3 Penyebab dan Cara Mengatasi Koil Mobil Tidak Mengeluarkan Api

Penyebab dan cara mengatasi koil mobil tidak mengeluarkan api - Hallo dulur menjaga performa mesin kendaraan bukanlah perkala mudah, terutama kendaraan-kendaraan yang umurnya sudah 10 tahun lebih. Sehingga agar tidak menimbulkan kerusakan ditengah jalan tidak ada salahnya untuk melakukan service tun up untuk mengetahu berapa komponen yang mulai lemah.

Selain dari radiator problem yang sering muncul pada kendaraan tua adalah sistem kelistrikanya. Ya.. Jika tidak ada listrik tentu mesin tidak nyala, sehingga ada baiknya Jika mobil kamu sudah termasuk tua tidak ada salahnya untuk melakukan pembaharuan sistem kelistrikanya.

Selain dari delco dan aki, beberapa komponen listrik yang kerap bermasalah adalah Coil. Dimana fungsi Coil adalah alat untuk menaikan tegangan arus listrik dari 12 volt hingga menjadi 25.000 volt dari hasil induksi elektromagmentik yang dihasilkan dari kedua kumpalan primer dan skunder. 

Panas dari Coil akan dipakai untuk menghasilkan percikan api yang dialirkan ke busi untuk menyalakan mesin.

Penyebab dan cara mengatasi coil mobil tidak Mengeluarkan api

Permasalahan pada koil mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Kerusakan ini kerap trerjadi pada mobil tua, sehingga kamu perlu pengetahui akan cara memperbaikinya untuk berjaga-jaga saat mobil kamu kehilangan pengapian. Pasalnya setiap penyebab akan diikuti dengan cara perbaikian koil mobil yang rusak secara spesifik untuk menghindari salah penanganan yang berujung kerusakan lebih parah. Berikut ulasanya.

1. Koil panas atau kabel busi terputus

Permasalahan pertama ini kerap dijumpai padaa kendaraan mobil roda empat terutama yang usinya sudah 10 tahun lebih, masalahnya sangat simple yakni kabel busi terindikasi putus.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Bila hal ini terjadi, efek yang muncul adalah koil akan bocor dan bisa tidak bisa mengeluarkan percikan api untuk proses pembakaran. Sehingga koil akan tiba-tiba mati saat kondisinya mulai panas.

Meski terkesan sangat sederhana, nyatanya masalah ini kerap terjadi karena kurangnya pengecekan mesin secara rutin. Umunya kerusakan ini juga disebut dengan kerusakan pada koil karena panas. 

Jika mesin mendadak mati dan saat disentuh koil terasa panas, cobalah untuk mematikan mesin dan  mengompres koil dengan lap basah hingga suhunya kembali normal. Cara memperbaiki koil ini hanya bersifat sementara, jadi segeralah untuk menggantinya agar masalah ini tidak terulang kembali.

2. Koil tidak mengeluarkan api pada busi

Solusi perbaikan kedua ini lebih ditujukan jikaa dasar masalahnya karena kontak dan kabel penghubung berkarat.

Tumpukan kerak akan menghambat supali arus listrik dari koil ke busi. Sehingga busi tidak bisa mempercikan bunga api untuk proses pembakaran di ruang mesin. Permasalahan kedua ini juga kerap terjadi ketika koil sudah tua.


Meski demikian, masalah ini tidak bisa kamu anggap remeh. Jika dibiarkan terlamu lama koil bisa karatan sehingga masalah pada pengapian mobil akan semakin parah.

Salah satu hal yang perlu digaris bawahi dari efek kerusakan ini adalah kerak dan retak akan membuat sistem pengapian tidak berjalan normal. Retak ini bisa diakibatkan karena mesin dipaksa bekerja dengan kondisi koil yang sudah tidak baik. 

Akibat yang ditimbulkan dari kerusakan ini adalah mesin bisa overheat dan dinding diarea koil akan rusak. Sementara cara mengatasu koil mobil yang rusak adalah dengan menggantinya dengan yang baru, kalau diperbaiki pun sifatnya hanya sementara.

3. Kerusakan adanya kebocoran listrik

Seperti yang sudah kami jelaskan tadi proses kinerja koil akan melibatkan arus listrik. Hal tersebut sangatlah wajar, namun jika sudah terjadi kobocoran segera cek seluk buluk permasalahanya yang lebih spesifik. 


Masalah ini kerap terjadi pada mobil yang masih memakai sistem karburator atau mobil injeksi yang masih menggunakan delco dengan kabel busi yang memanjang. Kabel tersebut sangat rawan putus sehingga membuat api keluar ke body koil.

Jika kamu penasaran, kebocoran tersebut bisa saja terjadi karena tegangan listrik tinggi cenderung cenderung mencari jalan singkat menuju massa. Alhasil, sistem pengapian koil dan busi tidak bekerja maksimal.

Solusi perbaikan masalah ini adalah dengan menutup kebocoran menggunakan lem plastik steel atau bisa disebut lem besi. Setidaknya cara ini bisa kamu lakukan sebelum menemukan bengkel terdepat.

Nah demikianlah 3 penyebab dan cara mengatasi koil mobil tidak mengelurakan api yang bisa anda jadikan bahan referensi. Pada dasarnya kamu perlu mengetahui sebab sebelum perbaikiaan yang lebih spesifik. Hal tersebut untuk mengurangi kesalahan dan membuat masalah semakin meluas akibat salah penanganan. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas