Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Injeksi Pada Motor Menyala Terus

Penyebab dan cara mengatasi lampu injeksi pada motor menyala terus - Hallo dulur... Dengan seringnya motor digunakan, tentu melakukan perawatan wajib dilakukan agar nantinya tidak ada permasalahan mesin yang ditumbul. Perawatn yang penting dilakukan adalah selalu mengecak kondisi oli dan menggantinya secara rutin, paling tidak bisa sudah menempuh jarak 2000 sampai 3000 kilometer atau selama dua bulan sekali.

Salah satru tanda kerusakan yang perlu diwaspadai adalah ketika lampu indikator ijeksi menyala atau berkedip terus menerus. Lampu indikator motor atau check engine indicator merupakan salah satu fasilitas yang sangat berguna khusunya pada mesin yang sudah injeksi. Engine check ini digambarkan seperti bongkahan mesin yang posisinya ada dipanel speedometer berwarna kuning.



Dalam kondisi normal lampu ini akan menyala selama tiga detik saat kontak dalam posisi ON. Namun jika masih jika masih menyala dan berkedip terus, artinya memberi sinyal adanya kerusakan pada mesin motor. Kerusakan ini bisa saja terjadi akibat batrai aki yang mulai tekor, sensor yang tidak terbaca ECU, ECU rusak, putusnya kabel speedometer dan lainya. 

Penyebab dan cara mengatasi lampu indikator injeksi menyala terus pada motor


  • Masalah Pulser

Pulser atau pick up coil merupakan komponen yang berfungsi menentukan waktu pengapian kepada CDI atau ECU menuju ke SCR, kemudian memerintahkan SCR untuk membuka kapasitor dan melepaskanya.  Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Lem G di Body Motor

Jika pulser dalam kondisi lemah akan menyebabkan tarikan motor tersendat seperti kehabisan bensin dan sering kali mengalami mogok.

  • Masalah Throttle Position Sensor (TPS)

Thorettle position adalah sensor yang berfungsi membaca besaran bukaan gas dan memberikan sinyal tersebut ke ECU. Jika mengalami kerusakan, gejala yang ditimbulkan adalah mesin berputar jadi lebih berat dan tidak bisa idle. Bila terus dibiarkan bisaa menyebabkan tarikan menjadi kurang responsif. Baca juga Cara Paling Mudah Mengitamkan Body Motor Kulit Jeruk


  • Masalah ECU Motor

Ecu merupakan elemen paling penting dalam sepeda motor atau bisa dikatakan jantungnya motor. Sebab dalamkomponen ecu lah semua mesin injekdi dikontrol. Seperti riding mode, campuran udara dan bukaan bensin. Jika ECU mengalami kerusakan sedik saja mungkin bisa merusak seluruh sistem kinerja mesin pada motor injeksi anda.


  • Masalah Filter Udara

Filter udara pada sebuah kendaraan memiliki fungsi fital, dimana berfungsi menyaring udara yang akan masuk keruang bakar mesin. Jika udara kotor yang masuk gas motor menjadi kurang stabil Selain motor bisa mengalami mogok secara tiba tiba bila fillter yang kotor tidak segera diganti. Baca juga Cara Yang Benar Menghilangkan Baret Pada Motor Doff


  • Power Supply ke Full Injektor Rusak

Kerusakan terakhirini disebabkan karena regulator tidak berfungsi dan battrey aki tidak terisi dengan sepenuhnya. Namun bisa juga karena terlalu over pengisianya over chargine. Bila lampu indikator injeksi berkedip hingga 46 kali maka menandakan ada kerusakan pada power supply

Alangkah baiknya jika sistem injeksi motor anda mengalami problem sebaiknya untuk menyerahkanya ke bengkel resmi yang sudah memiliki alat canggih untuk dilakukan progam ulang. Jika hanya membawanya ke bengkel pinggir jalan dengan alat yang sederhana rasanya akan percuma.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi lampu injeksi pada motor menyala terus atau berkedip lama. Bagaimana agar beberapa kerusakan tersebut tidak terjadi? Tentunya anda perlu melakukan perawatan dan servis secara rutin, paling tidak mengganti oli mesin secara rutin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas