Nggak Harus Mahal.. Cara Membuat Leher Knalpot Warna Pelangi


Cara membuat leher knalpot warna pelangi - Hallo dulur otomania...Mengulas modifikasi menagn ngak ada habisnya masbro. Muali merombak dek dengan pengecat berbagai warna, mengubah ukuran ban lebih kecil atau sekedar melapisi chrome pada park tertentu sehingga membuat tampilan motor lebih silau dan terlihat bersih. Merawat chorem agar tetap kinclong bukan perkara mudah bahan gampang mengelupas tanpa perawatan.

Bahkan knalpot juga turut mengakami sentuhan, mulai dari mengganti dengan knalpot racing agar suaranya lebih terdengar mantap. Umunya knalpot bawahan sepeda motor hanya ada warna hitam doff, stanliss stell  dan chorome hanya ada pada tipe tertentu. Kalaupun ada warna seperti motif pelangi itu hanya buatan perusahaan lain.


Mungkin menurut masbro efek pelangi yang terpancar pada leher knalpot adalah cat, faktanya pernyataan tersebut salah. Warna rainbow dari knalpot merupakan hasil ilmiah dari bahan titanium dan besi yang dipanaskan pada suhu tertentu. Bahkan saat ini jari-jari velg juga ada yang motif pelangi. Karena cukup unik harga jualnya pun cukup mahal 500rb.an tergantung merk dan suara yang dihasilkan.

Baca juga Cara Murah Menghilangkan Warna Kuning Pada Knalpot Stainless 

Bila pengen tampil beda tak ada duit tenang saja karena cara membuat leher knalpot standar jadi warna pelangi layaknya merk R9 bisa dilakukan sendiri. Ngak percaya ?? memang teknik ini belum banyak yang tahu, bila anda penasaran langsung saja praktekan dan segera lihat hasilnya.

Sebelum melangkah lebih jauh siapkan beberpa bahan seperti :
  • Ampals air nomor 120, 240, 400 dan 200. Cukup siapkan 1 lembar disetiap nomornya.
  • Lap bersih kering dan halus. Saran saya memakai kain levis untuk proses ini
  • Watu ijo
  • Minyak tanah
  • Autosol Metal Polish dan
  • Air secukupnya
Ngak perlu panjang lebar langsung saja amplas bagian leher kenalpot yang berkarat hingga bersih memakai grid kasar terlebih dahulu nomor 240. Bila karatnya terlalu tebal gunakan amplas lebih kasar bisa pakai nomor 120. Biar cepat rontok basahi leher dan knalpot dan oleskan sabun colek saat mengamplasnya.

 


Untuk memperoleh hasil yang halus pengamplasan wajib diulang kembali pakai ukuan lebih halus dengan urutan 120, 240, 400 dan 200. Kemudian keringkan untuk menuju tahap berikutnya. Jika tidak terlalu tebal butuh waktu 60 menit untuk menghilangkan karat pada knalpot, untuk motor yang tergolong baru sih ngak teralalu lama buat ngilangin tu karat. 

Steep selanjutnya adalah proses poles/mengkilapkan, anda bisa memulainya dengan cara menghaluskan watu ijo dengan cara mengiris tipis layaknya gula merah. Selanjutnya tempatkan pada gelas kecil dan larutkan dengan minyak tanah. Jangan terlalu encer ya masbro, cukup dibaut seperti pasta.

Baca juga Cara Cat Carbon Water Printing Pada Body Motor 

Oleskan pasta watu ijo secara merata pada permukaan leher knalpot dan gosok berulang-ulang pakai kain levis. Proses polishing ini membutuhkan waku cukup lama dan menguras sedikit tenaga masbro jadi butuh kesabaran untuk hasil lebih baik. Poles bisa dihentikan jika gulu banyak knalpot jadi kinclong mendekati chrome celup.


Selanjutnya tinggal proses polishing pakai si pasta ajaib autosol biar makin mantap, untuk caranya sih hampir sama dengan yang tadi tinggal oles secara merata lalu gosok berulang kali. Semakin kinclong warna rainbow pada knalpot akan semakin terlihat.


Terakhir tinggal memanaskan knalpot agar warna biru kekuningan terlihat, ngak usah binggung bro tinggal pakai buat muter-muter tu motor. Jarak idealnya sih 15 km warna rainbow akan terlihat, bila warna chrome masih terlihat menandakan knalpot masih kurang panas.

Gampang bukan mas bro ?? Kunci keberhasilanya adalah proses pengamplasan, semakim halus hasilnya efek pelangi akan jelas terlihat. memang sih banyak yang berpendapat tahap mengamplas merupahan yang paling membosankan dan butuh waktu cukup lama. Tenang masbro.. rasa capek akan terbayarkan dengan hasil yang di dapat.


Oh iya masbro untuk membuat warna knalpot rainbow kita hanya bermodalkan Autosol 50grm 18rb dan 42rb untuk membeli watu ijo 500grm, biar ngak terlalu ngeluarin uang mas bro bisa patungan sama temen buat beli batu ijo.. Jadi modal kita bisa lebih irit, kain levis sih ngak usah beli bisa pakai celana bekas atau bisa beli ditoko bangunan.

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome 

Dari semua rangkuman cara membuat leher knalpot warna pelangi totol membutuhkan waktu 4 jam dan uang 60rb buat beli bahan masbro, proses paling lama sih saat mengamplas. Untuk perawatanya sih cukup mudah ya masbro tinggal menjaga kebersihanya terlebih saat musim hujan, sesekali lakukan polishing pakai autosol.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas