Daftar Merk Cat Duco Terbaik Untuk Mobil dan Motor

Daftar Merk cat duco terbaik untuk mobil dan motor - Hallo dulur.. pengecatan merupakan langkah yang diambil sejuta umat untuk meremajakan sebuah kendaraan. Mungkin bagi yang berkocek besar membeli mobil baru pilihan yang tepat dan lebih praktis namun hal ini berbanding terbalik yang berbudget tipis pasalnya untuk lebih kendaraan baru tubuh modal ratusan juta bahkan milyaran pada tipe tertentu.

Sedangkan untuk proses repair terdapat dua piliha yakni melalui bengkel resmi langsung atau lebih memilih bengkel pinggir jalan dengan biaya cukup murah. Untuk Full body mobil saja biaya restorasi 10 juta bahkan lebih tergantung kondisi dan besar kesil kendaraan. Sedangkan bengkel biasa 5 - 10 juta

Sebetulnya proses pengecatan ulang mobil bisa dilakukan sendiri dirumah namun perlu menyiapkan beberapa peralatan pendukung diantaranya spray gun dan kompresor. Untuk mobil kami sarankan pakai spray gun F75 atau F100 dengan tipe tabung gravity.

Sementara untuk pemilihan barang perlu diperhatikan yaa.. Untuk menghasilkan cat kilap basah dibutuhkan clear coat berkualitas tinggi sedangkan untuk catnya pakai tipe cat Duco, tidak disarankan memakai cat sintenis atau cat tembok.. hehehe

Daftar merk cat duco terbaik untuk mobil dan motor

Untuk mobil cat Duco dibedakan jadi dua tipe yakni PU bakar dan NC biasa. Tentu cat pu kualitas nya lebih unggul standar pabrik dengan harga lebih tinggi ketimbang yang biasa dengan kualitas standar. Jadi untuk kendaraan pribadi kami sarankan pakai cat bakar.

Cat Duco PU

1. Sikknes

Merk sikkens dari AkzoNobel merupakan produk auto refinishing premium kelas dunia dimana mampu menghasilkan cat dengan tingkat ketajaman warna kurat, tidak gampang pudar jaminan 5 tahun lebih serta proses pengeringan bisa dilakukan tanpa mesin oven atau out door dengan waktu 20-30 menit dengan menghasilkan permukaan yang lembut.


Ya termasuk cat  polyurethane yang banyak dipakai di bengkel kelas eropa yang dipalikasikan pada kendaraan mewah Jadi bila agan mengutamakan kualitas anda wajib memakainya sebagai lapisan cat inti(akhir). 

Produk sikkens sendiri saya jadikan bahan utama untuk mengecatan ulang mobil. Untuk hasil yang lebih maksimal aplikasikan clear coat dan thinner sikkens sebagai lapisan coating agar pengectan terlihat kilap basah lebih lama.

Karena termasuk kualitas dunia harga cat sikkens masih cukup mahal ya masbro 1 litternya 500rb bahkan tergantung tipe warnanya.

2. Spies Heacker

Jika mengutamakan kualitas tidak ada salahnya menjadikan spies heacker jadi warna cat mobil anda. Yaa. Spies hecaker murupakan merk cat PU yang kulitas dunia asal Jerman, tersedia banyak pilihan warna tipe solid maupun metalik sekalipun. 



Spies hecker sudah diproduksi 100 tahun lebih tepatnya pada tahun 1988 silam dimana sampai sekarang kualitasnya tetap dijaga dan banyak bengkel body repair bonafid asal Jerman sebagai bahana autorefinish untuk pengecatan mobil mewah dunia.

Spies heacker selalu mengkedepankan kualitas, dapat diaplikaskan dibengkel oven atau biasa dengan waktu pengeringan takjauh beda 20-30 menit sudah bisa diamplas atau ditimpa clear coat. 

Harga cat spies heacker berkisar 500 ribuan tergantung tipe warna, untuk pengecatan lebih maksimal aplikaiskan clear coat spies heacker agar cat kilap dalam waktu lama.

3. Auto Bright

Jika kedua merk tadi masih cukup tinggi, masih ada pilihan lain kok yakni dengan memakai autobright. Ya.. Meski kualitasnya dibawah sikkens dan spies hecaker auto bright masih tergolong tipe PU yang memberi ketajaman warna akurat, tahan diberbagai cuaca 5 tahun lebih serta tersedia tipe solid maupun metalik 

Baca Juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat

Auto bright memberi banyak pilihan warna baik diaplikasikan pada mobil klasik maupun sport masa kini untuk pengecatan ulang avanza atau kijang super. Agar warna cat tidak pudar gunakan merk clear coat jahan sebagai coatingnya. 

Harga cat pu auto bright berkisar 150 - 200 ribuan untuk warna tertentu seperti merah, xeralic atau violet. Sementara untuk proses pengeringan 20-30 menit diluar ruangan tanpa mesin oven.

4. Drasso

Selain autobright cat duco terbaik lainya untuk mobil atau motor bisa pakai Drasso tipe PU. Dimana mudah diapliaksikan dan gampang larut saat dicampur thinner dengan daya sebar cukup luas dan proses pengeringanya terbilang cukup singkat 20-30 menit saat kondisi panas.


Harga cat drasso hampir sama dengan auto bright 150 ribuan dan 200 ribu pada warna spesial. Sayangnya drasso hanya menyediakan warna-warna metalik, sementara solid belum tersedia.

5. Nabula

Referensi terakhir adalah produk Nabula sebagai bahan pengecatan ulang mobil anda. Nabula juga menyediakan warna ori avanza 2009 warna hitam dan inova 2009 yakni Black mica. 

Karena tipe PU nabula mudah larut bersifat cepat nutup dan memiliki daya sebar luas serta pengeringan lebih cepat dengan ketajaman warna tinggi serta tidak berubah meski terpapar sinar UV terus menerus. Jadi bila budget pas pasan bisa jadi pilihan untuk proses repair kendaraan anda.

Harga cat nabula masih cukup terjangakau 170 ribuan dan 200 ribuan pada warna-warna spesial.

Kelebihan dan Kekurangan Cat PU

Kelebihan memakai cat PU adalah tahan terhadap sinar UV, proses pengeringan lebih cepat dan bersifat cepat nutup dengan mengaplikasikan 3 lapis. Mahal sih memang namun kualitas yang didapat sangatlah sebanding untuk pengecatan kendaraan pribadi dengan memberi garansi 5 tahun lebih. Sementara untuk hasil maksimal aplikasikan clear coat PU untuk lapisan coatingnya.

Sementara untuk kekurangan saya rasa tidak ada ya masbro, ya mungkin kalau harga cukup tinggi memang.



Cat Duco NC

1. Danagloss

Cat NC pertama dengan kualitas terbaik adalah produk danagloss dengan harga 90 ribuan, namu sayang hanya menyediakan tipe cat solid. 

Baca juga Perlukah Cat di Amplas Sebelum di clear coat


Sementara untuk sifat cat nya mudah diaplikasikan degan daya sebar luas dan mudah larut dengan thinner. Saya sendiri pakai cat danagloss ini untuk pengecatan Pick up dengan warna putih tulang, untuk hasil cukup memuaskan sih. Jadi bisa anda coba untuk pengecatan kendaraan umum atau mobil tua yang klasik.

2. Kardiac

Selanjutnya ada produk dari kardiac, bila mencari cat warna hitam pekat anda bisa pakai kardiac. Beda dengan tipe cat NC lainya hitam kardiac memiliki ketajaman hitam tinggi dengan tekstur yang kental berdaya sebar luas. 



Dibanding dengan danagloss harga cat kardiak masih cukup tinggi 120 ribuan, sementara untuk warna spesial sedikit lebih mahal.

3. Glossy

Bila ingin mencari cat NC tipe metalik agan bisa pakai merk glossy dengan beberapa kelebihan yakni daya sebar luas, tekstur cat yang kental serta mudahnya proses pengaplikasian meski masih pemula. Glossy merupakan cat lama yang banyak diaplikasikan pada mobil panther tua, suzuki cerry, zebra dankendaraan tua lainya.



Meski tipe metalik dengan tekstur cat yang kental harga Glossy masih bersahabat ya kisaran 125 ribu dan untuk warna spesial merah 150 ribuan. Untuk full body anda perlu 2 kalengatau 2 kg cat, mungkin warna merah butuh sedikit banyak.

4. Penta Super Gloss

Bila menginginkan warna menarik dan kece tidak ada salahnya untuk mencoba penta super glossy dimana tersedia tipe cat solid dan metalik. Bila mencari cat semi doff atau doff black flat anda pakai cat super glossy, dimana cat secara otomatis akan langsung ngedoff setelah mengering. Serta tersedia cat seralic atau pear white.



Untuk harga cat penta super glossy masih cukup murah yakni 70 ribuan untuk tipe solid sementara metalik 120-150 ribu untuk warna spesial dengan daya sebar luas dengan proses pengeringan cepat meski prosesnya diluar ruangan.

5. Top Color

Pilihan lain yang bisa anda pakai untuk pengecata ulang kendaraanm baik mobil ataui motor adalah produk top color dari dana paint. Diaman tersedia dua tipe cat yakni warna solid dan metalik serta menyediakan banyak pilihan warna baik untuk pengecatan mobil klasik atau kendaraan umum lainya.



Harga top color solid 70 ribuan dan warna metalik 120 ribuan dan untuk merah 140 ribu dengan tekstur cat yang kental.

Kelebihan dan Kekurangan Cat Duco NC

Kelemahan cat NC adalah  daya tutup yang lama serta proses pengeringan jauh lebih lama ketimbang PU meski kondisi panas sekalipun. Sementara untuk warna kurang tajam cenderung lebih kusam.

Tipe cat NC ini lebih sering kami apliaksikan untuk lapisan cat dasar, jadi bisa memangkas atau menghemat jumlah cat inti. Namun penggunaan warna cat dasar juga perlu diperhatikan.

Untuk hasil pengecatan baik cat NC atau PU gunakan thinner super sebagai pelarutnya dan gunakan thinner PU untuk campuran clear coatnya.

Nah demikian tadi beberapa pilihan merk cat duco terbaik untuk pengecatan mobil dan motor. Dengan memakai bahan refinish berkualitas tentu mampu bertahan lebih lama bertahan di berbagai cuaca tanpa rasa cemas warna akan pudar/berubah saat terpapar panas matahari terlalu lama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas