Penyebab dan Biaya Perbaikan Dinamo Starter Mobil Rusak

Penyebab dinama starter mobil rusak menjadi suatu hal yang perlu kamu ketahui terutama pada mobil tua agar terhindar dari mogok ditengah jalan. Starter merupakan salah satu kompoten vital pada mobil, sehingga keberadaanya perlu diperhatikan dan perlu dicek secara berkala agar berfungsi dengan baik saat mesin akan dinyalakan.

Cara kerjadi dinamo starter pada dasarnya menggunakan tegangan listrik yang bersumber dari bateri aki. Tentunya adalah hal yang sangat menyulitkan jika tiba-tiba dinamo starter mendadak mengali kerusakan dan tidak berfungsi untuk menyalakan mesin.

Berbeda dengan motor yang dilengkapi dengan kick starter yang bisa dipakai saat aki/dinamo starter rusak.  Tentunya kamu akan kebinggungan saat starter mobil tidak berfungsi, anda akan kebinggungan untuk menyalakan mesin. Dan mau tidak mau kamu harus mendorongya untuk menyalakan mesin, itupun bisa dilakukan pada mobil manual tidak berlaku buat matic.

Bebanya yang terlalu berat mendorong mobil tentu tidak bisa dilakukan sendirian, sehingga kamu butuh beberapa tenaga orang untuk membantu mendorongnya agar mesin bisa dinyalakan dan hal ini sangatlah merepotkan.

Penyebab dinamo starter mobil cepat rusak

Setidaknya ada 3 penyebab dinamo starter mobil cepat rusak, perilaku menyalakan mobil yang keliru menjadi faktor utamanya. Nah, lebih jelasnya simak penjalasan dibawah ini :

1. Memaksa kerja dinamo

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Salah satu penyebab cepatnya dinamo starter mobil rusak adalah anda terlalu memaksa kerja dinamo dengan menstarter berulang kali padahal mesin tidak mau menyala. Memaksa kerja dinamo terus menerus saat mesin tidak mau bekerja akan membuat dinamo starter terbakar.

Mengapa demikian ? Karena memaksa kerja dinaomo terus menerus akan membaut dinamo cepat panas. Kondisi dinamo yang panas berpotensi membakar komponen-komponen didalamnya. Jika memang dipaksikan, berilah jeda beberapa menit kemudian coba kembali menyalakan mesin.

2. Carbon brush mulai menipis


Hal lain yang menjadi penyebab dinamo tidak berfungsi atau rusak adalah carbon brush didalamnya sudah habis. Tanda-tanda komponen carbon brush mulai menipis adalah putaran dinamo yang mulai melemah dan muncul suara-suara aneh saat mobil distarter.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Jika dinamo starter mobil kamu bermasalah cobalah untuk memeriksa kerusakan yang paling ringan yakni mengecek bagian carbon brushnya. Jika sudah aus kamu bisa mengantinya agar berfungsi kembali. 

3.  Aki bermasalah

Penyebab lain dinamo starter mobil cepat rusak berikutnya adalah adanya masalah pada jalur kelistrikan Aki. Seperti yang kita tahu aki merupakan bagian penting yang menunjang semua kelistrikan pada mobil.

Aki mobil yang tidak normal atau soak menyebabkan starter dinamo tidak dapat berfungsi, hal tersebut disebabkan lemahnya suplai listrik dari aki ke bagian dinamo mobil.

Ketika kamu tahu aki mobil tidak normal dan mencoba memaksa menyalakan mesin, hal tersebut dapat memicu kerusakan pada dinamo starter.

Ada baiknya untuk mengecek kondisi aki mobil secara rutin, jika air aki berkurang segerah mengisinya kembali sebagai antisipasi mobil tiba-tiba mogok tidak mau nyala dan mencegah terjadinya kerusakan dinamo starter secara tiba-tiba.

4. Menyalakan dinamo starter saat mesin hidup

Baca juga Penyebab dan Cara Mengetahui Silinder Head Bengkok atau Melengkung

Mobil terbaru saat ini hambir suara mesin dan knalpot yang keluar sangatlah halus, bahkan suara mesin tidak terdengar saat berada didalam kabin.

Suara mesin yang halus membuat kita terkadang tidak atau jika mesin sudah menyala atau masih mati, dan tak sedikit yang lalai dan menyalakan mesin kembali padahal mobil sudah nyala.

Jika dilakukan terus menerus, tindakan ini bisa membuat dinamo starter terbakar dan dapat terjadi pada mobil baru sekalipun

Besaran biaya service perbaikan dinamo starter mobil

Untuk urusan perbaikan dinamo starter kamu bisa menyerahkan pada ahlinya di bengkel khusus dinamo. Sementara untuk biaya servicenya beragam tergantung tingkat kerusakannya. Untuk service ringan seketar ganti carbon brush yang aus berkisar 50 hingga 100 ribuan.

Sementara untuk service berat akibat dinamo terbakar berkisar satu jutaan tergantung tingkat kerusakan komponen didalamnya.

Apabila kerusakan pada dinamo starter sangat parah ada baiknya untuk menggantinya dengan yang baru, jika hanya diperbaiki mungkin tidak bertahan dalam jangka yang lama, justru akan merepotkan saat mesin tidak bisa dinyalakan.

Nah temen-temen itulah beberapa penyebab dan biaya perbaikan dinamo starter mobil rusak yang perlu kamu ketahui. Karena biaya service yang masih tinggi pastikan kamu tidak memaksa kinerja komponen ini, jika tidak kuat cek kondisi kesehatan aki terlebih dahulu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas