Cara Mudah Membersihkan Kerak Oli Pada Mesin Mobil

Cara Membersihkan Kerak Oli Pada Mesin Mobil - Tak bisa dipungkiri mesin yang awalnya bersih lama kelamaan banyak bermunculan tumpukan kerak yang mengurangi estetika sebuah kendaraan. Tentu noda tersebut sulit hilang hanya dengan air dan sabun detergen saja, dibutuhkan cairan khusus untuk melunakanya sehingga mudah dibersihkan.

Penyebab terjadinya kerak oli pada mesin

Seperti yang kita tahu semua mesin membutuhkan oli untuk pelumasi beberapa park didalanya untuk mengurangi gesekan antara komponen lain saat dihidupkan. Selebihnya untuk mengurangi suhu panas berlebih yang disebabkan oleh gesekan tersebut. Mana tak heran bila oli yang aus memiliki dampak besar pada beberapa komponen nantinya, bahkan bisa mengalami tune up.

Namun selain mengalami mesin aus, ada beberapa permasalahan yang cukup mengintai. Saat mesin sedang bekerja terkadang ada sisi oli yang tersisa pada sela sela mesin, sehingga saat kondisinya panas menimbulkan kerak karbon ditambah dengan partikel debu yang terkadang ikut menempel. Jika dibirakan kerak ini akan menumpuk dan menebal, sehingga membuatnya kurang sedap dipandang mata bahkan mampu mengurangi performanya.

4 Cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil


1. Engine Degrease

Cairan yang sangat penting dipersiapkan untuk menghilangkan noda oli pada mesin adalah engine degrease. Cara menggunakanya juga terbilang cukup simpel ya, tinggal kocok beberapa saat lalu semprotkan atau bisa dibasahi ke kain dan lap ke bagian mesin yang tekah kotor tadi. Lakukan secara berulang hingga hingga kotoran dan bekas oli luntur dan benar-benar bersih.



Selanjutnya bisa memakai lap yang agak basah, untuk mengelap bagian yang sudah bersih tadi. Lap secara merata hingga tidak ada sisi kotoran bekas lelehan bekas kotoran yang kita semprot tadi. 

Untuk bagian yang agak rapat dan tidak bisa dijangkau tangan, bisa dibersihkan dengan kuas kecil atau sikat gigi. Tentunya sebelum disikiat sudah disemprotkan engine degrease tadi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah soket serta sambunngan kabel. Untuk menghindari konsleting listrik sebaiknya cukup dilap bagian ini, agar tidak ada cairan yang menyelinap diantara soket tersebut.

Baca juga 4 Kelemahan Cat Ulang pada mobil Yang Harus Diketahui

Oh ya.. Sebelumm melakukan proses ini, kondisi mesin harus benar-benar dingin. Bila kondisinya panas disiram bagian yang sebelumnya memuai akan mengerut dan parahnya bisa membuat kebocoran yang susuah terdeteksi.

2 Engine Flush



Berikutnya bisa memakai engine flush yang berbentu detergen. Tentunya tidak seperti detergen biasanya, karena engine fludh berkeja khusus membersihkan kotoran serta melunturkan kerak oli hingga ke jalur mesin. Baca juga Update Biaya Cat Ulang Mobil Full Body Bengkel Auto 2000 VS Biasa

Satu hal yang perlu anda tahu adalah peralatan atau cairan ini tidak sama dengan Engine Conditioner yang bisa membersihkan ruang mesin. Namun pembersih ini bisa dipakai khusus untuk membersihkan jalur oli untuk mesin mobil agan.

3. Engine Conditioner

Menghilangkan kerak oli yang tersimpan di mesin mobil tidak cukup hanya dengan alat bantu atau bahkan hanya menyiramkan air ke dalam ruang mesin. Dibutuhkan cairan khusus untuk menghilangkan kerak pada mesin.


Engine conditioner saat disemprotkan berbentuk busa, namun bila kita diampkan akan menjadi cair. Jadi kita cukup menyemporkanya pada ruang mesin berkerak tunggu beberapa saat hingga noda melunak dan bisa dilap dengan kain yang kering. Untuk bagian sila sempit bisa pakai sikat gigi.

Baca juga Biaya Perbaikan demper mobil yang lecet dan penyok

Daya luntur engine conditioner tergolong baik karena akan merontokan bekas oli dalam bentuk cair bukan pecahan sehingga tidak merusak mesin. Cairan ini juga bisa mengurangi endapan kerak pada piston atau klep. Caranya cukup buka busi dan bisa langsung menyemprotkan cairan ini, diamkan beberapa saat agar bereaksi.

4. Perawatan Secara Berkala



Untuk menjaganya selalu tetap bersih anda bisa melakukan perawatan secara berkal paling tidak saat mobil dicuci. Gunakan sikat gigi serta lap microfiber untuk membersihkan seluruh bagian mesin. Kerak ol memang sangat menggangu karena tidak hanya membuat mesin terlihat kotor, tadi juga membuat performanya jadi berkurang. 

Bagai mana, mudah bukan cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil jika kamu masih ragu melakukanya sendiri agan bisa menyerahkan tugas ini pada ahlinya. Toh saat ini banyak jasa car wash yang nenawarkan poles mesin. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjuganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas