Turtorial Cara Cuci Evaporator AC Mobil Tanpa bongkar

Turtorial cara cuci evaporator ac mobil tanpa bongkar - Agar dapat berfungsi dengan baik perawatan ac perlu kamu perhatian sehingga saat dinyalakan udara yang keluar terasa dingin dan sejuk sehingga berkendara terasama makin nyaman. Keberadaan mesin pendingin ini sangat dibutuhkan terutama untuk mendinhinkan kabin sekaligus terjadinya proses pengembunan kaca yang menggangu pandangan saat terjadi hujan.

Sistem pendingin AC mobil terdiri beberapa komponen yang saling keterkaitan diantaranya, evaporator, kompreses untuk memompa freon, fillter AC, blower, magnetic cluhct dan beberapa komponen pendukungnya. Jika salah satu park tadi tidak berfungsi dengan baik secara tidak langsung udara yang keluar tidak dingin maksimal atau hanya keluar angin yang terasa panas.

Fungsi evaporator pada ac mobil adalah menyerap udara panas di dalam kabin kendaraan kemudian dihembuskan kembali menjadi udara dingin. Kondisi evaporator yang kotor tentu menghambat udara dingin yang keluar sehingga AC tidak dapat bekerja maksimal, jadi penting untuk membersihkan nya secara berkala agar berfungsi dengan baik.

Turtorial cara cuci evaporator ac mobil tanpa bongkar

Sebetulnya semua mobil sudah dilengkapi dengan filter AC untuk menyaring udara yang masuk ke eveporator. Akan tetapi jika filter ini lama tidak diganti dan kondisinya sudah rusak, pastikel debu yang ukuranya kecil akan mudah masuk ke evaporator.

Nah, berikut adalah cara cuci evaporator AC mobil dengan cairan pembersih yang mudah sekali kamu lakukan sendiri dirumah. Berikut ulasanya.

Pastikan mesin keadaan mati

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Untuk menghindari terjadinya kosleting, pastikan mobil kamu dalam keadaan mati sebelum membersihkan evaporator ac mobil. Pasalnya untuk proses pembersihan beberapa bagian mesin mobil perlu dibongkar sehingga mesin harus kondisi mati, ada baiknya menunggunya hingga mesin dingin.

Mengetahui letak evaporator

Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui posisi evaporator mobil. Umumnya evaporator ac berada dibawah kiri dashboard mobil, namun ini tergantung dari jenis dan merk mobil. 

Ada juga merk mobil yang menempeatkan evaporator berada dibagian lain sehingga membuat kamu kesulitan mencari letak evaporator tersebut, untuk mengetahuinya kamu bisa membuka buka panduan bawaan mobil atau bertanya pada tukang ac langsung.

Buka evaporator AC mobil

Setelah mengetahui letak evaporator, selanjutnya kamu bisa membuka filter ac secara perlahan. Jika binggung kamu bisa membuka buku manual atau manual book sebagai pandunaaan tata cara membuka filter ac.

Jika saringan ini kotor kamu bisa membersihkanya terlebih dahulu dengan udara bertekanan dari kompresor atau bisa pakai gigi untuk menyikat bagian yang kotor. Namun jika kondisi filter telah rusak dan sudah lama digunakan ada baiknya untuk menggantinya dengan filter yang baru agar kinerja ac kembali bekerja maksimal. Anda juga tidak perlu mengeluhkan udara panas selama mengemudi.

Kaleng spray atau botol

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Kaleng spray merupakan salah satu perlengkapan yang perlu kamu siapkan sebelum proses pembersihan evaporator dimulai. Sebelum digunakan kocok kaleng spray beberapa kali, kemudian sisipkan kaleng spray mendekati blower ac mobil. Tujuanya agar semprotan spray bisa mengenai sasaran yaitu tepat ke bawah blower.

Membuka ventilasi AC serta kaca mobil 

Berikutnya bukalah ventilasi AC dank aca mobil agar sirkulasi udara dari luar masuk ke dalam kabin. Pastikan lokasi atau tempat pembersihan evaporator ini tidak terlalu debu berterbangan, hal ini untuk menghindari banyaknya bedu masuk keruang kabin yang akan ikut terhisap.

Nyalakan mesin mobil

Selanjutnya nyalakan mesin mobil dan hidupkan AC, putar suhu ac mobil ke suhu paling tinggi dan tiupan blower paling kenceng. Hal ini bertujuan agar kamu dapat merasakan putaran blower apakah sudah maksimal atau belum. Jika hembusan angin terasa masih pelan, maka priksa kembali bagian filter ac nya. Matikan kembali mesin mobil kemudian periksa komponen mana yang bermasalah.

Menyemprotkan cairan pembersih secara menyeluruh

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Jika tidak ada kendala, maka kamu bisa langsung menyemprotkan cairan pembersih ac mobil tepat dibagian bawah blower, semprotkan sampai habis agar proses pembersian bekerja dengan baik mengangkat kotoran.

Bentuk awal saat cairan pembersih ini disemprotkan akan berbusa dan membentuk foam, tunggulah beberapa saat hingga foam ini mejadi air dan keluar dari ventilator AC mobil bersamaan dengan debu dan kotoran yang ada di dalam.

Mendiamkan mesin

Selanjutnya kamu bisa mendiamkan mesin mobil saat foam mulai berkeluaran dari ventilator ac. Diamkan mesin 15 sampai 30 menit  dan pastikan tidak ada air yang tersisa di bagian ventilator.

Bersihkan lubang ventilator dari air

Setelah semua air dari lubang ventilator sudah benar-benar keluar, kamu tinggal membersihkan air kotoranya dengan cara membuang air tersebut ke selokan atau semprotkan ke bagian yang lebih rendah agar aman buat lingkungan sekitar.

AC mobil kembali dingin

Terakhir tinggal mengecek keadaan AC mobil kamu apakah sudah kembali dingin atau belum. Caranya tinggal masuk kedalam mobil dan nyalakan ac dengan menutup semua pintu beserta jende kaca hingga rapat dan rasakam hembusan udara yang keluar.

Jika udara yang keluar masih kurang dingin, kamu bisa mengulangi beberapa cara diatas dengan teliti setelah mesin mobil sudah dingin.

Namun, jika semua langkah yang kita lakukan sudah benar sesuai turtorial diatas tapi ac mobil masih belum kembali dingin, bisa jadi terdapat masalah lain yang terjadi seperti kerusakan pada kompresor atau tekanan Freon sudah berkurang.

Memilih cairan pembersih evaporator ac mobil yang tepat

Diapasaran sendiri banyak terjual pembersih evaporator ac mobil hingga kamu kesulitan untuk mengetahui mana pembersih yang sesuai kebutuhan.

Oleh karena itu, untuk membantu kamu agar tidak kebingunggan memilih pembersih evaporator ac mobil, berikut akan kami berikan beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih cairan pembersih evaporator atau kondensor ac mobil. Nah berikut merupakan beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan saat pembeli cairan pembersih ac, sebagai berikut.

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah bagaimana cairan pembersih itu dikemas dan ditawarkan. Setidaknya terdapat dua jenis cairan pembersih yang kamu temui dipasaran, seperti berikut.

Semprotan Aerosol. Hal ini merujuk pada botol semprot dengan pemicu nozzle. Keduaya lebih mudah diaplikasikan, kamu harus memastikan kemudahan dan kenyamanan saat digunakan. Hal terpenting adalah desainya yang ergonomis dan dengan harga ramah dikantong.

Gallon Jugs. Seperti namanya cairan pembersih evaporator kedua ini dikemas dalam bentuk gallon baik ukuran kecil maupun besar. Jenis kedua aini lebih ekonomis dibandingan yang pertama tadi Aerosol. Namun untuk proses pengaplikasikanya sedikit lebih sulit dan tak jarang kamu perlu mencairkanya terlebih dahulu.

Faktor lain yang perlu kamu pertimbangkan adalah formula didalamnya. Plihan yang terbaik adalah biodegradable dan ramah lingkungan, komposisi ini tidak mengandung bahan kimia keras yang memicu keruskan pada komponen mobil kamu.

Sementara untuk aroma seberanya tidak menjadi pertimbangn, namum pembersih berkualitas harus bisa menghilangkan bau tak sedap di dalam ventilator.

Untuk menghindari kerusakan yang tidak kita inginkan dan menggangu sistem pendingin, cara cuci evaporator ac mobil tanpa bongkar bisa kamu terapkan secara berkala. Jika tidak ada waktu kamu bisa membawanya ke tukang servis AC dengan biaya berkisar 200 sampai 300 ribuan tergantung jenis kendaraanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas