Jenis dan Ciri Spray Gun Yang Bagus Untuk Clear Coat

Jenis dan ciri spray gun yang bagus untuk clear coat - Hallo dulur... Untuk menghasilkan pengecatan yang halus dan mengkilap tentu bukan perkara gampang, dibutuhkan trik khusus serta pemakian bahan juga menjadi penentu hasil cat setelah kering. Tak sedikit yang mengeluhkan setelah dibawa kebengkel selang beberapa bulan cat berubah pucat atau kusam.

Beberapa problem tadi bisa terjadi jika proses pengecatan dilakukan asal-asalan dengan menggunakan bahan pengecatan yang tidak berkualitas. 

Bahan untuk mengecat sendiri terdapat dua jenis yakni NC Nitro chelolose dan PU Poly Urethane, kedua bahan tersebut sama-sama bisa dipakai buat mengecat mobil dan motor. Hanya saja jenis PU Poly Urethane kualitas lebih unggul ketimpang NC atau biasa.

Selain dari bahan peralatan untuk mengecat juga perlu dipertimbangkan terutama penggunaan spray gun. Spray gun merupakan alat yang dipakai buat mengecat atau mengantomisasi cat dari cair kemudian dikabutkan sehingga penggunaanya sangat berpengarus dengan hasil catnya. 

Ciri spray gun yang bagus untuk clear coat


Clear coat merupakan tahap terakhir dalam proses pengecatan. Penggunaan clear coat berkualitas disini sangat penting, sehingga hasil cat bertahan dalam jangka yang lama dan tetap glossy meski sering terpapar panas matahari.


Penggunaan spray gun disini menjadi penentu halus tidaknya hasil pengecatan, jadi dibutuhkan spray gun yang bagus dengan didukung perbandingan clear, hardener dan thinner yang sesuai.

Spray gun cat atau clear coat ada dua jenis yakni spraygun tabung atas dan bawah, keduanya meliliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu katahui. Namun umunya banyak yang pakai jenis tabung atas karena lebih praktis dan mudahnya proses pengaplikasianya.

Nah berikut adalah ciri ciri spray gun yang bagus untuk proses clear coat sebagai berikuti.

Sebetulnya merk disini tidak bisa menjadi penentu masbro, alat teknik sama halnya dengan elektronik dimana terkadang merk berkualitas dengan harga mahal terkadang malah cepat rusak dan yang kualitaas biaya terkadang ada yang bertahan dalam jangka yang lama.

Jadi selain merk, pilihlah spray gun yang mampu menghasilkan semburan cat yang keluar dari nozzel lebih halus, rata dan tidak pecah tengah. Alangkah baiknya sebelum dibeli kamu bisa mencobanya terlebih dahulu, pastikan semua setelan yang ada pada spray gun berfungsi dengan baik. Setelan baut paling bawah dipakai untuk menyetel tekanan angin yang keluar, setelan tengah dipakai buat mengatur jumlah cat yang keluar dan setelan paling atas buat mengatur lebar kecilnya sembuaran cat yaang keluar dari lubang nozzel.


Selanjutnya cek semua lubang nozzelnya, pastikan semua posisi lubang sejajar dan presisi. Miring sedikit saya sangat berpengaruh dengan samburan cat yang keluar. Nozzel menjadi titik vital pada spray gun jika miring semburan cat yang keluar juga akan miring dan kurang rata, jadi jika dipakai buat ngecat hasilnya kurang maksimal baik buat tahap cat ataau clear coat. Ini berlaku buat semua jenis dan ukuran spray gun ya masbro.

Terakhir adalah mengecek semua sisi spray gun dan pastikan tidak ada kebocoran saat dipakai buat ngecat, kebocoran ini bisa terjadi jika seal didalamnya pemasanganya kurang pas jadi cat merembes keluar. Jadi penting untuk mencobanya terlebih dahulu dan jangan berpatokan karena merk bagus dan harganya mahal.

Cara Merawat spray gun agar awet dan tidak buntu

Perawatan penting kamu lakukan agar spray gun bisa dipakai dalam jangka yang lama. Jika sudah rusak secara tidak langsung cat yang keluar kurang rata, becah tengah dan semburanya tidak bisa lebar. Ini disebabkan banyaknya endapan residu cat didalamnya sehingga membuat cat dan angin yang keluar tersendat.


Nah agar tidak buntu, setelah digunakan spray gun wajib dicuci dengan thiner (semua thinner bisa). Cuci semua bagian spray gun termasuk nozzel dan tabung cup cat menggunakan sikat, pastikan semua lubang nozzel tidak buntu dan tidak ada endapan cat yang tertinggal pada tabung cat. Agar mudah dibersihkan kamu bisa mencopot nozzelnya dan rendam dengan thinner kemudian sikat beberapa kali hingga bersih. Bersihkan juga bagian dalam spray gun hingga tidak ada sisa cat didalamnya.

Nah temen-temen demikianlah informasi keriteria atau ciri spray gun yang bagus untuk clear coat cat mobil dan motor yang bisa kamu pilih. Ada baiknya penggunaan spraygun buat pernis disendirikan, sehingga kondisinya steril saat digunakan. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas