Penyebab dan Ciri Ciri Rack Steering Rusak Yang Perlu Kami Ketahui

Agar aman dan nyaman dikendarai kaki kaki mobil merupakan salah satu bagian terpenting yang keberadanya perlu diperhatikan. Perilaku nyetir yang 'ngawur' sering lewati jalan rusak dengan kecepatan tinggi bisa mempercepat kerusakan pada komponen kaki-kaki termasuk rack steer yang fungsinya langsung terhubung dengan setir kemudi.

Fungsi utama dari rack steer adalah sebagai penghubung antara setir kemudi dengan roda depan serta semua semua suspensi/komponen yang kerkaitanya dengan kaki-kaki mobil. Memiliki peran yang sangat besar dan berdampak langsung dengan kinerja power steering.

Komponen ini gampang sekali rusak yang gejala atau tanda-tanda kerusaknya bisa terdeteksi sejak dini. Lantas apa sajakah ciri ciri dan penyebab kerusaknya ?

Ciri ciri rack steering rusak yang perlu kamu ketahui 

Kerusakan yang terjadi pada komponen rack steer berdamak langsung dengan kaki-kaki mobil dan menimbulkan katidak nyamann dalam berkendara. Selain menimbulkan suara glodakan saat melewati jalan rusak juga membuat membuat setir sulit dikendalika atau terasa berat saat dibelokan.

Setir yang sulit dikendalikan mempermudah terjadinya kecelakaan. Kerusakan yang dibiarkan terus menerus juga tidak baik, karna kerusakan dapat merambat ke komponen lain sehingga biaya perbaikan justru semakin mahal.

Nyatanya, rack steer merupakan komponen kaki-kaki mobil yang cukup mahal dan sulit diperbaiki saat rusak. Untuk menggantinya kamu perlu budget lebih, kalau pun bisa diperbaiki tidak bertahan dalam jangka yang lama.

Oleh karena itu penting memperhatikan gejala atau ciri ciri rack steer rusak. Berikut akan kami bantu cara mendetsinya

1. Steer terasa bergetar

Ciri ciri pertama yang sangat jelas teras adalah setir terasa bergetar dan sulit dikendalikan pada kecepatan tinggi dan terasa berat saat dibelokan ke kanan atau kekiri sehingga menuver untuk berbelok terganggu. 

Penyebab steer terasa bergetar dan sulit dikendalika adalah karena rack steer yang sudah aus. Jika dibiarkan kerusakan tentu akan semakin parah dan menambah biaya perbaikan.

2. Munculnya suara mendecit pada roda depan

Baca juga 10 Jenis-jenis Kit Untuk Mengkilapkan Mobil dan Kegunaanya

Suara atau bunyi juga bisa menjadi cara mengecek kerusakan pada rack steer, khususnya suara yang muncul dari roda depan. Munculnya suara lebih kea rah memekik atau mendengung ketika mobil melaju di kecepatan rendah.

Munculnya bunyi mendengung disebabkan bushing pada rack steer yang sudah robek sehingga kotoran dan air akan mudah masuk. Selanjutnya suara akan muncul dan cenderung berisik di sisi roda depan.

Jika suara ini muncul pada kendaraan kamu, adabaiknya untuk melakukan pengecekan di bengkel khusus kaki-kaki agar segera ditangani.

3. Steer terasa berat saat dibelokan


Pernahkah anda merasakan saat setir dibelokan tiba-tiba terasa berat dan kembali enteng saat digas padahal mobil sudah menggunakan power steering. Alasanya hanya satu yakni rusaknya rack steer.

Efeknya, mobil akan sulit dikendalikan meski dalam posisi luru dan steer dipegang kuat namun rasanya ban ingin berbelok sendiri ke kanan dan ke kiri. Jika dibiarkan tentu ini mengancam keselamatan pengendara.

4. Kebocoran pada seal

Hal keempat yang perlu diperhatikan adalah pada mobil yang belum menggunakan sistem ESP  Electronic Power Steering. Biasanya gejala yang muncul adalah munculnya rembesan oli pada bagian seal. Sudah pasti penyebabnya adalah rack steering yang rusak.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Untungnya jika hanya kebocoran masih bisa diperbaiki yakni dengan mengganti seal tersebut.  Jika belum sempat menggantinya rajinlah untuk mengecek ketersediaan oli power steering dan pastikan membawa cadangan terutama saat berpergian dengan jarak yang cukup jauh.

5. Tumpulnya gigi Pinion dan Harmonia

Ciri ciri rack steer rusak terakhir adalah gigi pinion dan harmonia yang telah tumpul. Komponen ini mudah sekali aus akibat gesekan yang tidak dibantu dengan pelumas.

Banyaknya debu, kotoran dan air yang masuk akan merusak gigi pinion dan harmonika pada saat steer diputar kanan dan kiri. Jika gejala ini muncul pada mobil kamu maka solusinya adalah dengan mengecorculang gigi tersebut hingga membentuk yang baru.

Selain itu penahan oli juga perlu diganti secara berkala khusus mobil yang masih menggunakan power steering model fluida.

Penyebab steering rack bunyi dan cepat rusak

Rusaknya rack steer akibat prilaku pengendara yang salah dan suka ugal-ugalan, semua gejala kerusakan bisa kapan saja terjadi.

Banyak sekali penyebabnya akibat pengemudi yang kasar tanpa memperhitungkan dampaknya. Penyebab berikut tentunya mulai anda perhatikan jika ingin mesin mobil dan komponen kaki-kaki tetap awet. Berikut ulasanya,

1. Posisi ban yang tidak lurus saat parkir/berhenti

Pernahkah anda berfikir mengapa posisi ban harus lurus saat parkir ? Karena ini ada efeknya dengan komponen kaki-kaki mobil. Posisi ban yang belok meski hanya sedikit saat perkir akan membut robeknya rack steer, efeknya membuat kinerjanya semakin menurun dan bukan tidak mungkin menimbulkan kerusakan.

2. Seringnya melewati jalan berlubang

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Kebiasaan melewati jalan rusak dan berlubang terus menerus tak hanya menmbulkan kerusakan pasa suspensi namun juga berdampak pada rack steer. Jalan yang yang rusak akan menmbulkan goncangan yang besar terhadap kaki-kaki terutama saat mobil ngebut.

Jalan yang berlubang berimbas robeknya bushing rack steer sehingga air dan kotoran mudah sekali masuk sehingga pelumas/grease didalamnya hilang. Hal inilah yang menyebabkan rack steer mengeluarkan bunyi memekik terutama saat belok.

3. Steer diputar terlalu mentok dalam waktu lama

Pada saat berbelok perhatikan posisi steer, pastikan saat berbelok tidak memutar steer sampai mentok bahkan sampai mengeluarkan dengungan. Jika perilaku ini sering terjadi maka bersiaplah mengalami kerusakan.

Efeknya karet pinion rack steer memiliki suhu yang terus bertambah, pada titik tertentu keret bushing akan mudah robek.

4. Kerusakan power steering

Khusus power steering yang menggunakan sistem hidrolik, jika rusak ditandai dengan munculnya rembesan oli. Dampaknya dapat mempengaruhi kinerja rack steer.

Minyak power steering yang kurang karena bocor akan mengurangi tenaga sehingga steer teras berat saat diputar.

Itulah tadi beberapa penyebab dan ciri ciri rack steering rusak yang perlu kamu ketahui. Perilaku berkendara yang bijak dan penuh kehati-hatian tentu membuat mobil lebih awet baik mesin, kaki-kaki atau body yang rawan penyok akibat sengolan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas