8 Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC Yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan kekurangan plafon PCV - Kondisi rumah yang senantiasa bersih secara tidak langsung akan membuat hunian nyaman ditinggali serta serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Agar Hunian semakin nyaman kita bisa mempercatiknya dengan memasang wallaper atau mengecatnya dengan warna yang kita sukai.

Selain mengecatnya kamu juga bisa memasang plafon agar ruang interior kamu semakin cantik. Tidak hanya sebagai hiasan, plafon juga bisa melindungi ruangan kita dari kotoran atau serangga kecil yang jatuh dari atap serta rembesan air saat hujan.

Salah satu jenis plafon yang saat ini tengah diminati masyarakat kita adalah plafon PCV yang terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride.  Dibanding jenis lainya bahan PVC diketahui memiliki bahan yang kuat dengan bobot ringan sehingga bisa memangkas biaya membuat kerangka plafon dengan banyak modif dan desain dan memiliki permukaana yang mengkilap.

Kelebihan dan kekurangan plafon PVC untuk rumah minimalis

 1. Banyak beragam desain dan elegan

Kelebihan plafon pvc pertama adalah banyaknya desain/atau motif yang beragam sehingga menambah rungan terkesan elegan. Beberapa orang mengakui dengan menggunakan plafon jenis pvc membuat hunian terkesan mewah. Dengan catatatan pemasangan dilakukan oleh ahlinya.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

2. Desain dapat disesuaikan dengan bentuk ruangan

Kamu juga bisa memilih motif plafon yang disesuaikan dengan desain ruangan agar terlihat lebih elegan. Terdapat pula motif animasi yang cocok buat ruangan/kamar anak serta corak menarik  lainya yang bisa kamu pasang diruang tamu.

 3. Tahan lama dan anti bocor

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Keunggulan plafon pvc lainya adalah tahan tahan air dan anti bocor. Hal ini dikarenakan terbuat dari matrial PVC sejenis plastik sehingga lebih kuat dan tidak mudah pecah sehingga meminimalisir kebocoran yang terjadi pada atap rumah.

4. Tidak mudah rusak atau pecah

Dibandingkan jenis lainya plafon pvc tidak mudah rusak, pecah atau mengalami gangguan lainya. Jika ada kerusakan pun, bisa langsung diperbaiki dengan biaya yang lebih minim.

5. Anti rayap

Karena terbuat dari matrial pvc yang cukup tebal, plafon ini memiliki kelebihan anti rayap dan anti jamur. Sehingga tidak menjadi masalah memasang jenis plafon ini di ruangan yang lembab dengan kadara air tinggi sekalipun.

6. Harga lebih terjangkau

Selain pemasangan yang lebih cepat, harga plafon pvc diklaim lebih murah dibandingkan jenis plafon lainya. Sehingga bisa menjadi salah satu alternatif jika kamu ingin memasang plafon dengan anggaran yang terbatas.

Kekurangan menggunakan plafon pvc untuk atap rumah

Setelah mengetahui beberapa keunggulan menggunakan plafon pvc untuk rumah minimalis, kini saatnya kamu mengetahui apa saja kekurangan plafon bahan pvc ini yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum memasangnya.

1. Muncul bau menyengat setelah dipasang

Beda dengan gypsum yang menggunakan paku, plafon pvc memakai lem sealer sebagai perekat plafon satu dengan lainya. Sehingga setelah proses pemasangan selesai akan mengeluarkan bau menyengat dari lem sealer tersebut, namun setelah lem mengering beberapa hari bau tersebut akan hilang.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

2. Mudah terbakar

Karena terbuat dari matrial pvc sejenis plastik plafon ini mudah sekali terbakar. Ini jelas beda dengan plafon dari gypsun dan kalsiboard yang anti api.

3. Tidak bisa dicat

Karena sudah memiliki motif/desain yang sifatnya permanen plafon pvc ini tidak bisa dicat. Sehingga saat timbul rasa bosan atau pengen warna lainya jalan satu-satunya adalah menggantinya dengan yang baru.

4. Pemasangan perlu dilakukan ahlinya

Jika proses pemasangan dilakukan tanpa perhitungan dan kurang hati-hati maka sambungan pvc akan terlihat sehingga akan terpasang kurang menarik/rapi. Tampilan plastik akan langsung terlihat dalam ruangan sehingga terkesan murahan.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan plafon pvc yang bisa kamu jadi bahan pertimbangan mana yang terbaut buat rumah kamu. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas