Cara Ajaib Merubah Suara Knalpot Standar Menjadi Moge


Cara Merubah Suara Knalpot Standar Menjadi Moge - Tak bisa dipungkiri sepeda motor merupakan kendaraan yang paling diminati terutama Indonesia baik masyarakat menengah ke bawah maupun ke atas semua memilikinya. Ketimbang mobil yang ukuranya lebih besar motor memiliki banyak keunggulan baik dari segi harga terjangkau bahkan 1 juta bisa memilikinya soal perawaanya pun cukup murah dengan mengganti oli mesin 30rb perak. Berbanting terbalik dengan pelumas mesin mobil yang ratusan ribu.

Bentunya yang ramping juga jadi pilihan, karena dapat melewati gang sempit dan untuk daerah perkotaan sangat diandalkan melibas kemacetan dijalan. Namun saat bila untuk menerjang banjir anda perlu berfikir dua kali, terlebih bila volume air cukup dalam. Bisa mogok tu motor masbro..


Untuk urusan modifikasi pun lebih mudah tanpa perlu mengeluarkan modal cukup banyak. Berbeda dengan mobil untuk beli velg racing aja perlu duwit 4juta itu pun barangnya masih KW masbro.. Pada park motor yang seling mengalami perombakan adalah knalpot. Fungsinya sebagai saluran sisa pembakaran dari dalam mesin membuat kenalpot mengeluarkan suara, tentu suara knalpot motor berbeda satu sama lainya naik matic maupun bebek.

Baca juga  Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Leher Knalpot dengan Coca Cola

Tak sedikit orang yang merasa puas dengan suara yang dikeluarkan dari dalam knalpot, umunya bila masih ori pabrik suara yang dihasilkan lebih halus didengar telinga. Namun ditangan pecinta modifikasi banyak yang mengganti knalpot standar dengan jenis racing atau grong yang mengelurakan suara lebih greget layaknya motor ber CC besar.

Sebenarnya tanpa mengantinya bisa merubah suara knalpot standar menjadi moge, untuk lebih jelasnya mari kita lanjut memabaca artikel selanjutnya :


  • Menipiskan Jumlah Glaswool Didalam Knalpot
Fungsi Glaswool adalah sebagai peredam suara yang ditimpulkan dari proses pembakaran, coba perhatikan bila motor dinyalakan tanpa knalpot terpasang suaranya terdengan cukup keras dan kurang berirama. Fungsi lainya juga berperan penting sebagai filterasi, dimana proses ini untuk menyaring udara dari dalam mesin agar tidak beracun sebelum dikeluarkan pada lingkungan sekitar melalui lubang knalpot.


Bila ingin merubah suara knalpot original menjadi moge anda tinggal mengurani atau menipisi glaswool yang ada didalam knalpot. Perlu anda tahu glaswool yang terlalu tipis juga bisa jadi penyebab suara knalpot pecah. Jadi tingkat ketipisan perlu diperhatikan. Baca juga Cara Murah Menghilangkan Warna Kuning Pada Knalpot Stainless

  • Merubah Ukuran Pipa Penghubung Mesin dan Knalpot


Cara kedua mengubah suara knalpot standar jadi racing adalah dengan menggubag diameter pipa penghubung lebih besar. Secara umum ukuran pipi yang dipakai knalpot standar berukuran 1 inchi maka kita ubah ukuranya lebih besar 1.25 inchi agar suara yang dikeluarkan terdengar lebih besar dan ngebass layaknya moge.


  • Memasang Tutup pada Ujung/Moncong Knalpot

 

Untuk tahap kedua cukuplah simpel masbro cukup membuatkan penutup diujung knalpot, bisa memakai pipa dengan diameter yang sudah disesuaikan atau plat yang dibentuk melingkar dengan panjang10 cm. Yang perlu saya garis bawahi adalah Jangan menutupnya sampai rapa ya mas bro, beri lubang bagian tengah agar gas buang dari mesin dapat keluar.

Bahkan saat ini sudah banyak dijual variasi tampahan moncong knalpot ini bahkan beraneka warn ada juga yang warna chrome. Untuk menempelkanya anda perlu minta tolong tukang las karbit, jangan pakai lem alteco ya masbro bisa copot nanti saat digeber..


Bila ingin lebih berhemat masbro bisa memanfaatkan botol bekas sprite atau fanta kalengan yang sudah dimodif sedemikan rupa dan melubangi ujung kaleng sebagai ventilasi udara.
  • Membobok Moncong Knalpot
Cara lain yang bisa masbro coba untuk merubah suara knalpot standar menajdi moge lainya adalah dengan membobok bagian mulut knalpot. Cara membobok knalpot yang benar adalah dengan cara skatan atau uruangan yang ada didalam knalpot, skatan itulah yang jadi penghalang suara ledakan yang diahasilakan mesin saat proses pembakaran. Jadi bila skatan dihilangkan masa suara keras keluar secara langsung tanpa penghambat/peredam.


Yang patut diwaspadai adalah membobok knalpot juga berefek samping dimana dapat memicu tekanan kembali ke dalam mesin, ini bisa saja menjadi performa motor jadi berkurang. Namun meski kurang bertenaga suara kenalpot terdengar keras layaknya knalpot racing.

Baca juga [VIRAL] Cat Pilox Tahan Panas Untuk Mengecat Knalpot 

Perlu anda ketahui membobok knalpot memiliki dua versi, pertama menggunakan glassloow dan memamaki glassloow. Tentu tanpa memakai glassloow suara yang dihasilkan lebih keras dibanding memakai glassloww tapi sedikitmemiliki efek samping yang sudah saya singgung tadi.

Penggunaan glassloow pun perlu diperhatikan karena glassloow perlu diganti rutin untuk mempertahkan suara grong, serta membuat knalpot berfungsi normal saat gas buang mesin dikeluarkan.

  • Memakai Sound Booster
Selain diatas ada rcara yang lebih simpel ni masbro tanpa perlu merombak bentuk knalpot standar.  Sound booster merupakan alat tambahan untuk mengubah suara suara knalpot motor biasa(1 sillinder) sada suara mesin isi 4 silinder layaknya ninja 600r, cbr 600rr bahkan serasa suara moto gp.


Namun sayang harga jualnya cukup tinggi 200 - 300rb membuatnya jarang diminati. Jangan takut masbro alat pengeras suara knalpot ini anti air, bahkan aman dari razia polisi karena dilengkapi tombol on /off. Untuk cara kerjanya mengikuti putaran tuas gas.

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome

Bagaman ?? Bagi masbro yang masih binggung atau nasih pemula tidak ada salahnya membawanya langsung ke ahli knalpot sambil belajar dan bertanta-tanya pada ahlinya. Meski cara membuat knalpot standar jadi racing lebih mahal, namun bila kita serahkan pada ahlinya tentu mendapatkan hasil yang lebih baik tanpa efeksamping dikemudian hari.

Demikianlah tips cara merubah suara knalpot standar menjadi moge, yang perlu diwaspadai adalah hati-hati kena razia masbro terlebih jika rumah kita berdekatan dengan emak-emak punya bayi bisa kena omel.hhehe  Yang penting gasss poll lurr...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas