Penyebab dan Cara Mengatasi Clear Coat Mengelupas


Mengaja cat mobil agar teteap mengkilap bukan perkara gampang, terlebih jika sudah di repair ulang dimana kita tidak tau seberapa baik kualitas matrial yang dipakai. Tak hayal jika sering dijumpai ada beberapa cat mobil yang mengelupas. Sebenarnya cat mobil terdiri dari berbagai lapisan, diawali dari lapisan cat dasar epoxy primer sebagai pelindung logam agar tidak kropos, ke dua ada base coat untuk memberi warna pada panel yang dicat, terakhir ditutup dengan lapisan clear coat untuk mengkilapkan warna cat sekaligus sebagai pelindung agar tidak gampang pudar dan tergores.

Meski bahan berkualitas namun saat diaplikasikan memakai teknik yang keliru tentu jadi penyebab cat maupun clear coat gampang mengelupas. Saya sarankan jangan sembarangan mempercayakan urusan repair ulang di bengkel asal-asalan yang hanya menginginknan keuntungan semata tanpa mengutamakan kepuasan pelangan. Mengecat ulang mobil perlu dilakukan oleh tenaga yang sudah profesional seperti dibengkel saya.

Bahan untuk mengecat dibedakan menjadi dua tipe yakni PU dan NC, lantas manakah yang lebih baik ? PU atau polyuster merupakan bahan yang saya sarankan anda pakai untuk mengecat ulang body mobil baik dari pemakian cat maupun clear coatnya serta aplikasikan thinner PU(bakar) sebagai pelarutnya.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor 

Tak hanya satu bila diuraikan banyak sekali dampak yang timbul akibat keluirunya teknik atau cara yang dipakai saat proser repair mulai dari clear coat meleleh, cat lama kriting, timbulnya bintik-bintik dipermukaan cat atau clear coat mobil mengelupas.

Sebenarnya beberapa permasalahan diatas dapat dihindari atau dicegah bila kita sudah mengetahui tekniknya. Bayangkan coba cat baru umur 3 bulan malah mengelupas, apa ngak jadi binggung coba? udah susah payah dikerjaan dan memakan biaya cukup banyak namun hasil yang di dapat kurang memuaskan.

Baca juga Penyebab dan Cara Mengatasi Clear Yang Tidak Mau Kering 

Permasalahan yang kadang timpul adalah clear coat mengelupas. Kita tahu fungsi clear adalah sebagai pengkilap sekaligus pelindung cat dari panas matahari dan bisa dijadikan anti gores. Jiaka rusak tentu langsung bertanpa pada cat yang membuatnya kurang menarik lagi bahkan cukup risih dipandang mata.


Jika sudah menempel dan mengering clear akan berubah seperti lapisan plastik berwarna bening, jika kita tarik/kerok justru malah semakin meluas. Lantas apa yang dai menyebab clear coat tidak menempel pada cat ??

yang pasti permasalahan ini disebabkan saat proses pengamplasan tidak dilakukan dengan benar, alhasil partikel debu, kotoran dan jamur yang menempel pada permukaan cat alhasil clear tidak menempel atau hanya ngambang yang suatu saat dapat mengelupas.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya 

Langkah pengamplasan memang penting dan pastikan memakau urutan amplas yang benar agar tidak merusak permukaan cat. Selain itu proses clear yang tidak dilakukan seketika juga jadi penyebabnya. Begini mangsud nya jika mengecat hari ini maka langsung dilapisi clear coat selagi cat dalam kondisi agak basah, jika ditunda besok justru permukaan cat tertempel butiran debu sehingga pernis tidak kuat menempel.


Cara mengatasi clear coat yang mengelupas

Untuk menghilangkan clear terkelupas ya harus dicat ulang, namun sebelumnya kerok seluruh permukaan clear yang terkelupas bisa pakai kape secara perlahan dan amplas sampai bersih tidak ada jamur dan kotoran menempel yang menjadi penyebab pernis tidak menempel. jika ada bagian yang baret anda bisa mendempulnya pakai dempul odol/spot.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas