Ciri Ciri Kabel Busi Mobil Bermasalah dan Bocor

Ciri ciri kabel busi mobil bermasalah dan bocor - Hallo dulur... Memiliki mobil tua dengan performa mesin yang tak mau kalah dengan mobil baru merupakan impian setiap pemiliknya. Semuanya bisa didapat dengan rutin menservisnya dan mengganti beberapa komponen mesin yang mulai aus, dengan begitu berkendara akan aman tanpa khawatir mogok.

Beberapa masalah yang kerap muncul pada kendaraan tua adalah kabel busi yang bocor, seperti yang kita tahu busi merupakan komponen vital pada mesin kendaraan. Jika bermasalah dampaknya dapat mengurangi performa mesin, parahnya bisa membuat mesin tidak bisa dinyalakan. 

Fungsi busi adalah menyalurkan air listrik untuk proses pembakaran diruang mesin, namun komponen ini tidak dapat bekerja dengan baik jika kabel busi bermasalah. 

Kabel busi memiliki peran penting yakni menghantarkan arus listrik dari koil, jika arus listrik ini terhambat karena kabel bocor percikan api yang keluar dari busi tentu kurang sempurna dan menyebabkan mesin tiba-tiba pincang atau brebet.

Ciri ciri kabel busi mobil bermasalah

Lantas bagaimana ciri ciri kabel mobil harus diganti ? Masalah yang kerap terjadi pada kabel busi adalah kebocoran kabel yang diakibatkan buruknya kualitas matrial kabel busi tersebut, ukuran diameter yang kurang pas, pamasangan yang salah atau faktor usia.


Beberapa gejala saat kabel busi bocor adalah ketika mobil akan dihidupkan pertama kali akan sulit nyala, suhu pada area kabel busi terasa lebih panas atau mesin terasa brebet saat berjalan sehingga membuat performa mobil menurun. 


Cara mengatasi kabel busi mobil yang bermasalah

Setelah mengetahui beberapa tanda kabel busi bermasalah. Berikut merupakan cara memperbaiki kebil busi yang bermasalah, sebagai berikut.

1. Memerisa ruang mesin

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa ruang mesin dan 
Dan cobalah menarik kabel gas beberapa kali dan rasakan suara mesin apakah brebet atau tidak.

Jika brebet kemungkinan terjadi karna kabel busi bocor sehingga suplay listirik ke busi akan terganggu.

2. Cek kabel busi dengan multitester


Untuk mengetahui keruskan lebih lanjut dengan kabel busi, kamu bisa mengeceknya dengan multitester.

Komponen yang rusak biasanya ditandai dengan nilai angka yang muncul pada posisi tertinggi pada saat pengujian ukur.

Berikut langkah-langkah menggunakan ohm meter (resistance) kabel busi menggunakan multitester :

  • Lepaskan bagian kabel nomor satu
  • Letakan kutub (probe) positif pada setiap masing-masing ujung kabel
  • Catat nilai ketehanan kabel yang sudah anda ukur (standar nilai tahanan kabel busi biasanya mencapai 8 kilo (ohm) per meter setiap kabel busi dengan ukuran panjang 50cm)
  • Jika nilai ketahanan kurang dari nilai standar (untuk kabel dengan panjang 50 cm), maka lakukan pengujian ke kabel berikutnya.
  • Jika sudah dicek dan terjadi kebocoran, segeralah ganti kabel busi dengan yang baru untuk menjaga performa mesin dan terhindar dari mogok.

3. Tutup kebocoran dengan isolator

Ketika kamu mengetahui adanya kebocoran pada kebel busi, kamu bisa memakai isolasi atau isolator anti panas perekat untuk menutup kebocoran tersebut. Kamu bisa mengetahui kebocoran kabel busi dengan mudah dengan membuka kap mesin dan melihat hasil perbandingan oksigen serta gas karbon (emisi mesin).

Efek kebal busi bermasalah dan bocor


Apa yang terjadi saat kabel busi rusak ? Jika kamu tidak segera mengatasi kerusakan pada kanel busi, maka kamu akan merasakan efek kabel busi yang bocor sebagai berikut :

1. Keramik busi retak

2. Performa mesin menjadi kurang optimal karena idling terganggu

3. Menyebabkan arus pendek sehingga aliran listrik tidak bisa sampai ke busi

4. Mesin terasa berebet dan bisa terjadi pada rpm tinggi atau rendah sekalipun

5. Mesin kurang bertenaga

Melihat beberapa dampak buruk di atas, tentu anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada kendaraan kamu. Untuk menghindari masalah tersebut rutinlah melakukan pengecekan kondisi kabel busi secara berkala. Jika bermasalah gantilah dengan produk originalnya, sehingga masa pakainya akan lama dan tidak cepat panas.

Nah temen-temen demikianlah beberapa ciri ciri kabel busi mobil bermasalah dan bocor yang perlu kamu deteksi sejak dini. Sekian, semoga artikel kali ini bermanfaat dan termakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas