Penyebab Bunyi Tak Tak Pada Roda Depan Mobil Saat Belok

Penyebab bunyi tak tak pada roda depan mobil saat belok - Hallo dulur... Perilaku menyetir yang suka ugal-ugalan tentu sangatlah berbahaya bagi kita dan orang lainya. Namun tidak cukup sampai disitu, mengemudi yang ngawur juga membuat mobil cepat rusak terutama pada komponen kaki-kaki. akibat sering melibas jalanan yang rusak dan berlubang tanpa menghindarinya.

Munculnya bunyi tek tek saat belok atau setir terasa bergetar merupakan sinyal terjadinya masalah pada kaki-kaki kendaraan tersebut. Kaki-kaki mobil terdiri dari beberapa komponen diantaranya Long tie rod tie rod end, ball join, Cv join, joint stabilizer atau bush stabilizer dan support shock atau bush pada lower arm dan lower arm itu sendiri.

Jika salah satu komponen kaki-kaki tadi bermasalah tentu membuat mobil kurang nyaman dikendarai terutama saat melewati jalan yang rusak dan berlubang. Jika tidak segera diganti atau diperbaiki justru kerusakan akan merambat ke komponen lain yang seharusnya tidak perlu diganti. Tentu ini akan membuat biaya perbaikan semakin membengkak.

Penyebab bunyi tak tak pada roda depan mobil saat belok

Roda depan mobil bunyi saat belok kerap detemui pada kendaraan atau mobil yang menggunakan sistem pengerak depan seperti jenis sedan dan lainya. Bunyi tersebut disebabkan oleh drive shaft atau sering disebut AS roda depan tepatnya CV Join Constant Velocity Joint yang sudah aus/rusak. 

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Saat rusak CV Joint akan mengeluarkan bunyi yang suaranya bervariasi, mulai bunyi pelan/keras yang sangat jelas terdengar saat posisi setir ban belok ke kanan dan ke kiri bunyi tak tak tak baik saat mobikl bergerak maju atau mundur tergantung tingkat kerusakanya.

Terkadang bunyi kerusakan pada CV Joint terdengar saat mobil lewat tanjakan ini pun tergantung dari tingkat kerusakan cv joint atau as kopel, outhershaft dan sebutan lainya.

Gejala atau tanda tanda CV Joint rusak

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Untuk mendeteksi kerusakan pada cv joint selain bunyi saat roda belok kanan/kiri saat kendaraan berhenti adalah ketika roda belok pada kecepatan tinggi setir akan terasa membuang keluar atau mobil menyadat setiap kali melepas pedal kopling atau mobil terasa tertahan saat lepas kopling.

Penyebab CV Joint mobil cepat rusak

Rusaknya cv joint yang lebih cepat banyak disebabkan hal sepele yakni sobeknya karet boot cv joint. Kondisi karet yang sobek membuat pelumas didalamnya cepat keluar saat saat roda tengah berputar. Lama kelamaan cv joint akan kering dan menyebabkan karat sehingga membuat cv joint mengeluarkan bunyi saat belok.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

                    

Karet bot cv joint yang sobek juga membuat air dan kotoran rentan masuk, jika tidak ada tindakan untuk mengganti karet yang sobek tentu membuat komponen vital pada mobil pengerak depan ini cepat rusak.

Penyebab lainya adalah faktor usia atau waktu menggantinya dengan cv joint kualitas dibawah standar. Sehingga tak jarang yang mengeluhkan baru diganti tapi cv joint sudah bunyi kembali.

Sebenarnya kerusakan pada cv joint bisa kita tunda jika kita rajin mengeceknya dan tidak berkendara secara ngawur. Jika karet boot cv joint sudah muncul retakan ada baiknya untuk segara diganti baik untuk karet cv luar dan dalam. Saat karet diganti kamu bisa menambahkan pelumas/gerease pada cv join agar lebih awet.

Jadi, penyebab bunyi tak tak pada roda depan mobil saat belok adalah tanda terjadinya kerusakan pada cv joint. Pastikan untuk segera diganti agar berkendara semakin aman dan nyaman, jika ambrol dijalan mau tidak mau mobil perlu di derek untuk menariknya ke bengkel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas