Cara 5 Cepat Menghilangkan Karat Pada Velg Motor


Cara Menghilangkan Karat Pada Velg Motor - Haloo dulur otomotif.. Pasti dirumah punya motor kan ?? tak hanya satu mungkin 2 sampai 4 kendaraan. Apakah semuanya dalam kondisi yang baik ban bebas dari karat ? Jika motor masih menggunakan velg jari-jari tentu tak bisa jauh-jauh dari yang namanya karat terlebih disaat musim ujan seperti ini akan cepat sekali muncul jika terkena tetesan air hujan. 

Seperti bukan rahasia lagi kendaraan roda dua memang tengah menjamur dari tahun ke tahan bahkan menjadi pilihan utama sebagai mode transportasi. Pernyataan itu memang benar terbukti lihat saja di sepanjang jalan protokol, perkampungan bahkan di gang-gang sempit banyak lalu lalang kendaraan bermotor. Bahkan kendaraan bermotor ini bisa dijadikan kerja sampingan layaknya ojek online grab.

Akan tetapi dengan perkembangan zaman memiliki kendaraan bermotor bukan hanya sarata sebagai alat transportasi penerjang macet, melainkan sudah menjadi gaya hitam yang harus dipenuhi untuk menunjang penampilanya.

Baca juga Cara Singkat Mengkilapkan Mesin Motor Dengan Batu Hijau

Untuk dapat dijadikan sebagai haya hitup motor harus selalu terlihat mulus, bersih dan mengkilap. Untuk menjaganya agar teteap mengkilap memang dibutuhkan sentuhan tersediri oleh pemiliknya misal selalu mencucinya setalah menerjang lumpur atau habis terkena air hujan yang dapat memicu timbulnya biang karat.

Sekilas info karat merupakan korosi yang dihasilkan dari proses oksidasi yang terjadi pada semua benda yang mengandung biji besi. Tentu komponen sepeda motor tidak luput dari yang namanya besi, misalkan pada bagian sasis, standar depan tengah serta velg. Karena letaknya yang ada dibawah serta tanpa dek pelindung velg motor retan sekali berkarat. Jika tidak segera dimusnahkan karat ini justru semakin menyebar serta susah untuk dihilangkan.

Karat bukanlah momok yang harus ditakuti, dengan bahan serta teknik yang tepat tentu akan mudah dihilangkan. Untuk mengatasi permasalahan ini kami memiliki bahan ampuh serta cara menghilangkan karat pada velg motor.

Cara Menghilangkan Karat Pada Motor Dengan Cepat

1. Air Soda


Bahan Pertama yang bisa dipakai untuk menghilangkan karat pada velg motor adalah air soda yang terkandung pada minuman sofdring berbagai merk.

Baca juga Cara Membuat Cairan Pembersih Blok Mesin Dengan Bahan Dapur 


Dilansir dari detik.com, Air soda mengandung zat asam yang tingkat, sehingga sangat ampuh untuk membersihkan karat yang menempel pada besi dengan cara menggosoknya.

Teteskan minuman bersoda bisa pakai coca cola atau produk lain pada kain yang kering lal gosokkan pada bagian berkarat berulang-ulang. Setelah selesai anda bisa membilasnya pakai air bersih namun tidak ada salahnya mencucinya pakai sabun biar hasilnya makin jos.

2. Batu hijau


Batu hijau atau biasa dikenal dengan watu ijo ini juga efektif digunakan untuk membersihkan karat dengan cepat. Berbeda dengan batu kali yang keras, watu ijo ini  teksturnya lebih lunak. Dalam proses penggunaanya watu hijau terlebih dahulu harus dibuat pasta dengan cara mengirisnya tips-tips kemudian tuangkan wadah kecil serta campurkan dengan brasso dengan takaran 50:50 dan aduk sampai rata.

Olekan pasat brasso secara menyeluruh pada bidang yang berkarat kemudian gosok dengan lap yang memiliki tekstrur keras dan kesat atau bisa memakai kain levis. Fungsi brasso disini adalah sebagai perantara agar proses menghilangkan karat lebih cepat dan mudah.

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Lem G di Body Motor

Jika tidak ada brasso, anda bisa memakai bensin tau minyak tanah untuk melarutkan watu ijo tersebut.

3 Minyak Tanah


Minyak tanah dari dulu emang sanngat diandalkan sebagai penghilang karat baik pada besi motor maupun perabotan rumah tangga serta pada jari-jari motor.

Biar lebih manjur siapkan juga abu gosok secukupnya. Bubuhkan sedikit abu bosok pada kain kemudian tuangkan minyak tanah secukupnya jangan terlalu encer. Lalu tinggal gosokkan pada velg yang berkarat sampai bersih.

Terakhir anda bisa mencucinya dengan sabun untuk membersihkan sisa minyak tanah yang menempel.

Tekstur abu gosok yang sedikit kasar ini sangat ambuh membantu melenyakan karat yang menempel. Abu gosok merupakan limbah pembakaran yang berasal dari kayu yang terbakar yang berwarna abu-abu.

4. Amplas


Selain dipakai untuk proses mengecat motor, ternyata amplas juga cukup ampuh dipakai sebagai bahan pembersih karat. Namun cara ini hanya dapat dipakai jika itensitas karat tidak terlalu tebal.

Siapkan amplas halus nomor 400, sebelum dipakai pastikan amplas dalam kondisi basah serta bidang yang diamplas juga sudah basah tersiram air.  Amplas dengan memberi tekanan dari berbagai arah agar karat yang menempeldapat rontoh. Sesekali anda bisa membubuhkan sabun colek agar karat mudah terkelupas. Setelah selesai siram pakai air bersih dan lihat hasilnya.

5. Produk Anti Karat


Selain memakai bahan racikan sendiri, anda juga bisa memakai produk komersil untuk menghilangkan karat pada motor.

Cairan anti karat dijual bebas berbagai merk yang bisa anda pilih. Namun jangan salah pilih, sebaiknya pilihlah cairan anti karat yang berkualitas dengan membaca komposisi yang tertera dibelakang kemasan.

Biasanya untuk harga satu botol cairan anti karat ini dijual mulai 40rb sampai ratusan ribu tergantung mutu serta kualitas bahan tersebut.

Oke dulur..Itu tadi berbagai referensi cara menghilangkan karat pada velg motor. Sebagai tambahan Setelah karat hilang dan ngak balik lagi jagalah kebersihan motor terutama disaat musim hujan serti ini. Rutin lah untuk mencuci motor sebagai langkah meminimalisir masalah yang membuat rugi dikemudian hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel