Perbedaan Air Aki Biru dan Merah Untuk Mobil dan Motor

Perbedaan air aku biru dan merah untuk mobil dan motor - Aki merupakan salah satu komponen penting pada semua kandaraan. Accu/Battery merupakan komponen yang berfungsi menyimpan arus listrik dan menyuplainya kembali saat dibutuhkan salah satunya adalah saat dipakai menyalakan mesin serta penyedia arus listrik untuk penerangan lampu serta semu aksesoris, klaksom, alarm dan fitur lainya.  

Fungsi lainya adalah untuk menstabilkan tegangan kendaraan dan melakukan backup altenator bila tidak mampu memenuhi kelebihan beban listrik yang dibutuhkan kendaraan. Sama halnya komponen lain, keberadaan aki perlu dirawat agar dapat bekerja sebagaimana fungsinya. Jika sudah soak tentu kita 

Aki sendiri dibedakan menjadi dua tipe yakni jenis basah dan kering, keduanya memiliki fungsi yang sama, sementara untuk perawatan jelas beda. Agar dapat bekerja aki basah butuh air atau sering disebut air accu sementara tipe kering tidak.

Buat kamu yang belum tahu, aki basah memiliki 2 jenis air yang masin-masing fungsinya berbeda. Ada yang berfungsi untuk menyimpan daya listrik tetapi ada juga yang berguna menjaga kestabilan suhu.Cukup menarik bukan ? Agar tidak kebinggungan berikut merupakan ulasanya.

Perbedaan air aki biru dan merah 

Kedua jenis air aki ini bisa kita temui dengan mudah dipasran atau onlineshop. Keudanya dapat dibedakan dengan melihat tutup botolnya. Pertama ada air aki zuur alias air aki yang ditandai dengan tutup botol warna merah. Air aki zuur juga memiliki warna sedikit kekuningan sehingga ada bisa langsung mengenalinya.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Selanjutnnya ada air aki yang ada dalam botol dengan tutup berwarna biru. Air dalam botol mineral ini lebih banyak dipakai buat mengisi ulang air aki jika sudah berkurang. Air yang ada dalam botol ini merupakan air biasa yang sudah melalui proses demineralisasi alias penyulingan seingga mampu menghilangkan kandungan mineralnya.

Perbedaan dari keduanya secara lebih lanjut akan kami jelaskan sebagai berikut :

Air Aki Merah/Aki Zuur

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Anda dapat mengenali air aki ini saat melihat warnannya yang cendrung kekuning-kuningan. Namun jangan tertipu dengan melihat warna airnya saja karena faktanya ada juga air aki zzur yang berwarna bening seperti air mineral.

Anda bisa melihatynya secara jelas dari label kemasan serta tutup botol berwarna merah yang juga membantu orang-orang mengenali bahwa cairan didalamnya bersifat asam kuat.

Sifat asam yang kuat dari air aki zuur ini dihasilkan oleh larutan elektrolit asam sulfat (H2SO4) yang bersifat untuk menyimpan dan mengantar arus listrik di dalam aki.

Idealnya pemakian air aki zuur ini di pakai saat pengisian pertama air aki sebelum digunakan, aki yang masih baru. Penggunaan air aki merah ini juga perlu hati-hati karena bisa menimbulkan iritasi pasa kulit dan membuat cat terkelupas saat mengenainya serta menimpulkan karat pada matrial logam.

Air Aki Biru/Air Sulingan


Sementara untuk air aki biru atau lebih sering dikenal air suling dipakai menambah volume air aki saat berkurang tanpa memengaruhi massa jenis dari elektrolit aki. Pentingnya penyulingan air aki dikarenakan kandungan air mineral pada air bersifat korosif sehingga bisa merusak sel aki di dalamnya.

Seperti yang sudah kami jelaskan tadi bahwa air aki biru telah melalui proses demineralisasi yang menghasilkan air murni sehingga keberadaanya tidak menyebabkan reaksi kimia yang berbahaya bagi aki.

Bolehkan mengisi air aki dengan air mineral ?

Pertanyaan soal menambah air aki dengan air mineral sering membingungkan pemilik mobil. Namun sebanranya jika anda memahami penjelasan diatas maka penggunaan ai mineral sebagai pengganti air aki jelas tidak diperbolehkan.

Air yang biasa kita konsumsi memiliki kandungan mineral yang dapat memicu reaksi kimia yang terkandung di dalam air aki merah. Inilah yang sering menjadi kebiasaan masyarakat saat meilihat volume air aki mulai menipis, alhasil diisi dengan air minum karena paling dekat disekitar kita dan paling murah.

Jadi tanpa kita sadaru pengisian aki dengan air mineral merupakan kesalahan fatal yang perlu dihindari. Jangan sampai tindakan menghemat biaya perawatan mobil justru malah membalik membuat pengeluaran menjadi membengkak karena aki yang rusak perlu diganti.

Nah temen-temen demikianlah ulasan perbedaan air aki biru dan merah untuk mobil dan motor. Penggunaan yang sesuai tentu membuat masa pakai aki lebih tahan lama tidak cepat soak, semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas