Kilap Mana ? Perbedaan Clear Coat HS dan MS

Perbedaan clear coat HS dan MS - Haloo dulur.. Untuk menghasilkan cat kilap basah urutan cara mengecat mobil perlu langkah tepat. Pengecatan merupakan sebuah metode dimana diperuntukan mempercantik sebuah benda atau sekedar memperbaiki kerusakan pada body mobil yang mengalami baret tipis maupun dalam. Repair ulang juga bisa jadi pilihan untuk memperbarui  atau mengubah tampilan kendaraan.

Langkah-langkah baik dan benar dibutuhkan dalam metode pengecatan mobil maupun motor, karena sedikit saja teknik yang dipakaia keliru hasil yang didapat jauh dari kata sempurna. Tak sedikit pemula yang mencoba melakukan repair sendiri namun hasil yang didapat kurang memuaskan. Beberapa kegagalan yang ditemui diantaranya, clear terlihat kurang glossy/lebih kusam, cat terlihat kurang rata, bahkan ada beberapa yang keriting atau meleleh. Baca juga Jenis Clear Blinken Yang Paling Bagus Untuk Mobil dan Motor 

Selain teknik mengecat cara mendempul dengan baik dan benar tak kalah penting, pasalnya estetika mobil akan terlihat bila permukaanya terlihat rata/tidak bergelombang dan nat mobil harus lurus dan menyatu satu sama lain atau tidak bengkong. Lucu juga kan bila cat sudah bagus dan mengkilap tapi pendempulanya masih acak-acakan. Yaa ibarat kata bgai sayur tanpa garam gitu, serasa ada yang kurang hheheee

Pemilihan bahan juga tak kalah penting lo masbro.. pasalnya untuk menghasilkan cat kilap basah dibutuhkan bahan bekualitas. Untuk bahan mengecat mobil ada dua pilihan ya masbro yakni NC nitrocelulosa dan PU polyurethane. Jadi bila mengutamakan kualitas gunakan bahan tipe PU baik untuk cat dan clear coatnya, tinner untuk clear pun juga pakai PU ya masbro.

Perbedaan clear Coat HS dan MS kincolong mana??

Untuk menghasilkan cat kilap basah lebih lama tentu keberadaan pernis sangat dibutuhkan, tapi yang dipakai jangan clear doff ya sob. Seperti yang sudah saya sampaikan tadi clear Coat juga ada dua tipe yakni PU dan NC, bila mengutamakan kwalitas saran saya gunakan tipe PU meski harganya lebih mahal.

Baca juga Perlukah Cat di Amplas Sebelum di clear coat 

Namun perlu anda tahu bahwa clear untuk mobil dan motor ada dua jenis yaitu HS high solid dan Ms medium solid, dimana memiliki perbedaan signifikan terutama soal tingkat glossy serta waktu pengeringan.  Meski berbeda keduanya bisa diapliaksikan diluar ruangan saat proses pengecatan berlangsung atau tanpa mesin oven.


 

Dapat disimpulkan pernis hs lebih unggul dimana selain memberi tingkat glossy lebih tinggi juga mampu menghasilkan lapisan film tebal dan lebih keras, tak heran banyak yang menamainya clear coat tahan gores. Clear Hs ini mampu bertahan dibarbagaai cuaca, korosi serta melindungi body dari abrasi, sedangkan tingkat kekerasan bisa mencapai hampir di angka 100.

Baca juga Update Biaya Cat Ulang Mobil Full Body Bengkel Auto 2000 VS Biasa 

Sedangkan tipe Ms grade atau kualitasnya dibawah hs baik untuk tingkat kekerasan maupun kilap yang dipancarkan saat kering.ya masbro. Sementara untuk lapisan film nya mencapai 85 hampir mendekati HS, namun untuk waktu pengeringan clear medium slid justru lebih cat meski diaplikasikan diluar ruangan sekalipun.

Beberapa merk clear HS diantaranya sikkens, autoglow kaleng gepeng HS 2080, Hartwell, spies heacker 8450, Nipoon nax superior 291, blinken hs 8100 dan yang lainya. Sementara untuk Ms autobright, blinken ms 2500, laba laba 3000, spies heacker 8040 sert merk lainya.

Jadi sudah sangat jelas kan masbro perbedaan clear coat hs dan ms baik dari segi harga kualitas serta lama pengeringan. Sekarang kembali pada masbro mau pilih tipe mana sebagai lapisan coatingnya. Semoga bermanfat dan terimkasih kunjunganya. Lain waktu akan kabi pedah infi menarik lainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas