Cara AMPUH Membersihkan Karat Tangki Motor Bagian Dalam

Cara membersihkan karat pada tangki motor bagian dalam - Hallo dulur.. Di dunia yang serba cepat ini keberadaan motor sangat membantu aktifitas sehari-hari. Bila dirawat dengan baik tentu tidak akan rewel bahkan mengalami mogok ditengah jalan, perawatan bisa dilakukan secara rutin dengan mengganti oli secara teratur dan mengecek kondisi busi dan lainya.

Namun terkadang meski oli dan busi sudah diganti terkadang motor mengalami mogok atau susah di starter saat pagi maupun siang hari. Mesin yang tiba-tiba mogok kemungkinan besar mengalami dua persoalan, pertama terjadinya masalah pada oli yang menyebabkan mesin jadi overheating. Kedua, sistem pembakaran kurang sempurna lantaran terhambat kotoran atau kerat yang mengahmbat mengalirnya bahan bakar ke karburator. Baca juga Tips Menggunakan Cat Pilox Agar Mengkilap Dan Tidak Mudah Mengelupas



Bagaimana bisa kerak masih ke selang bensin ? Dari beberapa survai ke bengkel kemungkinan terbesar kerak atau kotoran berasal dari tangki yang berkarat dan terbawa bensin, sehingga ikut masuk ke ruang bakar. Alhasil karat menjadi sumbatan pasokan bahan bakar ke karburator. Kerak ini akan menumpuk pada filter bensin dan semakin menebal jika tidak segera mengambil tindakan.

Selain membuat sumbatan kerak di dalam tangki juga mempercepat proses pengkaratan, alhasil tangki akan berlubang dan mengalapi kebocoran khususnya pada motor megapro CB, RX King dan lainya. Sebetulnya karat ini bisa dicegah bila sering membiasakan mengisi bensin secara penuh, dengan begitu tidak ada ruang kosong dimana udara akan masuk dan terjadilah proses pengembunan.

Cara membersihkan karat pada tangki motor bagaian dalam

Setidaknya ada puluhan bahkan belasan cara yang bisa kamu aplikasikan buat membersihkan tangki bagian dalam bagai pakai bahan alami yang sederhana atau menggunakan cairan anti karat agar tangki lebih cepat dibersihkan.

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome

Nah dari pada penasaran berikut adalah proses pembersihan tangi motor berkarat yang sudah saya lakukan kemarin pada motot megapro.

Pertama, kita perlu siapkan cairan anti karat untuk tangki motor, untuk saat ini kami pakai produk komersil Rust Remover Zerone Japan yang bayak tersedia di tokopedia, bukalapak, shopee dan toko online lainya dengan harga 95 ribuan 100 ml.

Kuras habis bensin pada tangki dan kita perlu mencopotnya untuk mempermudah tahapan berikutnya. Kemudian lepas keran bensin dan lepas abung abung bensin juga untuk kita bersihkan nanti.

Selanjutnya kita bisa melakukan mixing rust remover dengan perbandingan 1:1, yakni zerone japan remover 1 dan air bersih 1 dan aduk hingga keduanya menyatu. Untuk memudahkan anda menakar sebaiknya pakai gelas plastik ukur atau bisa dikira-kira saja. Untuk jumlah bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Baca juga Perbedaan Autosol dengan Kit Metal Polish, Kinclong yang Mana?


Kemudian tuang cairan tadi kedalam tangki dan kocak-kocak atau goyang beberapa kali biar seluruh bagian dinding tangki mengenainya dan karat bersih secara menyeluruh. 

Agar cairan bekerja tunggu hingga 10 - 15 menit agar karat mampu rotok. Sembari menunggu kita bisa membersihkan lubang bibir tangki menggunakan cairan rust remover tadi dengan cara menyikatnya secara berulang sampai karat menghilang.

Biar bagian dalam tangki bersih masimal kita bisa menyikatnya juga ya sob, ngak perlu binggung bagaimana cara menggosoknya masbro. Kita cukup memilitkan kain pada kawat besi atau kayu agar bagian dalam dapat terjangkau. 


Untuk kain usahan pakai yang seratnya kuat ya sob agar tidak rontok/tertinggal ke dalam tangki. Sembari digosok anda bisa menyelupkan kain/sikat ke cairan rust remover tadi.

Setelah semua kerak rontok kita tinggal membersihkanya, ngak perlu dicuci pakai air sabun ya sob. Cukup dikeringkan atau dibersihkan dengan lap kering yang sudah dililitkan pada kawat seperti tahap sebelumnya tadi.


Setelah kering dan sisa residu cairan karat bersih/terangkat, masukan bensin atau pertalit/pertamax ke dalam tangki dan kocok berulang ke beberapa arah samapi semua dinding terbasai bensin sampai keluar kotoran yang tersisa di dalam.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Untuk menghidari sisa pembersihan tadi tertinggal anda bisa membersihkan tadi pakai bensin 2 sampai 3 kali. Pokoknya sampai bersih dan tidak ada residu yang mengendap.



Proses ini sebetulnya sudah selesai ya sob, tinggal membersihkan bagian terluar tangki bersih. Tidak ada salahnya anda mengoleskan kompon putih. Jadi anda mendapatkan dua keuntungan, selain bersih tangki nampak kinclong seperti baru kembali. Dan kita bisa memasangnya seperti semula

Penyebab tangki motor berkarat

Setidaknya ada dua fakor yang menyadi penyebab karat puncul pada tangki. Pertama kurangnya pengisian bensin atau sering mengisinya dalam jumlah yang sedikit. Misal bila motor agan kapasitas bensinya 13 liter, tetap kila lebih sering mengisinya dengan 1 liter atau hanya membeli 10/20 ribu saja.

Sepele sih emang, namun hal inilah yang menyebabkan bagian atas tangki menjadi kering yang mempercepat munculnya karat.

Alasan kedua, adanya air yang memalui sela tengki seperti pada tutup tangki atau melalui kunci motor ketika ingin membukanya. Ada baiknya saat mencuci motor jangan siram atau disemprot bagian penutup tangki, kita cukup mengelapnya saja dengan kanebo.

Demikianlah pembahasan cara membersihkan karat tangki motor bagian dalam semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna untuk baikers tanah air. Untuk menjaganya tetap awet ada baiknya untuk selalu menjaga kebersihanya. Terimakasih banyak atas kunjunganya. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas