Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Mendengung

Penyebab pengering mesin cuci tidak berputar hanya mendengung - Keberadaan mesin cuci tentu membantu pekerjaan rumah tangga salah satunya adalah kegiatan cuci mencuci. Dengan menggunakan mesin tangan bunda tidak lagi capek mengucek dan proses pencucian bisa ditinggal sehingga bisa mengerjakan pekerjaan lainya, jadi lebih efisien waktu.

Dipasaran mesin pencuci pakian ini terdapat dua pilihan yakni 1 lubang dan 2 lubang. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun yang paling umum dipakai masyarakat adalah tipe 2 tabung karena lebih murah dan saat rusak bisa diperbaiki sendiri.

Beberapa kerasakan yang kerap terjadi pada mesin cuci 1 tabung diantaranya mengering mesin cuci tidak bisa berputar atau membuangan air bekas cucian mampet. Kerasakan tersebut bisa kita atasi sendiri dengan mengganti komponen yang telah aus/rusak.

Penyebab pengering mesin cuci tidak berputar hanya mendengung

Ya.. Sering lamanya pemakian bukan tidak mungkin mesin cuci mengalami beberapa permasalahan seperti pengering mesin cuxi tidak berputar dan hanya mendengung. Jika mesin pengering tidak bekerja tentu ini bisa menganggu proses pencucian. 

Lantas apa yang menyebabkan pengering mesin cuci ini tidak bekerja ? Berikut penjelasanya.

Tali rem pengering mesin cuci putus

Saat tali rem pengering putus maka pengering akan bergenti berputar. Sementara fungsi rem pengering ini adalah menjaga dinamo pengering yang berbutar agar berhenti secara otomatis saat pintu atau tutup pengering terbuka. 

Jadi saat tali rem pengering mesin cuci ini putus, maka dinamo akan terus mengerem, sehingga pengering mesin cuci tidak bisa berputar segabaimana mestinya saat proses pengeringan.

Timer pengering rusak

Rusaknya pengatur waktu atau timer juga tidak bisa membuat mesin pengering tidak bisa diputar pada waktunya. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh komponen timer yang telah aus/rusak akibat faktor cuaca atau gangguan hama seperti gigitan tikus.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Maka untuk memperbaikinya kamu perlu menggantin timer dengan yang baru. Pastikan timer yang kamu beli sesuaai dengan mesin cuci kamu.

Dinamo pengering rusak

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Penyebab pengering mesin cuci tidak berputar hanya mendengung berikutnya juga bisa dikarenakan rusaknya dinami mesin cuci. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh lilitan dinamo yang putus atau aus akibat faktor usia, sehingga pengering tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Kapasitor mesin terbakar

Kapasitor yang terbakar bisa disebabkan karena intensitas pemakian yang terlalu tinggi, sehingga membuat kinerja kapasitor semakin melemah dan rentan terbakar. 

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Terbakarnya kapasitor ditandai timbulnya dengungan mesin saat dinyalakan meski pengering tidak bergerak.

Beban cucian terlalu banyak

Penyebab terkahir adalah beban cucian yang dikeringkan terlalu banyak sehingga membuat kinerja mesin pengering terlalu berat untuk berputar atau malah tidak bergerak dan hanya mendengung.

Jika volume cucian terlalu banyak ada baiknya untuk mengeringkanya menjadi dua tahap, secara tidak langsung ini akan memperpanjang masa pakainya.

Nah demikianlah beberapa faktor penyebab pengering mesin cuci tidak berputara hanya mendengung yang bisa kamu teliti secara langsung untuk mengetahui penyebabnya. Baik tipe 1 atau 2 tabung jika digunakan secara bijak sesuai kapasitas mesin tentu membuatnya lebih awet. Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas