Cara Memperbaiki Spion Mobil Yang Longgar dan Bergetar

Cara memperbaiki spion mobil yang longgar dan bergetar - Sejatinya fungsi spion adalah untuk mengetahui kondisi disekitar kendaraaan terutama pada sisi samping dan juga belakang. Mungkin jikta tidak ada kaca berukuran kecil ini kita akan kesulitan saat berjalan mundur, atau melihat kondisi samping saat akan menyalip atau belok. Letaknya sendiri berada di sisi kanan kiri berdekatan dengan pintu depan dan sisi tengah dalam kabin, namun ada juga yang menempel pada bagian samping kap depan.

Spion ini akan berkuran bahkan kehilangan fungsi utamanya jika mengalami kerusakan. Rusak sendiri bisa dikategorikan bermacam macam, misal kaca spion pecah akibat benturan, kaca spion kendor atau bergetar/ goyang  saat melaju dalam kecepatan tinggi. Tentu bila permasalahan ini diabaikan begitu saat bisa membahayakan diri kita maupunn orang lain. Jadi segaralah untuk mengambil tindakan.

Jika saat ini spion anda rusak, kendor, bergetar bahkan kaca pecah jangan terburu-buru menggantinya dengan yang baru, karena sebenarnya masih bisa diperbaiki sendiri dengan mudah. Jika spion mobil hanya mengalami kendor maka kita cukup memperbaikinya dengan cara mengencangkan baut perekat didalamnya, jika kacanya pecah dan covernya masih bagus/mulus kita cukup mengganti kaca yang pecah dengan yang baru tanpa perlu membeli satu paket utuh beserta covernya. Untuk kaca spion sendiri banyak terjual dibeberapa toko aksesoris maupun online.

Permasalahan kaca spion bergoyang juga pernah saya alami sendiri beberap waktu silam. Karena ingin lebih berhemat saya pun coba untuk memperbaikinya sendiri, dalam waktu sebentar saja tidak ada setengah hari sudah kembali normal seperti kondisi awal.

Cara memperbaiki kaca spion mobil yang longgar, begerak dan Pecah

1. Steep Pertama

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuka kaca spion tersebut dengan cara menekan kaca bagian atas. Setelah ada celah dibagian bawah kemudian masukkan empat jari tangan dan congkel ke atas secara perlahan hingga frame cermin spion tersebut lepas dari rumahnya/cover. Baca juga Cara Mudah Memperbaiki Dongkrak Yang Rusak 100% Berhasil


Bagi yang belum terbiasa mungkin ada rasa takut saat mencongkel kaca spion dari rumahnya ini. Namun anda tak perlu khawatir dan lakukan dengan perasaan mantap dan congkel dengan rasa yakin. Pasalnya jika ada keraguan mungkin anda akan kesulitan dan memakan waktu yang lama.

Jika sudah terlepas anda akan melihat dudukan kaca berwarna putih yang terdapat pengait/klip atau pengunci di ujungnya. Jika dalam kondisi utuh terdapat tiga buah yang mengaitkan kaca dengan cover spion, yang satu ukuranya sedikit besar dan yang dua agak kecil.

2. Steep kedua

Selanjutya tambahkan solatif pada ketiga dudukan tersebut menggunakan isolatif dengan cara dililitkan. Tambahkan beberapa lilitan dan dikira-kira agar dudukan yang menempel pada cover dengan yang dikaca menjadi fix atau pres agar tidak longgar kembali. Jika terlalu bayak solatif saat spion disatukan kan terlalu keras. Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Tidak harus menggunakan solatif ya sob, anda bisa memanfaatkan benda lain disekitar kita untuk menganjalnya. Jika yang pecah adalah kaca spion dan pengaitnya masih kencang anda cukup mengganti dengan kaca yang baru dan pasang kembali.

3. Steep ketiga

Bila sudah terlapis solatif pasang kembali kaca spion seperti semula dengan cara menyesuaikan antara pengait dan dan dudukanya. Jika ketiga pengait/klip sudah pass, tekan ke dalam dari beberapa titik terutama pada bagian pengaitnya agar menempel dengan sempurna. 

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Body Mobil

Jika sudah tinggal kita melakukan pengecekan dengan menekan tombol mirror(jika ada) dan gerakan kaca ke kanan kiri dan atas kebawah dan coba lipat spion bila memakai sistem retrack. Bila semua fungsi berjalan secara normal berarti tidak ada kerusakan pada sistem elektroniknya. Dan selesai.

Cara memperbaiki kaca spion mobil yang longgar, bergetar dan pecah ini bersifat universal ya. Jadi bisa anda jajal pada semua merk atau berbagai tipe mobil, baik Avanza, Xenia, Jazz, Brio, Agya, Ertiga Grand Livina, Inova dan lainya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas