Biaya Service dan Ganti Kompresor AC Mobil Yang Rusak

Biaya service dan ganti kompresor ac mobil yang rusak - Hallo dulur.. Saat cuaca panas seperti ini keberadaan AC sangat membantu guna mendinginkan ruang kabin yang mulai gerah. Namun terkadang mesin pendingin ini tidak bekerja dengan baik, kalaupun nyala hanya mengeluarkan angin layakno blower. Jika sudah begini rasanya berkendara akan terasa kurang nyaman, bahkan jika hujan kaca mengelurkan embun yang mengganti penglihatan.

AC pada mobil terdiri dari berbagai komponen, salah satu komponen vital agar bekerja dengan baik untuk mendinginkan ruang kabin adalah keberadaan kompresor. Dimana berfungsi untuk memompa freon menuju ruang kabin, sehingga jika rusak ac tidak akan mengeluarkan udara sejuk. 

Biaya servicer ac terbilang cukup mahal, terlebih jika kerusakanya hampir 100 % akibat dibiarkaan lama nganggur. Sebab jika kerusakan terjadi pada kompresor ac cukup parah tentu tidak bisa diperbaiki kembali. Akibatnya kamu pun perlu mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk ganti kompresor.

Biaya tersebut belum termasuk ongkos pemasangan kompresor, isi ulang freon dan biaya service. Sebab orang awam seperti pemilik kendaraan tentu akan kesulitan untuk memasang kompresor ac sendiri, sehingga agar kerusakan tidak merambat ke komponen lain kamu perlu menyerahkan ke ahlinya.

Maka dari itu kamu wajib tahu mana bengkel ac yang memiliki mekanik berpengalaman dengan biaya service murah untuk perbaikan ac mobil kamu.

Rincian biaya service dan ganti kompresor ac mobil yang rusak

Tentunya setiap bengkel ac menawarkan biaya service yang berbeda-beda. Perbedaan biaya perbaikian kompresor ac tergantung jenis kendaraan, layanan yang diberikan, serta tenaga SDMnya. Maka dari itu kamu perlu mengetuhui besaran rincian biaya ganti kompresor ac mobil yang rusak di bengkel terdepat.

 1. Flusing oli kompresor

Flushing oli kompresor ini berfungsi untuk membersihkan sisa tumpahan oli disekitar komponen ac mobil. Layanan flushing oli kompresor ini hanya tersedia pada bengkel-bengkel besar dan terpecaya saja.

Meski harga layanan ini cukup mahal, namun dijamin oli komprsor dapat terkuras dengan baik sehingga mencegah kerusakan pada komponen pendingin mobil. Untuk layakan flusing ini , kamu akan dikenakan biaya Rp 600 rb hingga Rp 750 ribuan.

2. Perawatan spare part kompresor 

Agar tidak cepat rusak, pemilik kendaraan wajib memberikan perawatan pada seluruh sparepart kompresor. Biaya service kompersor untuk sekedar perawatan dan pengecekan beberapa komponennya masih cukup terjangkau yakni berkisar RP 380 rb hingga Rp 400 ribuan. Biaya tersebut sudah termamsuk service thrust bearing, soe, sambungan seal hingga shaft seal kompresor.

3. Penggantian magnetic clutch

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Apabila kompresor ac rusak dan muncul suara berisik, maka hal tersebut disebabkan kerusakan pada komponen magnetic clutch. Maka untuk mengatasi masalah tersebut kamu mengganti komponen magnetic clutch yang telah aus.

Biaya perbaikan magnetic clutch ini setidaknya mencapai Rp 400 ribuan, tergantung tingkat kerusakanya.

4. Mengganti komponen kipas ac

Jika saat ini kompresor ac  mobil kamau rusak dan muncul suara yang terdengar mendecit, maka kamu perlu mengecej bagian sabuk ac mobil. Jika memang sudah putus atau melemah, maka segera ganti yang baru untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Toh biaya penggantian sabuk ac ini cukup murah yakni rp 40 ribuan.

Selain itu cek juga bagiaan ekstra fan atau kipas ac, apabila telah rusak atau putaranya lemah biaya penggantianya sekitar Rp 200 ribu sampai Rp 400 ribu tergantung besar kecil ukuran exstra fannya. Harga tersebut belum termasuk ongkos pasangnya.

5. Isi ulang Freon

Jika ac mobil kamu kuranag dingin, maka hal ini bisa disebabkan kadar  Freon mulai berkurang. Jadi kamu perlu melakukan pengisian ulang Freon kembali yang dikenakan biaya mulai Rp 150 ribuan single blower dan Rp 300 ribuan untuk ac dengan double blower.

6. Biaya mengganti kompresor ac mobil

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Biaya service ac mobil yang paling mahal adalah mengganti kompresor ac yang sudah tidak berfungsi. Sementara harga kompresor yang baru mencapai angka Rp 2 jutaan bahkan lebih tergantung jenis mobilnya. Biayaa tersebut belum termasuk ongkos pasangnya.

Bukanya tanpa alasan, penggantian untuk kompresor ini dilakukan karena adanya kebocoran yang cukup menganga dan tidak bisa ditutup atau di tambal. Sehingga penggantian unit kompresor merupakan langkah yang paling direkomendasikan agar dapat kembali mendinginkan suhu kabin.

Ciri-ciri kompresor ac mobil rusak

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Sebetulnya tidaklah sulit mengetahui ciri ciri kompresor ac mobil yang rusak, bisa dari udara yang keluar dari kisi-kisi saat ac on hingga suara decitan diarea mesin. Ciri-ciri paling mudah mengetahuinya adalah saat pertama kali kita menyalakan ac dan muncul suara kasar, suara tersebut akan semakin keras saat gas semakin kencang. Dan saat dimatikan suara tersebut akan langsung hilang.

Umunya penyebab kompresor ac mobil rusak adalah karena faktor usia dan waktu pengoprasianya. Agar masa pakainya lebih lama, sebaiknya jangan terlalu sering untuk meng on off kan ac dengan alasan agar irit bbm. Prilaku ini justru mempercepat kerusakan pada kmponen ac tak terkecuali kompresornya. 

Nah temen-temen demikianlah rincian biaya service dan ganti kompresor ac mobil yang rusak. Harga tersebut tidak bisa dijadikan patokan, sebeb setiap bengkel menawarkan harga berbeda-beda, jadi anggap saja penjalan diatas sebagai bahan pertimbangan. Sekiana, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas