Penyebab dan Cara Mengetahui Silinder Head Bengkok atau Melengkung

Penyebab dan cara mengetahui silinder head bengkok dan melengkung - Saat ini pengguna kendaraan mobil semakin meningkat, namun tak sedikit yang tahu perawatan mesin pada mobil tersebut. Bahkan banyak yang cuek dan dibiarkan begitu saja saat suara mesin terdengar kasar tidak seperti biasanya, asalkan masih bisa jalan belum ada tindakan perbaikan.

Banyak faktor yang menyebabkan suara mesin terdengar kasar, mulai dari komponenya yang sudah aus, telat ganti oli atau pernah overheat. Waktu penggantian oli memang penting diperhatikan mengingat oli memiliki fungsi vital yakni sebagai pelumas semua komponen dalam mesin. Kualitas pelumas yang berkurang tentu menmbulkan gesekan antar komponen.

Bila sekarang oli kendaraan kamu cepat habis, mesin kehilangan tenaga/suhu temperatur mesin sering naik, bisa saja sebagai tanda komponen silinder head melengkung. Tentu ini merupakan berita buruk jika terjadi pada kendaraan kamu. Namun untuk lebih jelasnya terkait silinder head melengkung akan kamu ulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Cara mengetahui silinder head bengkok dan melengkung

1. Air radiator di bawah manifold bocor

Fungsi utama dari packin adalah untuk merapatkan bagian jalur water jacket dari dalam blok silinder ke bagian kepala silinder Cylinder head. Maka harus dipastikan bahwa kondisi gasket atau packing harus benar.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Namun jika sat diperikas pada bagian bawah intake dan exhaust manifold terdapat rembesan air, itu merupakan tanda-tanda packing silinder head mesin rusak dan harus segera diganti. Jika tidak diatasi segera sistem pendingin akan mengalami masalah dan membuat mesin overheat.

2. Keluarnya asap putih dari knalpot


Ciri pertama silinder head melengkung adalah munculnya asap putih dari knalpot. Tidak hanya sebagai tanda paking head rusak, munculnya asap putih dari knalpot juga menjadi ciri klep mobil bocor.

Saat kondisi gasket rusak, setidaknya hal ini akan membuat beberapa oli mesin akan merembes masuk ke ruang bakar. Dalam hal tersebut saat oli masuk ke ruang bakar otomatis gas buang akan berubah menjadi putih. 

3. Munculnya gelembung udara ditangki radiator


Gejala silinder head bengkok atau melengkung yang bisa kamu ketaui adalah munculnya gelembung pada bak radiator. Seperti yang kita ketahui, sistem kerja pendingin radiator harus benar-benar vakum serta tidak boleh ada udara masuk.

Baca juga Perbedaan Air Radiator coolant Merah dan Hijau, Mana Yang Lebih Bagus ?

Namun jika kondisi tutup radiator dibuka pada saat mesin menyala atau ada bagian yang bocor, tidak bisa dipungkiri gelembung udara di dalam tangki radiator akan muncul.  Hal ini biasanya sering kali terjadi karena packing head mesin melengkung atau bocor. 

4. Mesin sering overhead


Saat digunakan tentu mesin mobil akan cenderung akan selalu panas. Namun panas berlebih ketika mesin baru dinyalakan atau hanya menempuh jarak beberapa km dan suhu temperatur sudah naik menjadi salah satu ciri atau penyebab packing silinder head mesin rusak.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Kondisi ini akan terjadi karena air pendingin radiator seharusnya akan mendistribusikan panas keudara bebas dengan sistem kerja radiator, sedikit demi sedikit hilang atau habis karena merembes keluar yang diakibatkan adanya kebocoran dibagian packing silinder head mesin rusak.

Saat suhu mesin normal idealnya indikator atau jarum temperatur pada panel dashboard harus selalu berada dititik tengah meski mobil jalan selama berjam-jam tanpa di istirahatkan. Namun jika posisi jarum temperatur naik keatas menandakan mesin overhead dan segera diberhentikan untuk menghindari kerusakan fatal.

5. Air radiator bercampur oli 


Ciri silinder head bengkok atau melengkung berikutnya adalah air radiator saat dicek bercampur dengan minyak. Hal ini biasanya dapat terjadi saat oli mesin merembes ke dalam saluran air radiator. Hal ini tentu dapat menggangu proses pendinginan mesin, sehingga rawan overheat.

Nah masuknya rembesan oli mesin ke dalam sistem pendingin radiator sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Selain karena packing atau gasket silinder head mesin yang rusak, bisaj juga terjadi karena dinding water jack yang retak.

Jadi saat dicek dan air radiator kamu terasa bercampur minyak segeralah bawa ke bengkel untuk perbaikan agar kerusakan pada silinder head tidak semakin parah.

6. Oli mesin berwarna kecoklatan


Melakukan perawatan mesin secara berkala merupakan hal wajib untuk menjaga performa mesin terutama dalam hal penggantian oli mesin merupakan hal yang wajib diperhatikan agar mesin selalu terwat.  Disisi lain, saat penggantian oli kamu dapat melihat kondisi oli yang usdah digunakan beberapa bulan/minggu.

Umunya oli yang bakas digunakan berwarna hitam pekat dan sedikit kental, namun jika oli bekas kalian berwarna kecoklatan seperti susu menandakan hal yang tidak beres pada mesin kalian. 

Kondisi ini biasanya disebabkan karena air pendingin radiator bocor dan merembes ke ruang pembakaran sehingga bercampur dengan oli. Hal ini menandakan packing silinder head kamu melengkung.

7. Menurunya performa masin


Tanda silinder head yang melengkung terakhir adalah menurunya performa masin. Ya, menurunya tenaga mesin tidak sepenuhnya disebabkan karena masalah pada bagian utama mesin seperti piston, ring piston atau busi saja.

Namun menurun dan hilangnya kompresi mesin juga bisa disebabkan adanya kebocoran bagian mesin.  Hal tersebut biasanya terjadi karena kondisi packing silinder head yang sudah rusak atau bengkok. sehingga untuk mengembalikan tenaga mesin serta menghindari kerusakan parah dan merambat ke komponen lain segelah untuk perbaikan.

Penyebab packing silinder head bengkok atau melengkung

Melengkung, bocor dan rusaknya packing silinder head menjadi malah besar pagi setiap pemilik kendaraan, karena biaya perbaikanya butuh biaya banyak. Jika tidak segera diperbaiki kerusakan justru semakin parah dan bisa membuat mesin overhoul sehingga harus turun mesin untuk perbaikan.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Kondisi packing silinder yang melengkung membuat kita harus mengeluarkan biaya lebih untuk biaya perbaikan packing silinder head mesin. Nah bicara mengenai rusaknya packing silinder head mobil, lantas apa sih yang menjadi penyebab packing ini rusak ? Berikut beberapa penyebabnya


1. Kurangnya perawatan dan memperhatikan kondisi mesin merupakan faktor pertama penyebab masalah fatal ini. Sebelum berpergian pastikan selalu mengecek kondisi mesin terutama saat perjalanan jauh.

2. Sirkulasi pendingian mesin tergangu, seperti yang kita tahu mobil dilengkapi sistem pendingin untuk menstabilkan suhu mesin. Pastikan Air pendingin colaant selalu tersedia pada radiator dan tabung penampungan reservoir.

Jika indikator suhu mesin naik dan lampu menyala merah, ambil tindakan untuk menghentikan kendaraan untuk melakukan pengecekan radiator dan ketersediaan air pendingin. Jika suhu mesin naik dan tetap dipaksa bukan tidak mungkin mesin akan overhead dan menyebabkan silinder head melengkung akibat terlalu panas.

3. Selain kehabisan air radiator, silinder head yang melengkung juga bisa disebabkan tersumbatnya radiator. Jadi jika radiator bocor atau buntu kamu bisa membawanya ke tukang servis radiator agar di korok.

4. Agar mesin tidak overhead mastikan sirkulasi pendingin mesin berjalan dengan baik, mulai dari radiator, tutup radiator, selang-selang penghubung dan waterpump berfungsi dengan baik dan tidak ada yang bocor agar air radiator tidak cepat habis. Dan yang tak kalah penting adalah kipas radiator ekstra fan berfungsi dengan baik dan putaranya tidak pelan atau mati.

Nah temen-temen demikianlah beberapa penyebab dan cara mengetahui silinder head bengkok atau melengkung yang bisa terjadi pada mobil lama atau baru sekalipun. Pastikan kamu rutin melakukan perawatan agar kerusakan vfatal tidak terjadi. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas