Perbedaan Plat Mobil XY dan YY - Cash atau Kredit

Perbedaan plat mobil xy dan yy - Hallo dulur... Setiap kendaraan motor di Indonesia bahkan dunia dilengkapi dengan plat nomor sebagai identitas kendaraan tersebut. Dengan terpasangnya plat nomor pada mobil dan motor maka kendaraan akan mudah diidentifikasi pembayaran jatuh tempo pajaknya serta riwayatnya. 

Saat ini warna plat nomor yang awalnya hitam diganti warna berlaku untuk mobil dan motor. Plat nomor putih merupakan aturan dari pemerintah pusat untuk membantu mewujudkan ETLE Electrolic Traffic Law Enforcement atau disebut tilang elektrik yang sudah diberlakukan.

Belakangan in ni sempat ramai adana plat nomor mobil XY dan YY dimana membuat masyarakat Indonesia merasa kebinggungan mengetahui status atau identitas kendaraan tersebut. Tak sedikit masyarakat yang mengetahui perbedaan dari palat nomor mobil XY dan YY yang tercetak berwarna merah yang umunya banyak ditemui pada kendaraan baru.

Mengetahui perbedaan plat mobil XY dan YY sangatlah penting karena berhubungan erat dengan identifikasi kendaraan tersebut. Pasalnya plat mobil saat ini sduah dibedakan jenisnya berdasarkan warna, disamping itu dari aturan terbaru soal penerapan huruf yang diatur sehingga identitas dan informasi kendaraan tersebut akan mudah dibaca.

Pada umunya plat mobil dan motor terdiri dari huruf dan juga angka, selain itu pada sisi belakang tercetak jelas kode area/wilayah asal kendaraan tersebut. Kemudian pada sisi bawah pojok terdapat informasi bulan serta tahun berlakunya pajak 5 tahunan.

Beda dengan motor kendaraan mobil yang masih baru dari dealer sudah dilengkapi plat nomor putih dengan warna angka merah, sementara untuk mengetahui cash dan kredit kendaraan tersebut bisa kita ketahui dengan melihat dari akhiran plat nomornya.

Jenis plat nomor


Sebelum mengetahui beda plat mobil XY dan YY kamu perlu mengetahui apa saja jenis plat nomor yang ada di Indonesia. Secara langsung plat nomor mobil dan motor atau kendaraan lainya sudah tercapat pada STNK maupun BPKB. Penggolongan jenis plat nomor sudah teruang pada perkaporli Nomor 7 Tahnun 2021 dimana dibedakan kedalam beberapa jenis.


Penggolongan jenis plat kendaraan akan berdarkan warna dimana masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri. Mulai dari plat kendaraan pribadi, massal, kendaraan dinas, dan masih banyak lainya. Pengggolongan jenis plat ini bertujuan untuk memudahkan registrasi dan mengetahui identifikasi sebuah kendaraan. 

Berikut merupakan penjelasan jenis plat kendaraan yang dikelompokan sebagai berikut :

  • Plat nomor dengan warna dasar kuning dan tulisan hitam : kendaraan Umum
  • Plat warna dasar merah dan tulisan putih : kendaraan dinas pemerintah 
  • Plat warna dasar putih dan tulisan hitam : Kendaraan perseorangan, PNA, badan hokum/internasional
  • Plat warna dasar hijau dan tulisan hitam : Kendaraan wilayah perdagangan bebas dinama memperbolehkan bebas bea masuk sesuai ketentuan undang-undang
  • Warna dasar puith, tulisan hitam dan tambahan warna biru : Kendaraan listrik
Arti plat nomor mobil XY dan YY


Arti dari plat mobil dengan huruf XY dibelakangnya mendadak kendaraan baru dari dealer yang dibeli secara cash atau lunas. Sedangkan plat dengan huruf YY merupakan mobil baru yang dibeli secara kredit.

Perbedaan Plat Mobil XY dan YY


Jadi perbedaan dari plat mobil XY dan YY adalah dari cara pembelianya. Untuk plat yang dibelakang angkanya XY maka mobil tersebut menandakan dibeli secara cash/lunas. Sedangkan akhiran huruf YY mobil tersebut dibeli secara kredit atau cicilan. Jadi jika kamu membeli mobil dengan cara kredit pasti akan mudah diketahui, demikian pula dengan pembayaran secara cash akan mudah diketahui dengan melihat plat nomornya.

Kemudian kode nomor pada plat baru cash memang akan mengikuti kebijakan dari dealer. Jadi plat sudah disiapkan sebelumnya, nantinya tidak menutup kemungkinan akan ada berubahan plat. Hal ini karena plat mobil XY dan YY bersifat sementara dimana termasuk dalam TCKB. Jadi jangan binggung saat plat resmi sudah jadi nomorya berbeda dengan plat sebelumnya.

Baik pada plat mobil XY dan YY akan sama-sama memili warna dasar putih dengan angka warna merah. Hal ini kerap dijumpai pada plat inrwywn mobil baru dimana masa berlakunya hanya sementara atau sampai plat resmi keluar.

Nah temen-temen demikianlah perbedaan dari plat mobil XY dan YY yakni dari metode membelianya secara cash atau kredit. Semoga bermanfaat dan menambah bahan referensi kamu saat melihatnya dijalan atau saat tetanga membelinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas