Biaya Harga Service Radiator Mobil Yang Rusak dan Tersumbat

Biaya harga service radiator mobil yang rusak dan tersumbat - Hallo dulur...  Seiring dengan lamanya pemakian dan usia kendaraan tentu ada beberapa parak yang mengalami kerusakan sehingga perlu melakukan perbaikan agar dapat berfungsi kembali. Ya.. Jika salah satu komponen mesin tidak bekerja tentu akan menggangu kinerja komponen lain, karena komponen mesin mobil atau mobil bekerja salaing keterkaitan.

Salah satu komponen mobil yang kerap kali bermasalah adalah radiator. Kerusakan pada radiator ini kerap dijumpai pada kendaraan yang usianya sudah 5 sampai 10 tahun lebih, jika sudah rusak tentu tidak bisa mendinginkan dan menstabilkan suhu mesin sehingga lebih cepat panas, dan parahnya bisa menyebabkan mesin overheat.

Oleh karena itu agar masa pakainya lebih lama penting untuk selalu merawat radiator mesin. Perawatan bisa kamu lakukan dengan selalu mengecek ketersediaan air di dalam tangki penyimpanan/reservoir. Pastikan air tidak berada dibawah garis maximum atau malah habis.

Pengisian air pun perlu dibersihkan, pastikan air yang kamu pakai kondisinya bersih dan tidak disarankan memakai air sumur atau keran. Kamu bisa menggunakan air coolant untuk mengisi radiator.

Biaya harga service radiator mobil yang rusak dan tersumbat

Jika radiator sudah rusak tentu mau tidak mau kamu harus memperbaikinya agar sirkulasi air tidak terhambat sehingga proses pendinginan mesin mobil tidak terganggu. Jika tidak bisa melakukanya sendiri kamu bisa membawanya ke tukang service radiator untuk proses perbaikan.

1. Melepas radiator mobil : 150 rb - 250 rb

Sekilas memang pekerjaan sepele, untuk melepas radiator mesin. Namun jika dikerjakan tanpa keahalian dan peralatan khusus, radiator justru bisa rusak jika dilakukan secara asal. Karena itu lah kami serankana untuk diserahkan ke bengkel langsung, toh jika radiator rusak biaya perbaikan akan semakin membengkak.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Radiator ini dilepas jika terdengar suara ngorok yang semakin jelas terdengar saat mesin panas. Setelah berhasil dilepas radiataor akan langsung dicek dan dibersihkan secara menyeluruh. Jika menang ada kerusakan langsung diperbaiki agar dapat berfungsi dengan baik.

Jadi biaya Rp 150 rb - Rp 250 tidak hanya ongkos bongkar pasang saja, melainkan plus biaya perbaikanya. Harga tersebut berlaku untuk semua jenis mobil baik yang bertransmisi matic maupun manual. Mungkin bisa lebih mahal untuk kendaraan besar seperti truk atau elf.

2. Biaya service radiator : Rp 100 rb

Radiator juga bisa hanya dilakukan pengecekan, tanpa perlu melepasnya dan prose pembersihan. Pengecekan ini dilaukan pada semua komponen pendukung radiator, baik untuk selang penghubung apakah mengalami kecoboran maupun pada thermostat apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika sekalian tambah cairan khusus mungkin akan dikenan tambahan biaya. Tentunya mengisi radiator dengan cairan khusus coolant akan membuat performanya semakin membaik untuk mendinginkan mesin mobil kamu. 

Cairan coolant memang bagus dan sangat diancurkan buat mengisi air radiator, namun pastikan terlebih dahulu apakah radiator mobil Otofriends atau masih bisa menerima cairan coolant atau malah justru bertambah buruk.

3. Biaya perbaikan radiator mobil yang tersumbat : 150 rb - 200 rb

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Penyumbatan pada radiator bisa ditandai dengan mendidihnya air radiator dari tampungan reservoir atau indikator temperatur naik ke atas. Jika ini terus dibiarkan tentu membuat mesin mobil akan overheat, parahnya mesin bisa mati mendadat dan bisa menyebabkan kerusakan pada piston.

Sementara untuk besaran biaya service radiator mobil yang tersumbat berkisar 200 ribuan plus bongkar pasang. Harga tersebut juga menyesuiakan besar kecil jenis kendarannya.

Penyembutan pada radiator disebebkan oleh kerat dan kotoran yang menumpuk sehingga nimbulkan sumbatan pada kisi-kisi radiator, alhasil sirkulasi cairan akan terganggu.

Tumpukan kerak pada radiator disebabkan penggunaan air keran atau air sumur, sehingga lama kelamaan kotoran yang tercampur dengan air akan semakin menumpuk. Jadi sangat disrankan memakai cairan khusus untuk merawat radiator mobil kamu.\

4. Biaya kuras radiator : Rp 50 rb - Rp 100 rb

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Meski tidak terlalu penting, sesekali radiator mobil kamu perlu dikuras untuk menghindari tumpukan kerak dan menghindari radiator berkarat. Untuk proses kurang bisa kamu lakukan dalam jangka waktu tertentu setidaknya setiap jarak tempuh 5.000 km atau sekitar dua bulanan.

Biaya kuras radiator memang sangatlah terjangkau mengingat proses pengerjaanya bisa dilakukan dengan cepat dan tidak terlelu rumit. Bahkan kamu bisa melakukanya sendiri dengan cara membuka tutup yang ada dibawah radiator untuk mengeluarkan semua cairan didalanya dan bersihkan bagian dalam radiator dengan cara menyiramnya pakai air bersih beberapa kali.

Cara merawat radiator mobil agar awet

Nah untuk menghindari beberapa trobel tadi dan memakain biaya tak sedikit untuk perbaikanya, kamu perlu mengetahui bagai mana cara merawat radiator mobil agar awet dan tidak cepat rusak. Cara-cara dibawah inu bisa kamu lakukan untuk menjaga dan merawat radiator sagar selalu berfungsi dengan baik.

1. Salalu mengecek volume cairan radiator

Selalu cek volume air pada tangki pengisian reservoir, jika jumlahnya berkurang justru bisa membuat mesin overheat, mesin lebih cepat panas sehingga secara tidak langsung akan mengurangi performa mesin.

Jadi pastikan kamu mengecek volume cairan radiator secara berkala, atau setidaknya sebelum dipakai untuk berpergian.

2. Memakai air yang sesuai untuk radiator

Jika memang radiator mobil kamu sudah menggunakan air sebagai pengganti coolant, ada baiknya menggunakan air mineral yang banyak dijual di minimarket atau air RO yang sudah melalui proses penyaringan. Tidak disarankan mekakai air keran PAM atau air tanah karena bisa membuat radiator berkarat dan menimbulkan sumbatan meski tidak bisa dirasakan secara langsung.

Jika mobil kamu masih baru, ada baiknya selalu mengisi radiator menggunakan cairan coolant dimana sudah diformulasikan khusus untuk menstabilkan suhu mesin dan membuat radiator akan selalu bersih.

3. Bersihkan tangki reservoir secara berkala

Tidak hanya pada radiator, tabung reservoir juga perlu dijaga kebersihanya. Kamu bisa mengurasnya atau membersihkan secara rutun setidaknya sebelum di isi kembali. 

Menguras tangki reservor bertujuan untuk membuat cairan didalamnya selalu bersih. Jika kotor tentu kotran tersebut akan tercampur dengan air dan masuk ke dalam sistem radiator.

4. Pastikan tutup radiator terpasang dengan benar dan rapat

Yang tak kalah penting adalah memastikan tutup radiator terpasang dengan benar dan rapat, pastikan juga tutup berfungsi dengan baik sehingga dapat bekerja buka tutup saat cair sudah panas dan berkurang. 

Pasalnya tak sedikit yang mengalami overheat dan radiator tidak berfungsi dengan baik disebabkan tutup tradiator sudah rusak, sehingga tidak dapat membuka saat cairan mulai panas dan serkulasi air tidak terhambat.

Nah temen-temen daftar besaran biaya harga servis radiator mobil yang tidak berfungsi dan tersumbat. Jika sudah dirperbaiki sebaiknya lakukan perawatan dengan baik dan benar sehingga beberapa kerusakan tadi tidak muncul kembali. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas