibandingan dengen bengkel resmi. Namun harga tersebut tidak bisa jadi patokan, karena setiap bengkel menawarkan harga yang berbeda-beda.

Tapi kelemahanya adalah terkadang mekanik tidak mengetahui seluk beluk atau masalah yang di alami oleh mobil yang dikerjakan. Dan tidak semua bengkel umum yang bisa melakukan service tun up semua jenis mobil. Namun khusus mobil sejuta umuat ini, kamu bisa dengan mudah menemukan bengkel umum yang bisa melakukan tun up untuk Toyota Avanza anda.

Sementara biaya untuk perbaikan tun up mobil avanza di bengkel resmi auto2000 tidak terlalu banyak berbeda dari satu tempat ke tempat lainya. Perbedaan hanya berlaku pada kondisi mesin mobil. Kamu akan dikenakan biaya Rp 300 ribu hingga Rp 1 jutaan. Namun biaya tersebut akan lebih besar jika ada beberapa komponen yangperlu diganti.

Nah temen-temen demikianlah ulasan dari biaya service tun up mobil avanza di bengkel resmi auto2000 yang bisa jadi bahan pertimbangan. Harga tersebut tidak bisa jadi patokan menginat tingkat kerusakan yang terjadi pada kendaraan kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas