Cara Menggunakan Spray Gun Elektrik Untuk Pemula

Cara menggunakan spray gun elektrik untuk pemula - Spray gun sejatinya merupakan alat pengecatan yang hasilnya lebih halus ketimbang pakai kuas atau roll. Selain gampang dioprasikan juga bisa mempercepat proses pengerjaan yang dibantu dengan angin bertekanan. Diluar sana banyak berbagai tipe spraygun yang bisa kita pakai sesuai kebutuhan diantaranya F75 F100, K3 atau R3.

Secara umum Tipe F75 dan F100 dipakai buat pengecatan mobil baik untuk top Coat atau clear Coat semua bisa. Karena ukuranya lebih kecil jenis K3 atau R3 sebaiknya untuk mengecat body motor, meski bisa juga buat mobil namun hasilnya kurang begitu maksimal, proses pengerjaan lama dan parahnya bisa cat rawan belang akibat kurang rata.

Sealin tipe konfensional yang memakai kompresor saat ini sudah tersedia spray gun elektrik dimana merupakan alat semprot cat yang memanfaatkan aliran listrik. Untuk mengoprasikanya alat ini sudah tidak butuh angin dari kompresor, karena sudah dilengkapi mesin penghasil tekanan angin sehingga lebih praktis dan simple.

Selain penggunaanya yang lebih simple, kita tidak perlu khawatir tagihan listrik akan membengkak, karna spray gun listrik hanya membutuhkan tenaga listrik sekitar 400 watt. Dan untuk hasil pengecatan juga tak mau kalah dengan model biasa/konvensional.

Cara menggunakan spray gun elektrik untuk pemula

Sebelum memutuskan untuk memakai spraygun canggih ini, adabaiknya anda pengetahui apa saja kelebihan dari alat semprot ini. Dan berikut ini adalah beberapa kelebihan spray gun elektrik yang perlu anda ketahui. Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Semburan cat halus

Semburan cat yang dihasilkan dari spray gun elektrik ini sangatlah halus dan lembut seperti kabut. Sehingga mampu menghasilkan pengecatan yang maksimal dengan hasil yang tak mau kalah dengan tipe biasa. 

Spray gun ini juga telah dilengkapi filter udara sehingga kotoran serta air tidakikut tercampur pada cat.

Suara mesin tidak bising

Suara yang keluar dari spray gun ini juga lebih halus dan tidak membuat bising telinga. Hal ini dikarenakan karena terbuat dari beberapa matrial berkualitas bagus.

Terdapat volume pengatur cat

Sama halnya dengan tipe biasa/konvensional, spray gun elektrik juga telah terlengkapi pengaturan jumlah cat yang keluar. Dengan begitu kita tidak berlu khawatir hasil pengecatan terlihat tebal tipis bahkan meleleh, karena kita bisa mengatur sesuai kebutuhan. 

Baca juga (KLIK DISINI) Perbedaan Thinner A dan Thinner Super

Multifungsi

Selain buat mengecat body mobil atau motor, spray gun elektrik juga bisa dipakai buat mengecat tembok rumah, pager tralis, melamin kayu dan lainya.


Hemat listrik

Seperti yang sudah kami singgung diatas, spray gun ini hanya butuh daya listri kecil bila dibanding dengan kompresor. Meski begitu tekanan angin yang dihasilkan juga kencang, jadi sangat rekmendasi bagi anda yang coba mengecat tapi tidak punya alat kompresor.

Cara memakai spray gun elektrik untuk mengecat body mobil dan motor

Sebetulnya memakai spray gun listrik tidaklah jauh beda degan model biasa. Untuk lebih jelasnya simak penjelasnya dibawah ini.

1.Sebelum dipakai pastikan pastikan spraygun dalam konidisi normal

2. Aduk cat secara merata dengan perbandingan cat dan thinner yang sesuai agar pengecatan tidak bertekstur kulit jeruk.

Baca juga Bongkar..!! Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa

3. Jika sudah masukan adonan cat pada tabaung cat yang sebelumnya sudah dipastikan dalam kondisi bersih. Untuk pengisian cat tidak perlu sampai penuh ya sob, cukup setengahnya saja agar cat tidak tumpah dan jangan lupa untuk mengencangkan murnya.

4. Tancapkan kabel power dengan sumber listrik terdekat

5. Arahkan spray gun pada objek yang dicat dengan jarak 15 sampai 20 cm. Kemudian tekan tuasnya untuk memulai proses pengecatan

6. Jika sampuran cat tidak sesuai/kurang pas, maka kita dapat mengaturnya melalui knop atau nozzelnya. 

7. Setelah proses pengecatan selesai, segera bersihkan spray gun mulai dari cup penampung cat serta nozzelnya luar dalam menggunakan thinner A. Langkah ini untuk mengindari spraygun mampet dan tersendat.

Bagaimana sangat praktis bukan cara menggunakan spray gun elektrik untuk pemula. Sebetulnya tidaklah jauh beda dengan model biasa, yang membedakan hanya penggunaan dimana tanpa memerlukan kompresor. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas