Kelebihan dan Kekurangan Lampu Led Motor Dengan Halogen

Kelebihan dan kekurangan lampu led motor dengan halogen - Hallo dulur... Keberadaan bohlamp lampu pada kendaraan tentu memudahkan kita berkendara saat malam hari. Motor dan mobil keluaran terbaru saat ini rata-rata sudah menggunakan LED sebagai lampu utamanya. Dibandingkan bohlam biasa lampu berwarna putih kebiruan ini memiliki beberapa keunggulan dibandingan yang biasa, meski begitu ada pula beberapa kelemahanya.

Lampu Led merupakan bohlamp lampu yang terdiri dari susunan pancaran diodle. Terbuat dari matrial semikonduktor dan masih sejenis dengan dioda. Baik high beam atau high low beam pada kendaraan motor, memakai lampu LED jenis ini.

Perbedaan paling mendasar dari lampu LED adalah cahaya yang dihasilkan berwarna putih terang. sementara bohlam biasa warnanya cenderung kuning dan kurang terang saat malam hari. Ini merupakan alasan mendasar banyak motor lawas menggantinya dengan LED.

Lantas apa kelebihan dan kekurangan lampu led motor dengan bohlam biasa ? Nah berikut beberapa penjelasan sesuai fakta baiker dilapangan.

Kelebihan lampu LED

Lebih hemat

Kelebihan pertama adalah penggunaan lampu led lebih hemat karena tidak membutuhkan banyak perawatan. Pemilik kendaraan hanya perlu servis rutin untuk mengecek kondisi bohlam.

Lebih terang dan fokus

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Dibandingkan bohlam biasa, cahaya yang dihasilkan lampu led dapat menyorot jauh ke arah jalan. Penyebabnya adalah adanya arus DC atau direct current yang dihasilkan lampu lebih stabil. Sangat berbeda dengan lampu berarus AC yang cenderung lebih boros listrik dan tingkat terangnya sinar tergantung putaran mesin.

Meski terang dan lebih fakus, cahaya yang dihasilkan lampu led tidak panas seperti bohlam biasa. Jadi tidak membuat mika reflektor menguning dan rusak karena kepanasan.

Hemat energi

Meski sinar yang dihasilkan begitu terang, nyatanya daya yang digunakan untuk menyalakan lampu led tidaklah terlalu besar sehingga lebih efisien. Contoh misal, lampu LED hanya perlu 11-14 volt saja yang bisa menyala selama 20 ribu jam.

Berbeda dengan bolam biasa warna kuning yang memerlukan daya sebesar 35 watt untuk mneylakan lampu selama 5000 jam. Perbandingan yang sangatlah jauh jika menginginkan hermat energy.

Saat lampu LED menyala secara tidak tidak langsung memperlihatkan kesan elegan pada kendaraan. Tak heran jika motor dan mobil keluaran terbaru menggunakan tipe lampu LED.

Tahan guncangan

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Kelebihan lampu LED lainya adalah memiliki ketahanan yang prima dan tahan dari goncangan. sebagai komponen dari elektronik solid state, bohlam led lebih tahan goncangan saat motor melewati jalan rusak.

Soal fokus, lampu led jelas lebih unggul dibandingkan bohlam biasa. Sehingga saat berkendara dimalam hari objek didepan kita akan tampak realistis.

Tidak mudah putus

Keunggulan lain dari lampu LED ini adalah masa pakaianya lebih lama. Ini karena daya yang dibutuhnkan untuk menyelakan bohlam led cenderung kecil sehingga suhu lampu tidak panas meski terus menyala. Jadi kamu tidak perlu gonda-ganti bohlam berapa tahun kedapan. 

Beda dengan bohlam biasa yang sering gonta-ganti. Ini terjadi lantaran suhunya lebih panas saat dinyalakan terus menerus, panas inilah yang menyebabkan bohlam cepat putus. 

Kekurangan lampu LED pada motor

Dari semua kelebihan tersebut, nyatanya lampu LED memeliki beberapa kelemahan yang patut jadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakanya.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Bikin silau pengendara lain

Lampu LED yang begitu terang dan lebih fokus, saat malam hari membuat pengendara lain yang berlawanan arah pendanganya terganggu karena silau. Agar tidak menganggu pandangan pengendara lain, pastikan pemasangan bohlam tidak mendongkak. 

Harga lebih mahal

Dengan beberapa keunggulan tersebut membuat harga bohlam LED lebih mahal ketimbang yang biasa. Harga yang mahal sebanding dengan kualitas yang diberikan, jadi siapkan budget lebih jika ingin menggunakanya.

Sulit menembus kabut & hujan

Meski pencahayaanya begitu terang, nyatanya lampu LED sulit untuk menembus kabut. Bahkan anda menggunakan lampu led berkualitas bawaan pabrik sekalipun. Fokus pencahayaan lampu led memang akan hilang dan anda akan kesulitan melihat jarak pandang satu meter kedepan. 

Saat terjadi hujan lamu led juga tidak bisa menembusnya, sehingga menggangu jarak pandang anda saat jalanan dipenuhi air hujan terutama saat malam hari.

Sulit dideteksi bila waktunya sudah ganti

 Saat terjadi kerusakan lampu LED cukup sulit dideteksi jika sebentar lagi akan mati. Penggantianya pun juga tidak bisa sembarangan, karena ada beberapa tipe lampu led yang perlu disesuaikan dengan sistem kelistrikan kendaraan anda.

Jenis-jenis lampu LED

Sebagai informasi tambahan, ada beberapa jenis lampu LED yang penggunaanya perlu kamu perhatikan. Jenis pertama adalah lempu LED COB dengan bentuk bohlam yang pipih dan memberi pencahayaan yang menyebar tidak pekat. Jinis LED ini merupakan yang paling murah.

Kedua, lampu LED Luxeon yang berbentuk angel eyes. Jenis ini memiliki tingkat fokus yang lebih baik namum belum bisa memancarkan cahaya yang terlalu jauh. 

Ketiga, merupakan jenis LED Cree yang membutuhkan daya listrik kecil namun cahaya yang dihasilkan paling bagus dari kedua jenis tadi. Lebih fokus dan memancarkan sinar yang jauh.

Nah temen-temen, itulah beberapa sedikit kelebihan dan kekurangan lampu LED motor dengan holagen yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakanya.  Pencahayaan yang terang tentu akan membantu kamu berkendara dimalam hari. Sekian, dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas