Cairan Pelapis Tangki Motor Bagian Dalam Agar Tidak Berkarat

Cairan pelapis tangki motor bagian dalam agar tidak berkarat - Hallo dulur.. Tangki yang bocor merupakan penyakit yang kerap kali kita jumpai pada kendaraan tipe sport kopling baik model lawas maupun yang terbaru juga cepat berkarat. Selain membuat bahan bakar merembes keluar karat di dalamnya juga membuat sumbatan pada keran atau filter bensin dimana berdampak mesin susah dinyalakan atau yang lebih ekstrim bisa mogok ditengah jalan.

Selan faktor usia pemicu kuat penyebab tangki motor berkarat dan bocor disebabkan karena saat mengisi bensin tidak terisi penuh (Full), sehingga timbul uap air dan perlahan akan menimbulkan korosi dibagian bawahnya. Baca juga Perbedaan Autosol dengan Kit Metal Polish, Kinclong yang Mana?

Sebetulnya tangki yang kropos masih bisa bisa diperbaiki yakni dengan memotong bagian yang berkarat dan menambalnya dengan plat yang baru dengan sistem pengelasan. Kalaupun hanya dilem dengan lem besi atau sejenisnya tidak bertahan lama dan akan bocor kembali. Toh biaya las tangki motor yang berkarat hanya 150 ribuan, mungkin untuk ongkos cat dan pendempulanya yang mahal bisa 300 ribuan menyesuaikan permintaan warna.

Namun tahukah kamu munculnya karat di bisa lebih cepat bila tangki sudah tidak original bawaan pabrik atau tangki buatan sendiri yang kita tidak tahu kekuatan dan kualitas plat tersebut. Serta tangki ori yang sudah pernah dilas, dimana karat akan mudah muncul pada sambungan plat tersebut.

Cairan pelapis tangki motor bagian dalam agar tidak berkarat

Sebetulnya karat di dalam tangki bisa dicegah dengan memberi lapisan epoxy. Ya.. Poxy merupkan salah satu produk atau bahan auto refinish untuk pengecatan mobil dan motor, dimana memiliki fungsi sebagai lapisan plat besi agar tidak karatan sebelum tahap pengecatan atau pendempulan dimulai.

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome

Nah berikut adalah cara epoxy bagian dalam tangki motor :

Pertama lepas tangki dalam motor dan kuras semua besin didalamya. Jika sudah tinggal kita buka keran bensin beserta apung-apungnya untuk mempermudah proses pengerjaan.


Jika sudah kita perlu membersihakan bagian dalam tangki bila berkarat, jika tidak kita cukup membersihkanya dengan bensin dan goyang berulang kali hingga bersih dari berbagai kerat yang mengendap dibawah.

Kemudian kita keringkan, ngak perlu dicuci pakai air sabun ya sob, nanti malah ada endapan air mengendap dan terperangkap didalam.

Selanjutnya tida bisa mencampur epoxy, thinner dan hardennernya. Bedaa untuk takaran mengecat, untuk proses ini kita perlu membuat adonan yang sedikit kental agar mampu menempel pada dinding tangki secara keseluruhan. Untuk mixing gunakaan perbandingan 3:1

Untuk epoxy sebaiknya gunakan merk hartwell ya sob, dimana mampu membendung munculnya karat lebih lama dengan proses pengeringan cepat tanpa perlu mesin oven.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Jika adonan poxy sudah siap kita tinggal memasukanya secara perlahan ke dalam tangki dengan mengguyangkanya ke sisi kanaan dan kiri agar semua terlapisi epoxy sampai ke bawah. Oh iya sebelumnya tutup lubang keran bensin dan apung-apung pakai isoli agar epoxy tidak keluar.


Proses pelapisan epoxy ini dilakukan dengan dua tahapan ya sob. Jika tahap pertama sudah kita bisa langsung menjemurnya selama 30 menit agar setengaah kering, kemudian kita lapisi poxy kembali untuk menghasilkan lapisan anti karat dengan sempurna.

Dan selesai. Sebelum diisi bensin kita perlu menggunya hingga 7 hari agar poxy keras dan mengering sempurna. Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Lem G di Body Motor

Apa epoxy ngak terkelupas atau ngangkat saat terendam bensin ? Sebetunya aman-aman saja dan anda tak perlu khawatir poxy akan mengelupas. Dengan catatan penggunaan merk epoxy berkualitas seperti hartwell yang kami sarankan tadi dan gunakan thinner super sebagai pelarunya.

Sekiranya sampai disini penyelasan cairan pelapis tangki motor bagian dalam agar tidak berkarat untuk menjaganya tetap awet sebaiknya usahakan kondisi bensin selalu penuh dan segara cuci bila terkena air hujan. Sekian dan terimakasih sudah meluangkan waktu mengunjunginya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas