Cara Membuka Kunci Motor Magnet Hilang Tanpa Bongkar

Cara membuka kunci motor magnet hilang tanpa bongkar - Hallo dulur... Untuk menghindari tindak kriminalitas curanmor saat ini motor sudah banyak menggunakan fitur kontak anti maling sehingga pemilik motor tak perlu khawatir saat meninggalkanya. Beberapa fitur keamanan tersebut adalah smart key atauu keyless dan sudah dilengkai alarm layaknya mobil.

Selain teknologi smart keyless pada ujung kunci motor juga terdapat magnet yang berfungsi untuk membuka dan menutup rumah kunci agar terhindar dari curanmor.

Seiring penggunaanya lama kelamaan magnet pada ujung kunci ini akan hancur atau ada beberapa yang hilang sehingga mempersulit untuk menutup dan membuka rumah kunci. Tak sedikit emak-emak yang kebingunan saat rumah kunci yang sudah tertutup tidak bisa dibuka kembali.

Permasalahan ini tidak menjadi masalah serius jika kita memiliki kunci cadangan, namun bagaimana jika kita tidak memiliki kunci cadangan atau sedang ditempat yang jauh dan tidak memungkinkan untuk mengambilnya. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan memberi sedikit tips cara membuka kunci motor yang tertutup tanpa bongkar.

Cara membuka kunci motor magnet hilang tanpa bongkar

Setelah kita membahas beberapa penyebab rumah kunci rusak dan sulit dibuka, ada kemungkinan juga jika magnet yang tertanam pada ujung kunci rusak. Jika hal ini terjadi anda tak perlu khawatir karena kita akan membahas masalah tersebut agar rumah kunci dapat dibuka dengan aman tanpa merusaknya. Berikut penjelasanya.

1. Memangkas ujung kunci SKS secure key shutter

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Apabila rumah kunci motor yang tidak bisa dibuka disebabkan magnet rusak, solusi terbaiknya adalah memotong ujung kunci kontak. Dengan menggunakan kertas gosok, kemudian gosokan kunci dengan lembut. 

Kemudian potong ujung kunci beberapa milimeter lebih pendak dari ukuran sebelumnya. Untuk melakukan hal ini disarankan pemasangan kontak dijaga maksimal 0.1 milimeter. Selain itu ujung potongan kontak potongan kontak harus segera ditutup dengan lem dan sejenisnya.

Hal ini bertujuan untuk menjaga agar kunci SKS secure key shutter tidak lepas begitu saja. Setelah dipotong, pengguaan kontak bisa dilakukan setelah lem kering keras dan menempel dengan baik pada ujung kontak.

2. Mengganti magnet dengan yang baru

Opsi lainya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti magnet yang rusak. Jika ujung kunci sering dipakai buat mutar dan nutup rumah kunci maka fungsinya akan menurun, bahkan ada beberapa magnet yang terlepas. Sehingga agar dapat dipakai kembali kamu perlu mengganti magnet tersebut.

3. Mengganti seperangkat SKS secure key shutter

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Cara lain untuk membuka kunci motor magnet hilang tanpa bongkar adalah dengan mengganti seperangkat sistem kunci. Langkah ini dilakukan untuk semakin menambah keamanan pada motor terutama saat ditingal pemiliknya. Keamanan kendaraan bermotor tidak bisa dianggap remeh, terlebih diera seperti ini yang marak kejahatan curanmor.

Cara yang paling aman untuk mengatasi masalah ini adalah menyerahkanya pada ahli kunci langsung untuk perbaikanya. Pasanya saat mengutak-atik sendiri dan tidak tahu jalurnya tentu sangat beresiko dan menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Permasalahan kunci motor yang tertutup dan tidak bisa dibuka kembali tak hanya disebabkan kerusakan pada magnet saja. Pasalnya, masih banyak masalah lain yang menyebabkan kunci motor sks tidak bisa dioprasikan kembali. Salah satunya adalah kunci yang macet dan tidak bisa dibuka.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Cara membuka kunci motor yang tidak bisa diputar

1. Menekan dan memutarnya

Jika tiba-tiba kunci macet dan tidak bisa diputar cara mengatasinya adalah dengan menekan kunci dan memutarnya ke kiri atau ke kanan. Hal ini dilakukan untuk mencari celah agar kunci dapat bergerak memutar. Saat melakukan hal ini disarankan untuk memutar dengan kuat beberapa kali dan mengoyang-goyangkan motor.

2. Semprotkan cairan anti karat/pelumas

Kunci motor yang tiba-tiba macet dan tidak bisa diputar bisa disebabkan tumpukan kotoran dan kerak didalam lubang rumah kunci. Jika hal ini terjadi kamu bisa menyemprotkan cairan pembersih karat pada lubang kunci secukupnya agar kerak didalamnya rontok.

Kamu juga bisa pakai pelumas, tuangkan sedikit pelumas pada ujung kunci kemudian masukan ke rumah kunci dan cobalah untuk menekan dan memutarnya berulang kali. Lakukan beberapa kali agar pelumas merusak ke dalam.

3. Ujung kunci bengkok

Jika kunci mendadat tidak bisa diputar, cobalah untuk memperhatikan ujung kunci. Letakan kunci ditepat yang datar kemudian perhatikan dengan teliti apakah ujung kunci ada yang bengkok. Apabila kunci memang bengkok cobalah untuk meluruskanya kembali secara perlahan dengan palu. Jika tidak mau ambil resiko serahkan pada tukang kunci untuk perbaikanya.

Nah temen-temen demikianlah beberapa cara membuka kunci motor magnet hilang tanpa bongkar yang bisa kamu coba satu persatu. Salah satu fitur keamanan pada kendaraan ini memang harus berfungsi dengan baik agar terhindar dari tindak kejatahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas