5 Perbedaan Spray Gun F75 dan K3 Untuk Cat Motor dan Mobil

Perbedaan spray gun f75 dan k3 untuk cat mobil dan motor - Hallo dulur.. Spraygun merupakan alat penting yang menjadi penentu bagis tidaknya hasil pengecatan anda. Ya.. Fungsinya sebagai pelontar cat ini memang cukup fital bila salah pilih atau tidak bisa menggunkan dengan baik dan benar cat justru menjadi tekstur kulit jeruk, tentu bila ini terjadi akan mengurangi nilai sebuah estetika kendaraan.

Secara umum spray gun untuk mengecat terdapat dua pilihan yakni tabung atas dan tabung bawah dengan fungsi yang berbeda. Namun jika ingin mengecat sekarang sudah tersedia spray gun elektrik diaman tidak butuh tekanan udari dari kompresor, jadi penggunaanya lebih praktis tinggal sambungkan ke listrik udara akan keluar dari lubang nozzel beserta cairan cat yang telah dikabutkan.

Untuk menjaga agar selalu dalam performanya sebaiknya cuci bersih setelah diguanakan, bisa pakai thiner Super atau A. Cara membersihkanya pun tidak lah rumit ya masbro, bisa menggunakan sikat untuk menghilangkan sisa residu cat baik di dalam cup penampung cat atau pada nozzel luar dalam dan pastikan tidak ada sumbatan disetiap sisi lubangnya. Tidak disarankan merendam ke dalam thinner dalam waktu lama tindakan ini justru membuat seal di dalamnya kehilangan elastilitas yang berujung spray gun mengalami kebocoran.

Perbedaan Spray gun F75 dan K3 untuk cat mobil dan motor 

Banyak yang masih binggung beda spray gun tipe F75 dan K3, sebetulnya dari segi fungsi sama saja yaa yakni sebagai alat mengantomisasi cat yang awalnya cair kemudian dikabutkan agar keluar lebih dapat dan lembut. Namun untuk spesifikasi jelas berbeda ya masbro, toh jika kita lihat dari segi ukuran udah besar kecil.


Spray Gun F75

Idealnya f75 difungskan untuk pengecatan objek yang lebar misal untuk mengecat body mobil. Dengana ukuran Nozzel besar 1.5 mm membuatnya mampu menyemburkan cat dengan jarak yang lebar. Jadi bila untuk pengecatan objek kecil akan banyak residu cat yang terbuang sia sia. Baik untuk topcoat maupun clear coat sumua bisa dilakukan tipe f75. Baca juga Merk Spray Gun Yang Bagus dan Murah Untuk Pemula



Spesifikasi

Ukuran nozzel : 1.5 mm

Operating pressure : 3.5 - 4.0 bar/2.5 - 4.5kgf/cm2

Lebar sebar : 150 - 180 cm

Jarak pengecatan : 15 - 20 cm

Cup tabung : 400 cc

Tipe tabung : Gravity tabung atas

Air consumption : 4.5 - 7 kfm

Sementara dari segi harga yang pasti lebih mahal ya masbro, namun semua kembali pada matrial barang itu sendiri serta merknya. Untuk harga murah mulai 100 ribuan dan yang bahal dengan kualitas terbaik bisa 500 bahkan jutaan rupiah. Namun anda perlu jeli membeli ya masbro, pasalnya saat ini banyak terjual bebas meiji palsu yang perlu anda ketahui.


Spray Gun K3

Sementara untuk tipe k3 paling pas dipakai untuk pengecatan body motor dengan luas yang tidak begitu lebar. Untuk mengecat mobil sih bisa sebetulnya, hanya saja proses pengerjaan memakan waktu lama dan cat cenderung tebal tipis bahkan belang. Mengapa demikian ? Beda dengan Spraygun F5 dengan nozzel besar, sementara ukuran nozzel k3 hanya 0.5mm. Tentu ini membuat semburan cat yang keluar tidak begitu lebar. Baca juga Woow... Ternyata Ini Perbedaan Spray Gun K3 dan K3A



Spesifikasi

Tipe tabung : Tabung atas gravity

Kapasitas tabung : 200 CC

Diameter nozzel : 0.5 mm

Bentuk nozzel : Flat / Datar

Lebar pola : 100 - 150 mm

Jarak pengecatan : 10 - 15 cm

Working pressure : 3.0 - 4.0 bar

Konsumsi udara : 2 kgf/cm2

Sementara untuk segi harga tidak ada selisih yang signifkan ya masbro untuk harga biasa 100 ribuan dan yang kualitas tinggi 500rb bahkan lebih. Namun jika masih pemula sebiaknya pakai yang biasa sudah bagus kok, hanya saja usia pakainya mungkin lebih singkat jadi rajin-rajin lah untuk membersihkanya.

Baca juga Penyebab dan Cara Atasi Spray Gun Tidak Keluar Cat


KESIMPULAN

Jadi dapat disimpulkan perbedaanya ada pada ukuran nozzel, kapasitas cup serta tekanan angin yang diperlukan. Sementara untuk fungsi F75 lebih ke mobil dengan objek lebar dan K3 untuk pengecatan body motor, keduanya bisa untuk mengapliaksikan topcoat, clear coat maupun epoxy. Namun sebaiknya penggunaan bisa disendirikan, jadi kita perlu tiga spray gun dengan fungsi yang berbeda.

Nah jadi sudah tahu ya fungsi dan perbedaan spray gun f75 dan k3 untuk cat mobil dan motor. Apabila diaplikasikan sesui kegunaanya tentu menghasilkan repair yang baik. Semoga bermanfaat dan terimaksih kunjunganya. Nexs akan kami unboxing peralatan pengecat lainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas