Penyebab Cat Semprot Pilox Mengelupas dan pecah

Penyebab cat semprot mengelupas dan pecah – Hallo dulur.. Proses pengecatan ulang bertujuan untuk mengkilapkan kemali body motor dan mobil yang kusam atau sedar ingin ganti warna untuk kebutuhan modifikasi. Proses repair bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, namun untuk kendaraan umunya memakai pilox atau cat kompresor.

Penggunaan cat semprot pilox banyak dipilih untuk mengecat ulang body motor karena lebih praktis tanpa perlu mencampurnya dengan thinner tanpa perlu spray gun dan kompresor. Tinggal kocok-kocok beberapa detik kemudian aplikasikan pada objek yang akan diwarnai.

Meski terlihat gampang, untuk mendapatkan hasi cat yang mengkilap dan tidak mengelupas bukan perkara gampang. Tak sedikit yang mengeluhkan hasil pengecatan menggunakan pilox mengelupas dan pecah pecah sehingga mengurangi nilai estetika sebuah kendaraan.

Penyebab cat semprot pilox mengelupas dan pecah

Selain kualitas bahan yang dipakai proses pengecatan dari awal hingga akhir juga bisa menjadi penyebab cat pilox ini tidak bertahan dalam jangka yang lama.

Kualitas bahan

Seperti yang sudah kami singgung tadi kualitas bahan yang kita pakai tentu memberi dampak besar pada hasil akhir pengecatan nanti. Dipasaran sendiri sebetulnya banyak sekali merk cat pilox berkualitas yang bisa kamu pilih buat pengecatan ulang body motor.

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner

Proses pengaplikasian

Selain bahan berkualitas proses pengaplikasikan dari awal hingga akhir juga menjadi menentu hasil pengecatan kita nanti. Percumakan sudah pakai merk cat pilox yang bagus tapi cara menggunakanya asal-asalan. 

Nah, berikut adalah urutan cara menggunakan cat semprot pilox agar tidak mengelupas dan pecah :

Tahap pertama,

Tahap awal sebelum pengecatan adalah mengamplas terlebih dahulu objek yang akan dicat ulang, untuk amplas bisa pakai ukuran 600 hingga halus kemudian cuci dengan sabun untuk menghilangkan minyak dan oli yang bisa menyebabkan cat tidak menempel.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Apakah tahap epoxy perlu dilakukan ? Begini, jika cat lama yang akan kita timpa kembali kondisinya masih cat ori pabrik tanpa perlu lapisan epoxy masih aman jika langsung dicat ulang. Jika kondisi cat lama sudah rusak atau pernah dicat ulang alangkah biaknya untuk memberi lapisan poxy.

Proses pendempulan bisa kamu lakukan untuk mertakan body motor yang lecet, penyok dan pecah. Kemudian amplas dempul dan lapisi dengan epoxy filler

Tahap kedua,

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Jika objek tersebut dilapisi epoxy tunggu kering terlebih dahulu. Setelah kering keras kita bisa mengamplasnya hingga permukaan epoxy benar-benar halus. Untuk amplas poxy kita pakai ukuran 600 kemudian keringkan untuk naik tahap pengecatan

Tahap ketiga,

Proses selanjutnya adalah pelapisan cat dasar tiga sampai 4 lapis hingga epoxy atau cat lama tertutup rata. Lakukan pengecatan dengan memberi jeda disetiap lapisnya untuk menghindari cat keriting dan meleleh.

Selanjutnya keringkan cat dasar, setelah kering keras tidak bisa mengamplasnya hingga halus dengan ukuran amplas 1500. Pengamplasn disini sangat penting ya masbro, selain membuatnya menemepel sempurna tidak cepat mengelupas juga membuat hasil pengecatan nanti tidak bertekstur kulit jeruk.

Tahap keempat,

Proses berikutnya adalah pengecatan cat inti, sama halnya dengan cat dasar aplikasian tiga hingga empat lapis hingga cat merata kesemua sisi-sisi dan memberi jeda disetiap lapisnya. Pastikan tidak ada bagian yang tidak terkena cat karena ini merupakan tahap akhir cari pengaplikasikan cat sebelum naik ke step berikutnya.

Tahap kelima,

Tahap terakhir adalah melapisinya dengan clear coat. Selain membuatnya mengkilap menggunakan clear coat juga mampu melindungi cat dari paparan panas matahari sekaligus sebagai lapisan anti gores. Sehingga cat akan lebih awet dan tidak pudar meski sering kepanasan.

Proses clear coat bisa kita lakukan sebanyak 2 hingga 3 lapis, aplikasikan hingga rata menutupi seluruh permukaan cat dengan memberi jeda disetiap lapisanya. 

Setelah kering keras kita bisa mempolesnya dengan kompon putih untuk menghaluskan permukaan cat baru sekaligus mengkilapnya.

Jika lima urutan mengecat ini dilakukan dengan benar, meski hanya cat pilox tentu hasil pengecatan akan lebih awet dan tak kalah dengan cat komproses. Pekerjaan mengecat memang butuh kesabaran dan beberapa bahan pendukung, tak heran biaya pengecatan dibengkel harga yang ditawarkan cukup mahal.

Nah temen diatas merupakan beberapa penyebab cat semprot pilox mengelupas dan pecah saat terpapar panas matahari. Agar pekerjaan panjang ini tidak sia-sia pastian disetiap steep pengecatan dilakukan dengan benar sehingga menghasilkan kualitas repair yang kita harapkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas