3 Cara Membedakan Cat Mobil Asli dan Sudah Dicat Ulang

Cara Membedakan Cat Mobil Asli dan Sudah Dicat Ulang -  Banyak alasan mengapa beberapa orang memutuskan untuk mengecat kembali kendaraanya. Diantaranya untuk menghilangkan bekas baret, penyok atau bekas tabrakan. Namun ada juga yang merasa bosan dengan warna lama sehingga proses repair pergantian warna perlu dilakukan. 

Proses cat ulang sendiri setidaknya ada dua metode yakni memalui proses oven dibengkel resmi atau bengkel biasa pinggir jalan yang hanya mengandalkan panas matahari. Sebetulnya keduanya tidak ada perbedaan yang signifikat ya, dengan catatan bengkel biasa memakai bahan berkualitas baik untuk pemakainya topcoat maupun clear coatnya.

Khusus untuk mobil kondisi cat sejatinya mempengaruhi harga jualnya. Banyak diluar sana yang mencari mobil bekas dengan kondisi cat yang mulus sukur-sukur masih original pabrik dan masih kaleng saat diketuk tangan. Yaa.. Beberapa orang beranggapan bila sudah direpair ulang mobil tersebut memiliki riwayat buruk, mulai bekas lakalantas yang ditata ulang sedemian rupa agar meningkatkan nilai jual. Tentu ini akan merugikan anda jika salah memilihnya.

Cara membedakan cat mobil asli dan sudah dicat ulang

Bagi anda yang sedang mencari mobil bekas penting untuk mengetahui ciri-ciri cat mobil ori pabrik dan sudah pernah direpair ulang. Sebetulnya sangatlah mudah dibedakan kok hanya butuh kejelian mata, nah berikut adalah beberapa kriterianya kendaraan yang pernah repair ulang baik melalu proses oven atau biasa.

Repair AutoClinic


Tekstur Cat

Jika diperhatikan secara seksama tekstur cat mobil ori terlihat seperti kulit jeruk namun teksturnya lebih teratur dan terlihat kencang mengkilap, kaluapun kusam akibat tertutup jamur atau bercak air water spot. 

Baca juga Teknik Yang Benar Cara mengatasi Clear Kulit Jeruk

Mengapa demikian ? Proses pengecatan mobil pabrik memakai teknologi robot diruang tertutup dan disetting sedemikian rupa. Jadi tekstur cat disetiap sisi baik pada lekukan lebih rata dan tidak ada cat maupun clear coat meleleh.

Pengecatan pabrik dilakukan diruang tertutup memakai mesin oven dengan panas yang stabil 100 derajak celcius. Tentu ini berdampak langsung dengan hasilnya dimana cat terlihat kencang kering sempurna dan lebih tahan terhadap berbagai cuaca ekstrim baik panas, hujan atau dalam suhu dingin sekalipun. 

Ini jelas sangat berbeda bila mobil sudah pernah repair ulang dimana cat cenderung lebih pucat dan bila dilihat dari dekat secara teliti ada partikel debu kecil yang menempel pada permukaan clear coat. Tekstur kulit jeruk pada cat ulang juga cenderung lebih kasar bahkan terlihat besar besar meski sudah dipoles sekalipun.

Baca juga 4 Kelemahan Cat Ulang pada mobil Yang Harus Diketahui

Jika diamati dari dekat ada beberapa partikel debu yang menempel bahkan ada bekas serangga kecil yang hinggap. Ya karena dikerjakan dengan tangan manusia terkadang ada beberapa kesalahan kecil seperti clear coat bolong bolong bahkan ada bintik-bintik kecil dipermukaannya dan terlihat kurang kencang.

Ya meski melalu proses oven bengkel resmi namun suhu panasnya hanya 70 derajad celcius, kalau 100 derajad celcius ya pasti leleh kan masbro komponen seperti kaca, jok, bahkan ban.

Jadi meski proses reapir ulang dibengkel resmi dengan mesin oven sekalipun tidak bisa menyamai cat ori pabrik yang pengecatanya dilakukan perpanel dengan robot yang disetting secara paten. Ya.. meski cat bengkel resmi terkadang ada beberapa partikel debu yang menempel pada permukaan clear coat dan tekstur kulit jeruk cenderung berbeda.


Terlihat Belang

Bila mobil tersebut pernah dicat ulang warna mobil bila diperhatikan cendrung belang. Biasanya kendaran yang mengalami baret atau penyok dibagian hanya bagian tersebut yang direpair. Jika cat yang dipakai tidak benar-benar sama dengan cat lama akan cenderung belang bila dibandingan dengan panel sisinya.

Tak heran bila terlihat perbedaan warna antara cat asli orisinil pabrik dan cat ulang, antara panel satu dengan lainya. Biasanya yang paling terlihat adalah warna warna metalik terutama silver.


Terdapat Garis pembatas Cat

Bila pernah dicat ulang terkadang sambungan cat jelas terlihat bila diperhatikan dari sisi samping. Terkadang untuk memangkas biaya pemilik mobil hanya mengecat bagian yang rusak/baret, jadi sambungan cat baru dan cat lama jelas terlihat. Meski sudah disamarkan dengan proses amplas dan kompon akan tetap terlihat bila kita jeli mengamatinya.

Baca juga Update Biaya Cat Ulang Mobil Full Body Bengkel Auto 2000 VS Biasa

Ciri lain yang bisa kita lihat adalah ada beberapa komponen atau park yang terkena percikan cat, misal pada handle pintu atau lis kaca atau lampu.  

Untuk melihat beberapa perbedaan tersebut sebaiknya amati saat siang hari di tempat teduh dalam ruang terbuka. Kita cukup mengamati dari sisi samping dengan jarak yang dekat, bila diliat dari depan berhadapan akan sulit terlihat. Sesekali kita amati dari jarak agak jauh paling tidak 3-5 meter untuk melihat belang tidaknya cat.

Yaa mengecat mobil memang bukan perkejaan mudah bila dilakukan dengan asal tentu kesalahan demi kesalahan akan jelas terlihat. Ya.. Jika dipikir kebelang yang namanya kerajinan tangan tentu ada berapa kekurangan, muali timbulnya bintik-bintik dipermukaan cat, clear coat bolong-bolong dan lainya. Beda bila dikerjakan dengan mesin robot yang sudah disetting sedemikan rupa agar tidak ada kesalahan sekecil apapun.

Nah demikian tadi sedikit bocoran cara membedakan cat mobil asli dan sudah dicat ulang sebetulnya sangat mudah mengetahuinya meski orang awam sekalipun. Hanya butuh kejelian mata agar tahu tahu beda nya. Semoga bermanfaat dan tetap jeli untuk memilih kendaraan bekas agar memiliki nilai jual dikemudian hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas