Besaran Biaya Perpanjang STNK dan Ganti Plat Nomor 5 Tahunan

Besaran biaya pajak stnk dan ganti plat nomor 5 tahunan - Hallo dulur... Selain melakukan perawatan dan servis secara berkala, pembayaran pajak kendaraan juga penting kamu lakukan sehingga berkendara semakin nyaman tanpa rasa was-was saat ada razia polisi. Pembayaranya bisa kamu lakukan 60 hari sebelum jatuh tempo bisa datang langsung ke Samsat terdekat atau melalui Online.

STNK Merupakan salah satu dokumen kendaraan yang berisi identitas kepemilikan,Seperti nomot polisi, nama dan alamat pemilik, serta identitas kendaraan bermotor yang bersangkutan meliputi, merk/type, nomor mesin, kapasitas mesin, tahun pembuatan nomor BPKB, jenis bahan bakar, warna TNKB, nomor mesin, nomor rangka dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan SIM, STNK juga ada masa berlakunya yakni 5 tahun sekali dan ada pajak tahunan yang wajib dibayar pemilik kendaraan bermotor. Sementara jika masa berlaku sudah habis, pemilik bisa memperpanjangnya dengan mendatangi samsat terdekat untuk melakukan cek fisik kendaraan, yaitu pengecekan nomor rangka dan mesi kendaraan.

Biaya perpanjang STNK dan ganti plat nomor 5 tahunan

Biaya perpanjang stnk setahun sekali menyesuaikan tahun pembuatan, kapasitas mesin, dan jenis kendaraan tersebut. Untuk kendaraan roda dua dan tiga, biasanya besaran biaya perpanjang stnk berkisar 100 ribu. Sementara untuk kendaraan roda empat atau lebih biasanya mencapai 200 ribu perkendaraan.


Beda lagi jika kamu menggunakan jasa calo untuk mengurusnya. Biasanya jasa calo akan memberi tarif mulai 200 ribu hingga 500 ribuan, harga tersebut bisa lebih malah jika harus nempak KTP atau kendaraan bukan atas nama sendiri. Sangat disarankan tidak menitipkan ke calo buat bayar pajak kendaraan, selain lebih mahal, waktu yang dibutuhkan tidak tentu sehari jadi bisa 3 hari sampai satu mingguan. Jadi sangat disarankan untuk mengurusnya sendiri agar lebih hemat diongkos.



Rincian besaran biaya ganti plat nomor 5 tahunan

Beda dengan biaya pajak tahunan, biaya ganti plat nomor dan stnk tentu lebih mahal bahkan bisa 2 sampai 3 kali lipatnya. Untungnya jarak pembaharuan plat nomor ini jangka waktunya 5 tahun sekali, sehingga kamu bisa menyiapkan dana jauh-jauh hari sebelum jatuh tempo tiba.


Nah dibawah ini merupakan rincian beseran biaya perpanjang stnk 5 tahunan khusus buat mobil menurut peraturan pemerintah NO 60 Tahun 2016 terkait tarif dan jenis atas penerimaan negara bukan pajak dan berlaku diseluruh provinsi Indonesia, Berikut rincianya.
  • Untuk stnk 5 tahunan baru besaran biayanya sebesar Rp 200.000
  • Untuk stnk 5 tahunan perpanjang biayanya sebebar Rp 200.000 atau sama
  • Sementara pengesahan stnk dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 pertahun
  • Dan untuk pembuatan bpkb baru biayanya sebesar Rp 225.000
  • Untuk bpkb pemilik anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 225.000

Selain itu ada beberapa tambahan yang dibebankan pemilik kendaraan bermotor yang harus dibayarkan, berikut penjelasanya.

  • Cek fisik kendaraan bermotor, biaayanya sebesar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per kendaraan.
  • Ganti plat nomor baru biayanya sebesar Rp 60.000 hingga Rp 100.000, terganting jenis dan tahun kendaraan
  • Sementara SWKDKLLJ atau sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan anda perlu membayarnya sebesar Rp 35.000
Dari informasi diatas, maka kamu sudah tahu berpaa besaran biaya yang perlu kamu siapkan jauh-jauh hari untuk pembayaran pajak 5 tahunan atau pembaharuan STNK.

Dokumen dan syarat perpanjang STNK yang perlu disiapkan 


Agar tidak bolak balik ke kantor samsat saat pembayaran pajak bermotor, pastikan kamu sudah mempersiapkan beberapa dokumen penting, baik yang foto copy dan yang asli. Berikut beberapa dokumen sebagai syarat pembayaran pajak kendaraan.

  • Stnk (Surat tanda nomor kendaraan) asli sesuai kendaraan, untuk perpanjang stnk tidak perlu fot copyan nya, namun terkadang ada beberapa samsat yang perlu melampirkan foto copy satu lembar.
  • Ktp (kartu tanda penduduk) asli sesuai dengan alamat dan nama pemilik kendaraan yang tertulis pada Stnk dan bpkb.
  • Mengisi formulir permohonan perpanjang STNK di kantor samsat.
  • Surat keterangan buka blokir, apabila kendaraan tersebut statusnya terblokir
  • Surat kuasa, apabila perpanjang STNK diurus orang lain dengan identitas yang berbeda dari STNK dan BPKB.
  • Untuk pembayaran pajak tahunan atau pembaharuan STNK disini BPKB tidak dibutuhkan ya sob.
Persyaratan perpanjang pajak bermotor 5 tahunan


Saat ini pembayaran pajak bermotor bisa dilakukan secara online dan bisa dilakukan kapan pun dan dimanapun. Hanya saja layanan online ini tidak bisaa dipakai buat pembayaran pajak 5 tahunan atau ganti plat nomor, jadi untuk mengurusnya kamu perlu dating ke kantor samsat.

Nah, dibawah ini merupakan langkah-langkah pembayaran pajak 5 tahunan ganti plat nomor beserta dokumen-domunen yang perlu kamu siapkan.

  • Mempersiapkan dokumen-dokumen kendaraan bermotor diantaranya STNK, BPKB, dan KTP asli sesuai identitas kendaraan. Semuanya difoto copy satu lembar dan dimasukan ke dalam map/stopmap
  • Mendatangi kantor samsat dengan membawa kendaraan bermotor yang akan ganti plat nomor 
  • Mendaftarkan kendaraan ke cek fisik, disini kendaraan akan dicek sesuai keterangan dokumen STNK dan BPKB, selanjutnya nomor rangka dan mesin akan digesek oleh petugas.
  • Mengisi formulir pendaftaraan pajak bermotor lima tahunan
  • Serahkan semua berkas ke loket pendaftaran
  • Selanjutnya kamu akan dipanggil petugas untuk pembayaran pajaknya dengan dibarengi penyerahan STNK yang baru
  • Setelah STNK jadi, kamu tinggal masuk ke loket pembuatan plat nomor yang baru dengan menyerahkan foto copyan STNK yang pajaknya baru dibayar.
Besaran biaya perpanjang STNK dan ganti plat nomor 5 tahunan terganting tahan pembuatan mobil atau motor serta kapasiatas mesinya. Semakin tua usia kendaraanya tentu biaya pajak yang harus dibayar akan semakin murah. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas