3 Cara Singkat Mengkilapkan Cat Mobil Warna Hitam

Cara singkat mengkilapkan cat mobil warna hitam - Hallo dulur - Dari tahun ke tahun permintaan kendaraan mobil semakin meningkat baik itu kondisi seken atau baru. Ini bisa dibuktikan dari masyarakat kabupaten tuban yang berbondong-bondong membeli mobil mewah bahkan pihak deiler sampai kualahan kehabisan stok unit akibat banyaknya pembeli. Itu baru satu lokasi ya masbro belum dikota lainya, tak heran bila saat ini kemacetan juga terjadi dijalan perkampungan.

Saat masih baru kondisi mobil sangatalah kinclong terutama pada warna hitam, bahkan untuk menjaga agar tetap glossy ada beberaapa yang memberi perlindungan nano ceramic coating agar lebih awet dan nampak seperti kaca berjalan. Namun harga nano ceramic terbilang cukup mahal bisa 2-5 jutaan tergantung besar kecil kendaraan serta kualitas bahan yang dipakai.

Namun sering berjalanya waktu tentu warna cat pada mobil tentu ada masanya, bahkan bila jarang dirawat justru mudah sekali kusam ditumbui jamur sedangkan warna putih jadi menguning akibat kurangya perawatan. Sebetulnya proses detailang mobil cukuplah simpel ya mabro, cukup mencucinya saat sedang kotor serta melakukan proses wax jika diperlukan.

Dari semua jenis cat mobil warna hitam tergolong membutuhkan perawatan ekstra agar senantiasa mengkilap. Pasalnya debu mudah sekali menempel, ini bisa dibuktikan bila saat parkir ditepi jalan dalam hitungan jam sudah dipenuhi partikel debu. Tentu bila hal ini sering terjadi justru mempercepat kerusakan pada lapisan cat, ditambah jamur atau bekas bercak air tentu akan memperburuk keadaan.

Cara Mengkilapkan Cat Mobil Warna Hitam

Sebetulnya cat mobil yang sudah kusam bisa kembali kinclong tanpa perlu repair ulang yang memakan biaya yang tak sedikit, untuk full body saja bisa 5 jutaan bahkan lebih tergantung tingkat kerusakanya. Ya tanpa perlu ke salon kita bisa melakukanya sendiri dirumah dengan catatan kondisi cat masih mulus, tidak ada permukaan yang retak, baret dalam dan warnanya masih utuh/tidak pudar.

Ya.. Proses poles merupakan langkah ampuh membuat cat mobil kinclong kembali khususnya pada warna hitam. Namun sebelumnya kita butuh peralatan yang cukup mumpuni diantaranya :

Mesin Poles

Foam pad woll pad

Kompon Putih

Cairan Wax dan

Amplas 2000(bekas) 


  • Steep Pertama


Langkah awal yang perlu dilakukan adalah tahap pengamplasan dengan ukuran 2000 bekas. Dengan memakai amplas bekas teksturnya tidak begitu tajam jadi tidak terlalu banyak mengkikis lapisan clear coat. Jika bekas agar tidak terlalu tajam kita bisa melipat amplas kemudian gosokan secara berulang agar teksturnya tidak begitu tajam.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Jaka sudah kita bisa memulai tahap pengamplasan ke seluruh body mobil. Cukup diamplas secara perlahan dan tidak perlu ditekan terlalu kuat agar tidak menimbulkan baret dalam. 

Sebetulnya langsung dipoles sah sah saja, hanya saja daya kilap yang didapat kurang begitu maksimal. Proses pengamplasan bertujuan untuk mengangkat/menghilangkan partikel jamur, bercat air yang menempel pada permukaan cat. Jadi sekali lagi saat mengamplas jangan terlalu ditekan, cukup diamplas dengan gerakjan lari-lari.

  • Steep Kedua


Untuk mengkilapkan kembali cat mobil warna hitam steep berikutnya adalah tahap polishing dengan kompon putih. 

Oleskan kompon putih secara merata pada permukaan cat kemudian poles dengan woll pad terlebih dahulu hingga warna cat memancarkan glossy secara maksimal. Untuk satu panal idealnya proses pemolesan bisa 15-20 menit tergantung seberapa parah kusamnya.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Body Mobil

Jika sudah ulangi tahap pemolesan sekali lagi namun kali ini pakai foam pad. Langkah ini bertujuan untuk menghaluskan sekaligus meningkatkan efek glossy pada cat. 

Sebetulnya langsung foam pad bisa saja, hanya saja proses pemolesan bisa lebih lama serta hasil yang kita dapat kurang begitu maksimal.

Tekstur woll pad yang keras dan lebih kesat membuatnya mampu mengangkat partikel jamur serta bekas bercak air terutama pada kap depan secara cepat.

  • Steep Ketiga

Langkah terakhir adalah ditutup dengan proses wax. Tujuan wax adalah menghilangkan bekas kompon pada permukaan cat yang terlihat seperti kabut sekaligus meningkatkan glossy pada permukaan cat lebih lama dan tetap terlihat wet look meski dicuci berulang dengan air sabun.

Beberapa cairan wax yang bisa agan pakai ada beberapa merk ya, mulai dari produk kit, Turtell wax, 3M metal car wax dan lainya.

Proses wax bisa dilakukan secara manual pakai tangan atau mesin poles pakai foam pad. Caranya sih tidak begitu sulit ya, cukup oleskan secara merata pada permukaan cat yang sudah kita poles kemudian gosok dengan gerakan melingkar dengan lap microfiber hingga mengkilap nampak kaca.

Namun jika menginginkan hasil lebih maksimal gunakan mesin poles saat melakukan tahap wax ini memakai foam pad selama beberapa menit.

Cara merawat cat mobil warna hitam solid dan metalik

Untuk menjaganya tetap mengkilap aplikasi proses wax setidaknya satu atau dua kali sebelum atau jika warna glossy cat mulai redup. Begitupun juga saat penting untuk menjaga kebersihannya dengan mencuci jika kondisinya kotor atau setelah kehujanan.

Baca juga 4 Kelemahan Cat Ulang pada mobil Yang Harus Diketahui

Jika diperlukan ulangi dapat poles dengan kompon putih tadi. Namun jangan dilakukan terlalu sering ya masbro. Seperti yang kita tahu kompon bersifat abrasif yang mengikis struktur lapisan cat, Jadi penggunaan nya perlu disesuaikan.

Oke cukup gampang bukan cara mengkilapkan kembali cat mobil warna hitam yang kusam. Jadi untuk menjaganya senatias kinclong sebetulnya cukup simpel yakni dengan menjaga kebersihanya serta mempolesnya kembali jika diperlukan. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas