Penyebab dan Cara Memperbaiki Kompresor AC Mobil Berisik

Penyebab dan cara mengatasi kompresor ac mobil berisik - Hallo dulur... Semua pengendara tentu menginginkan mobilnya terasa aman dan nyaman terutama saat menempuh jarak yang cukup jauh dengan jalan yang bergelombang atau rusak sekalipun. Terkadang munculnya suara-suara berisik atau ngorok yang muncul dari kap mesin memecah rasa kenyamanan dalam berkendara.

Selain dari mesin dan kaki-kaki, terkadang komponen penunjang nyamanan berkendara AC juga sering mengalami permasalahan yang ditandai dengan munculnya suara berisik atau bunyi ngorok berasal dari kompresor AC. Pengoprasian AC yang asal-asalan dan minimnya perawatan menjadi faktor kuat sistem pendingin kabin ini cepar rusak. Tak sedikit yang membiarkanya rusak karena biaya perbaiknya bia satu hingga dua jutaan jika kerusakany sudah fatal.

Pemeriksaan secara berkala dan menyeluruh perlu dilakukan untuk mencegah rusaknya kompresor ac mobil yang ditandai dengan munculnya bunyi ngorok dan mendesis yang menggangu kenyamanan berkendara. Meski suaranya ngorok  AC mobil masih mengeluarkan udara yang sejuk, namun jika tetap dibiarkan bukan tidak mungkin kerusakan malah semakin parah.

Penyebab dan cara memperbaiki kompresor ac mobil berisik

Ada sejumlah faktor yang membuat kompresor ac mobil yang tiba-tiba berisik dan ngorok. Nah sebelum memutuskan untuk perbaikan ada baiknya kamu terlebih dahulu mengetahui penyebab ac mobil berisik dan ngorok, berikut penjelasanya.

1. Fant belt tidak memutar puli dengan baik

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Fungsi fant belt pada kompresor ac adalah untuk menggerakkan dan menghubungkan komponen mobil saat dinyalakan. Penyebab ac mobil berisik saat dinyalakan juga bisa terjadi karena fant belt tidak memutar tali puli dengan sempurna sehingga menimbulkan suara mendesis. Ini disebabkan karena umur fant belt sudah tua, jadi kamu perlu memeriksa bagian karet fant belt apakah kondisinya sudah getas atau pecah-pecah. Jika memang sudah rusak kamu bisa menggantinya dengan yang baru.

2. Tersumbatnya katup ekspansi valve

Katup ekspansi valve yang tersumbat juga bisa menyebabkan ac mobil bunyi berisik, Fungsi katup ekspansi ini adalah sebagai penyalur gas Freon yang dialirkan melalui evaporator. Saat katup ekspansi valve tertutup laju gas Freon menjadi lebih cepat dan menyebabkan nyala ac terdengar bresik.

3. Suara ngorol mirip gesekan benda logam

Munculnya suara ngorok pada kompresor juga bisa terjadi karena volume oli kompresor yang kurang, piston dalam kompresor telah aus, atau bearing yang telah longgar. Pada jangka waktu tertentu, hal ini akan memberi efek samping yang cukup fatal. Jika dibiarkan terlalu lama, AC menjadi kurang dingin saat mobil melaju pada RPM rendah.

Berkendaraa saat siang hari yang panas ditambah dengan bunyi ac mobil yang berisik tentu akan menggangu kenyamanan dalam berkendara. Soo.. Segeralah melakukan perbaikan guna menghindari kerusakan lebih parah.

4. Hilangnya kompresi pada kompresor

Cara kerja atau fungsi dasar kompresor adalah menghisap refgrerant (Freon) dan memompanya menuju kondensor ac dengan tekanan yang lebih tinggi. Saat kompreso pada kompresor mulai berkurang, gejalanya adalah ac  menjadi kurang dingin saat RPM rendah, kemudian berubah menjadi dingin saat RPM tinggi.

5. Magnetic clutch bermasalah

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Penyebab kompresor ac mobil berisik dan ngorok selanjutnya adalah terjadinya kerusakan pada magnetic cluth. Fungsi komponen ini adalah menyambungkan putaran mesin dengan kompresor. Magnetic clutch yang bermasalah ini bisa terjadi karena usia pakainya yang sudah terlalu lama, kualitasnya yang tidak bagus, atau karena pemasanganya yang salah.

Jika kinerja magnetic clutch sudah lemah efeknya hambir sama, yakni saat mobil dalam kecepatan tinggi ac akan terasa lebih dingin namun menimbulkan suara berisik dan bunyi ngorok saat AC ON.

6. Menumpuknya kotoran pada evaporator

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Fungsi evaporator pada AC adalah untuk emnampung gas Freon yang sudah diproses kompresor. Gas Freon ini ditampung untuk selanjutnya akan disalaurkan ke bagian blower. Sering kali pengguna mobil melakukan kelalaian dengan membuka jendela mobil saat AC keadaan menyala. Saat kaca terbuka kotoran akan masuk kedalam kabin  sehingga menggangu kinerja evaporator dan menjadi salah satu penyebab ac mobil menjadi berisik.

7. Tekanan Freon berkurang atau habis

Fungsi Freon adalah mendinginkan suhu kabin saat ac dinyalakan. Namun jika tiba-tiba munyul suara berisik, bisa saja menandakan gas Freon pada ac mobil kamu sudah habis. Untuk mengetahuinya lebih lanjut kamu bisa membawanya ake bengel ac untuk mengecek tekananya. Karena jika dibairkan terlalu lama dan masih dioprasikan justu merusak kompresor ac.

8. Katup ekspansi valve tersumbat

Penyebab ac tiba-tiba berisik dan muncul suara ngorok berikutnya adalah tersbumbatnya komponen katup ekspansi valve.Fungsi katup ekspansi adalah untuk menyalurkan gas Freon yang dialirkan melalui evaporator. Saat katu ekspansi valve tertutup, laju gas Freon jadi semakin cepat sehingga muncul suara bising saat AC ON.

9. Kebocoran saluran AC

Penyebab terkahir ac mobil bunyi berisik selanjutnya adalah terjadinya kebocoran pada saluran AC. Ini dia yang membuat refrigerant cepat habis. Oli pada kompresor pun akan dikeluarkan sedikit demi sedikit hingga habis. Inilah yang membuat terjadinya gesekan pada piston dalam kompresor serta bola-bola di dalamnya makin kencang dan menimbulkan bunyi ngorok.

10. Kompresi di kompresor hilang

Kompresor ac mobil yang tiba-tiba bunyi menjadi salah satu penanda bahwa kompresinya sudah hilang. Artinya, kompresor yang berfungsi sebagai pemompa udaraa dari Freon ke kondensor tidak dapat bekerja dengan baik. Hal itu membuat kinerja kompresor jadi melelah. Alhasi gas yang dipompa ke kondensor ikut melemah.

Inilah yang menjadi pemicu munculnya suara berisik dari system pendingin di dalam kabin mobil. Selain suara berisik, udara yang keluar juga tidak sejuk sama sekali layaknya kipas angina. Jika usah begini segeralah membawanya ke bengkel untuk melakukan perbaikan lebih lanjut.

Cara memperbaiki kompresor ac mobil berisik dan ngorok

1. Perhatikan rembesan oli pada kompresor


Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengecek rembesan oli. Tahap ini dilakukan untuk melihatlebih jauh apakah ac mobil memang bocor atau tidak. Jika terjadi kebocoran, kamu tak perlu khawatir karena masih bisa diatasi dengan cara mengucurkan air sabun secara meraya pada titik yang mengalami kebocoran.


2. Membersihkan komponen kompresor

Langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan komponen kompresor. Biasanaya saat ac mengeluarkan suara berisik kemungkinan besar bearing bamboo berkarat. Bearing bamboo yang berkarat bisa kamu bersihkan dengan cara mengaplasnya dan menyemprotkan cairan anti karat. Jika sudah bersih kamu bisa memasukan oli ke dalam kompresor.

3. Mengganti komponen kompresor

Penggantian komponen kompresor bisa kamu lakukan jika memang sudah tidak berfungsi dengan baik. Apalagi jika memang usia kompresor sudah terlalu tua, sehingga perlu diganti untuk melakukan pembaharuan, sehingga suara berisik tidak muncul kembali.

4. Mengganti kompresor AC

Jika memang sudah tidak bisa diperbaiki, langkah terkahir adalah dengan mengganti kompresor itu sendiri. Pilihlah kompresor yang memang sesuai dengan tipe dan jenis kendaraan kamu, tak sedikit diluar sana yang main asal beli kompresor, alhasil saat dipasang tidak berfungsi dengan baik saat memompa gas Freon.

Nah temen-temen demikianlah beberapa penyebab dan cara memperbaiki kompresor ac mobil bunyi berisik dan ngorok yang perlu kamu ketahui. Komponen pendingin memang perlu dirawat dengan baik sehingga berkendara akan semakin nyaman tanpa khawatir kepanasan. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas